Kolaborasi Telkomsel dan ZTE Hadirkan Teknologi 5G untuk Korporasi dan Industri

Melalui kolaborasi ini, Telkomsel dan ZTE akan bersinergi dalam mengembangkan portofolio inovasi solusi produk dan layanan terkini.

Agung Pratnyawan
Rabu, 01 Maret 2023 | 18:00 WIB
Kolaborasi Telkomsel dan ZTE Hadirkan Teknologi 5G untuk Korporasi dan Industri. (Telkomsel)

Kolaborasi Telkomsel dan ZTE Hadirkan Teknologi 5G untuk Korporasi dan Industri. (Telkomsel)

Hitekno.com - Telkomsel bersama ZTE Corporation memperkuat kolaborasi dalam menghadirkan layanan dan teknologi 5G terbaru ke Indonesia. Paling baru untuk pemanfaatan teknologi 5G di segmen korporasi dan industri di Indonesia.

Sinergi Telkomsel bersama ZTE ini diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan langsung oleh Wong Soon Nam selaku Direktur Planning & Transformation Telkomsel dan Mei Zhonghua selaku SVP ZTE Corporation, pada 27 Februari 2023.

Penandatangan nota kesepakatan yang dilakukan bertepatan dengan momen perhelatan Mobile World Conference atau MWC 2023 yang dilaksanakan di Barcelona, Spanyol.

Baca Juga: Kolaborasi Telkomsel dan ZTE, Uji Coba Jaringan 5G di Kawasan Maritim Indonesia

Wong Soon Nam, Direktur Planning & Transformation Telkomsel mengatakan, "Sebagai digital transformation enabler, Telkomsel terus menghadirkan ragam solusi inovatif sesuai dengan kebutuhan industri di Indonesia guna mendorong percepatan transformasi digital. Melalui unit Telkomsel Enterprise, kami berkomitmen untuk menjadi powerhouse penyedia solusi digital terintegrasi yang siap mendampingi korporasi guna membuka lebih banyak peluang dalam melesatkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Di tengah kondisi ekonomi dunia yang cukup menantang saat ini, transformasi digital menjadi salah satu faktor penentu yang akan membantu pelaku bisnis dari semua jenis industri untuk menjadi lebih produktif, efisien, dan aman. Ke depannya, kerja sama strategis bersama dengan mitra seperti ZTE ini dapat terus membuka lebih banyak potensi kemajuan bagi para pelanggan korporasi untuk berkolaborasi dan berakselerasi, sekaligus memperkuat semangat pencapaian Industri 4.0 secara lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia."

Mei Zhonghua, SVP ZTE Corporation mengatakan, "Kami senang dapat berkolaborasi dengan Telkomsel dalam upaya kami untuk terus membangun pasar 5G Enterprise di Indonesia. ZTE dan Telkomsel telah berkolaborasi dalam 5G selama beberapa tahun, dan dalam kolaborasi ini ZTE akan menyediakan solusi 5G mutakhir untuk Telkomsel. Kami berharap kolaborasi ini dapat membantu kita mencapai tujuan bersama, yaitu mempercepat transformasi digital di Indonesia."

Melalui kolaborasi ini, Telkomsel dan ZTE akan bersinergi dalam mengembangkan portofolio inovasi solusi produk dan layanan terkini dengan mengadopsi pemanfaatan teknologi Cloud PC yang dapat mengimplementasikan virtualisasi, manajemen terpusat, dan berbagi sumber daya komputasi, penyimpanan, dan jaringan.

Baca Juga: Dukung F1 Powerboat World Championship 2023, Telkomsel Perkuat Jaringan 4G dan 5G

Dengan penjadwalan melalui cloud data center, memungkinkan penggunaan desktop virtual yang efektif dan dapat memaksimalkan komputasi baik untuk perusahaan maupun public.

Selain itu, kedua perusahaan juga akan menjajaki peluang kerjasama dalam studi dan kajian teknologi jaringan 5G Air-to-Ground yang selain dapat menghadirkan layanan broadband berkecepatan tinggi dengan harga terjangkau bagi penumpang pesawat, juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi serta keamanan operasional maskapai penerbangan.

Kolaborasi Telkomsel dan ZTE dalam pengembangan ekosistem layanan 5G telah berjalan dalam beberapa tahun terakhir dan meraih berbagai pencapaian penting dalam upaya mendorong pemerataan akses broadband berteknologi terkini.

Baca Juga: Unggulkan Riset Berbasis Data, Telkomsel Kembangkan Layanan tSurvey.id

Pada 2021, ZTE menjadi salah satu mitra infrastruktur jaringan yang mendukung Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi digital pertama yang menggelar akses jaringan dan layanan 5G di Indonesia.

Kemudian di 2022, Telkomsel juga didukung ZTE untuk menghadirkan penerapan teknologi 5G Underground Smart Mining pertama di Asia Tenggara di lingkungan operasional pertambangan PT Freeport Indonesia guna mendukung digitalisasi dan transformasi operasional industri pertambangan di Indonesia.

Telkomsel dan ZTE akan terus memperkuat kemitraan untuk mengakselerasikan penguatan ekosistem ke depan dengan berbagai solusi produk dan layanan terdepan yang telah teruji di berbagai negara.

Baca Juga: Mulai Februari, Telkomsel Lanjutkan Upgrade Layanan 3G ke Jaringan 4G LTE

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak