Rayakan Satu Dekade, FIN Kini Menjadi Forest Interactive Indonesia

Capai satu dekade, FIN kini rebranding menjadi Forest Interactive Indonesia.

Agung Pratnyawan
Senin, 30 November 2020 | 08:45 WIB
Team Forest Interactive Indonesia. (Forest Interactive)

Team Forest Interactive Indonesia. (Forest Interactive)

Hitekno.com - Forest Indo Niaga, perusahaan penyedia layanan konten yang kini telah berusia sepuluh tahun, memutuskan untuk melakukan rebranding menjadi Forest Interactive Indonesia.

Inilah bukti cinta mereka terhadap Indonesia sekaligus kesungguhan perusahaan mendampingi dan menjadi bagian dari upaya negeri ini melakukan transformasi digital.

Rebranding Forest Indo Niaga menjadi Forest Interactive Indonesia, juga mengangkat posisi bangsa di mata dunia, khususnya lanskap seluler internasional. 

Baca Juga: Kolaborasi dengan Brand Lokal, ONIC Esports Rilis Sneakers

"Kantor di Indonesia akan menjadi kantor kedua Forest Interactive yang terbesar di dunia," ujar pendiri sekaligus CEO Forest Interactive Johary Mustapha di Jakarta, Jumat (27/11/2020), bangga.   

Johary lantas mengenang kembali visinya selama lebih dari satu dekade silam. "Forest adalah gambaran ekosistem. Sementara Interactive mengacu pada karakter dari teknologi bisnis," ujarnya.   Ia mengaku tak menduga Forest Interactive dapat berkembang sedemikian cepat di tanah air.  

Sepuluh tahun lalu, tepatnya 25 November 2010, perusahaan asal Malaysia ini melakukan ekspansi ke Indonesia. Bagi Johary, Indonesia bukan saja pasar yang besar, tapi memiliki kekuatan emosional yang begitu dalam selain sekadar saudara serumpun.    

Baca Juga: Free Fire Raih Esports Awards 2020 Kategori Ini, Pertumbuhannya Mengesankan

Di negeri ini, ia bersama tim kecilnya menempati ruang kantor kecil di ibu kota Jakarta. Perusahaan di bawah entitas lokal PT Forest Indo Niaga tersebut memiliki mimpi besar: menjembatani kesenjangan antara operator seluler dengan para pelanggan mereka di tanah air yang masih menjadi isu di masa itu.

Produk Forest Interactive. (Forest Interactive)
Produk Forest Interactive. (Forest Interactive)

Dengan cara menjadi mitra efisien bagi operator seluler dan penyedia konten berlangganan. 

Seiring berjalannya waktu, perusahaan terus berkembang. Keberadaan mereka makin mendapat tempat dan sambutan hangat dari para pelaku usaha dan masyarakat di tanah air.  Hingga akhirnya, tahun 2019, Forest Interactive memutuskan untuk pindah dari kantor lamanya ke Bendungan Hilir Raya, Jakarta Pusat.  

Baca Juga: Selebriti Bentuk Tim eSports, Reza Arap: Apa Kontribusinya untuk Pro Scene?

Tujuannya, agar perusahaan bisa menampung lebih banyak talenta anak bangsa dan mereka dapat leluasa berkreasi. Di tahun itu pula, Forest Interactive bertransformasi dari perusahaan solusi teknologi menjadi perusahaan teknologi end-to-end. Kesungguhan itu dibuktikan dengan menghadirkan layanan elfo dan Primary Guard ke Indonesia, hingga mendirikan studio kreatif di Bandung. 

Bangun Ekosistem eSport 

Ada banyak lompatan yang sudah dilakukan Forest Interactive sepanjang sepuluh tahun ini. Mulai dari memperkenalkan konektivitas layanan SMS Bulk ke mitra luar negeri pada tahun 2014, diikuti dengan memperluas portofolio seluler perusahaan dengan menyediakan layanan game berlangganan ke Telkomsel & XL Axiata. Hingga, terhubung dengan agregator di Indonesia untuk layanan langganan konten seluler seperti Main Game dan GamesPro.  

Baca Juga: Digelar Perdana, Ini Daftar Lengkap Pemenang Indonesian Esports Awards 2020

Puncaknya, tahun 2016, FIN menerima lisensi penyedia konten dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) atas dampak yang telah diberikan perusahaan kepada Indonesia.

Baik sebagai penghubung antara pembuat konten dengan jaringan operator seluler di tanah air maupun bermitra dengan Omnisport, Perform Group, untuk konten olahraga yang kemudian menjadi cikal bakal pengembangan produk e-sport (olahraga permainan digital) ke depan.   

Tahun 2017, Forest Interactive memperluas kemitraan dengan empat operator telekomunikasi seperti XL Axiata, Indosat Ooredoo, Smartfren, dan 3 Indonesia. Lalu, menggandeng Nagaswara, SapaMuslim, SCM Records, Musica Studio, Melon Indonesia, dan banyak label rekaman untuk mendistribusikan konten dari artis seperti Noah, Fitri Carlina, Siti Badriah, Baby Shima, dan lainnya.  

Forest Interactive juga berkomitmen menjadi bagian dari upaya membangun ekosistem esports dan fintech di tanah air. Kesungguhannya itu ditunjukkan dengan dengan mendirikan Wallet Codes dan BayarIN.

Di masa pandemi, Forest Interactive melalui Wallet Codes menunjukkan kepeduliannya dengan mendorong pelaku warnet sebagai bagian dari ekosistem esports untuk bangkit di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Serta, melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Asosiasi Video Games Indonesia (AVGI) untuk keberlanjutan ekosistem ini.  

"Perjalanan kami untuk mendorong transformasi digital di Indonesia masih panjang dan akan terus berlanjut. Untuk mewujudkannya, kami perlu dukungan dan partisipasi dari seluruh masyarakat Indonesia," pungkas Johary.

Forest Interactive Indonesia. (Forest Interactive).
Forest Interactive Indonesia. (Forest Interactive).

 

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak