Layanan VAS Bisa Jadi Potensi Revenue Baru bagi Konten Kreator

VAS bisa menjadi satu cara yang baik dalam mendistribusikan konten yang dibuat serta mendapatkan reach baru.

Agung Pratnyawan
Kamis, 23 Februari 2023 | 14:59 WIB
Layanan Program Asik. (Forest Interactive)

Layanan Program Asik. (Forest Interactive)

Hitekno.com - Forest Interactive mengajak para konten kreator untuk memanfaatkan layanan Value Added Service atau VAS. Layanan VAS ini bisa menjadi potensi tambahan revenue baru bagi para konten kreator.

Layanan VAS atau disebut juga sebagai layanan konten dari pengguna berbagai operator seluler yang ada di Indonesia ini cukup menarik.

VAS bisa menjadi satu cara yang baik dalam mendistribusikan konten yang dibuat serta mendapatkan reach di luar subscribers dan followers akun media sosial yang dimiliki konten kreator.

Baca Juga: Hari Pers Nasional 2023, Noice Ajak Insan Media Manfaatkan Teknologi Konten Audio

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat peningkatan penggunaan smartphone dalam satu dekade terakhir. Pada tahun 2021, jumlah pengguna smartphone di Indonesia mencapai 65,87% dari jumlah penduduk Indonesia.

Peningkatan penggunaan HP linier dengan peningkatan jumlah penggunaan Internet di Indonesia, dimana laporan We Are Sosial menyebutkan pada tahun 2021, jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 202,6 juta.

Sementara itu, survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkap daftar operator seluler yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia pada tahun 2021-2022. Rinciannya ialah Telkomsel 41,94%, XL Axiata 20,44%, Indosat Ooredoo 17,78%, Tri (3) 14,08%, dan Smartfren 5,76%.

Baca Juga: Samsung Galaxy A14 5G, Hape 5G Dua Jutaan untuk Konten Kreator

Pada tahun 2019 lalu, Kasubdit Telekomunikasi Khusus dan Kelayakan Penyelenggaraan Telekomunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gunawan Hutagalung menyebut market cap bisnis content provider, termasuk Value Added Service berada pada kisaran 1-2% dari total revenue industri fixed and mobile services atau kisaran Rp 2 triliun lebih setiap tahun.

Bisnis ini diprediksi memiliki prospek bagus sepanjang bertransformasi dengan baik, semisal mempunyai platform konten yang inovatif, seperti konten video kreatif atau layanan-layanan konten interaktif lainnya.

Rizka Arsil, Country Manager (Indonesia Region), Forest Interactive, mengatakan, "konten kreator harus memiliki konten yang unik dan menarik agar bisa ditonton banyak orang. Lebih daripada itu, mereka juga harus kreatif dalam cara menyampaikan kontennya."

Baca Juga: Kolaborasi Telkomsel - Forest Interactive, Bongkar Rahasia Jonathan Liandi

"Di tahun lalu, Forest Interactive melalui Program Asik telah bekerja sama dengan para artis maupun konten kreator membuat berbagai activity hingga series content. Kini, kita kembali mengajak mereka untuk membuat sesuatu yang lebih kreatif dan menarik. Selain dapat menjangkau banyak orang dari pengguna operator seluler di Indonesia, VAS juga bisa meningkatkan revenue bagi para konten kreator," lanjut Rizka.

Forest Interactive telah bekerja sama dengan berbagai content provider, label, dan perusahaan operator seluler, seperti Telkomsel, XL Axiata, 3, Indosat Ooredoo, dan Smartfren dalam penyediaan VAS berupa Ringtone (RT), Ring Back Tone (RBT), dan SMS berlangganan.

Forest Interactive juga telah bekerja sama dengan berbagai aktris dan konten kreator (Jonathan Liandi, Gebian, dan Panji Petualang); aktris (Aulia Sarah dan Nasya Marcella); penyanyi (Siti Badriah dan Fitri Carlina) ; dan public figure (dr Reisa Broto Asmoro) dalam penyediaan VAS.

Baca Juga: Rayakan Satu Dekade, FIN Kini Menjadi Forest Interactive Indonesia

Terbaru, Forest Interactive sedang bekerja sama dengan Jena Dammaya (konten kreator) dalam program "Diary Jena Si Ratu Cosplayer" dan Ustaz Riza Muhammad (tokoh agama) dalam program "Majelis Seru Bareng Ustaz Riza" yang termasuk dalam HIP500, program berhadiah kolaborasi dengan Telkomsel. 

Aulia Sarah Cerita Jadi Aktris Horor di Film KKN Desa Penari

Pada tahun 2022 lalu, Forest Interactive bekerja sama dengan Aulia Sarah, model dan aktris, dalam program NgeHIPBarengAuliaSarah. Pemeran Badarawuhi di film KKN Desa Penari ini bercerita tentang perjalanan karier, tantangan selama menjadi aktris horor, hingga kehidupan pribadinya.

Program ini dapat disaksikan melalui kanal SMS berlangganan berupa url link yang berisi video eksklusif rentang 30 September 2022 hingga 30 Maret 2023.

Untuk mendapat serial video dalam program NgeHIPBarengAuliaSarah tersebut, pelanggan Telkomsel dikenakan Tarif 2220/SMS dan mendapatkan 1 SMS per dua hari selama 180 hari.

Beberapa pelanggan Telkomsel yang beruntung bahkan sudah mendapatkan berbagai hadiah dari NgeHIPBarengAuliaSarah, seperti Laptop Lenovo IdeaPad Flex Ryzen untuk pemenang utama, smartphone OPPO Reno 7 5G untuk dua orang pemenang kedua, dan smartphone Vivo Y15s untuk tiga orang pemenang ketiga.

Nasya Marcella Bongkar Rahasia Eksis Dunia Akting

Forest Interactive bekerja sama dengan Telkomsel dalam program VAS "Kupas Dunia Peran Bareng Nasya," yang menghadirkan aktris Nasya Marcella dan dapat diakses oleh pelanggan Telkomsel mulai 10 Juni hingga 10 Desember 2022 lalu.

Saat itu, Nasya Marcella tengah menggarap proyek sinetron "Aku Bukan Wanita Pilihan." Di balik kesibukannya tersebut, Nasya membagikan cerita seru mengenai kesehariannya mulai dari persiapan syuting, rahasia di balik layar, hingga cara khusus Nasya menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani. Kisah ini dihadirkan secara eksklusif dalam konten video berlangganan.

Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak