7 Kekurangan WordPress untuk Membuat Website, Bisa Jadi Pertimbangan

Selain ada kelebihan, ada juga kekurangan WordPress untuk membuat website sendiri yang harus diketahui.

Agung Pratnyawan
Senin, 19 Desember 2022 | 17:10 WIB
Ilustrasi WordPress. (Pixabay)

Ilustrasi WordPress. (Pixabay)

Hitekno.com - Ketahui apa saja kekurangan WordPress untuk membuat website sendiri. Sebagai framework atau platform Conten Management System (CMS), WordPress memang sangat populer.

Tak sedikit yang menggunakan WordPress untuk membuat website sendiri, dari blog hingga toko online. Bahkan bermunculan profesi terkait pemanfaatan WordPress, dari jasa kustomisasi, pembuatan template dan masih banyak lainnya.

Banyak yang memilih WordPress sebagai platform mereka karena dianggap mudah untuk mengembangkan website sendiri. Bahkan tersedia banyak template dan plugin yang sangat membantu.

Baca Juga: 10 Kelebihan WordPress untuk Membuat Website Sendiri

Mau buat website apa? Blog, profile perusahaan, hingga toko online bisa. Tinggal cari template atau theme yang sesuai dan modifikasi.

Namun ketahui ada beberapa kekurangan WordPress yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan CMS ini.

Meski WordPress banyak diminati oleh banyak pengguna, namun ternyata WordPress juga memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan yang kadang perlu melakukan optimasi dan pengaturan yang lebih detail.

Baca Juga: Niagahoster Dekati Komunitas WordPress, Ternyata Ini Alasannya

Berikut ini diantaranya beberapa kekurangan WordPress untuk membuat website sendiri yang harus kamu ketahui.

1. Masalah Kecepatan

Kecepatan sering kali banyak dikeluhkan oleh pengguna WordPress, padahal speed/kecepatan website adalah satu faktor dari SEO yang sangat krusial jika diabaikan.

Baca Juga: Dampingi Komunitas WordPress, Niagahoster Bantuk Wapuu Ranger

Jika website lambat atau lemot tentunya pengunjung akan malas dan akhirnya pergi, sehingga hal ini akan berpengaruh pada bounce rate yang tinggi.

Apa lagi jika kamu menggunakan WordPress untuk toko online yang menggunakan plugin Woocommerce atau menggunakan theme builder seperti Elementor maka hal ini akan membuat website sendiri menjadi lambat.

2. Plugin

Baca Juga: 10 Kelebihan WordPress, Mudah untuk Membuat Website Sendiri

Plugin berguna untuk menambah beberapa fungsi dalam website WordPress, maka tidak heran jika pengguna WP sering menggunakan banyak plugin.

Namun dibalik banyaknya plugin ini tentu akan terjadi masalah pada kecepatan website, dan juga keamanan karena beberapa plugin dikembangkan oleh pihak ketiga.

3. Keamanan

Meskipun pengembang WordPress telah memprioritaskan soal keamanan, namun tentu masih ada kemungkinan mengalami peretasan. Apalagi, pengembang WordPress melibatkan berbagai pihak dalam komunitas.

WordPress sendiri bisa dikatakan sangat aman. Namun jika jarang melakukan update maka faktor keamanan itupun akan hilang.

4. Keterbatasan Dalam Pengembangan

Meskipun mudah dalam segi penggunaannya, namun dalam pengembangannya terdapat beberapa kendala. Apalagi jika kamu membutuhkan pengembangan yang besar.

Untuk mendapatkan tampilan dan fungsi yang benar-benar kamu butuhkan, tidak cukup dengan kemampuan dalam bahasa pemrograman php, javascript, atau CSS serta HTML.

Kamu harus mempelajari bagaimana WordPress bekerja. Oleh karena itu diperlukan waktu dan usaha untuk mempelajarinya.

5. Tema dan warna yang monoton

Website-website hasil pengembangan WordPress pada umumnya akan memiliki tema dan warna yang hampir sama. Akibatnya pemilik website kurang memiliki karakter yang kuat dibandingkan dengan menggunakan website yang berbayar.

Hal ini akan menyebabkan menurunnya branding dari suatu perusahaan karena tidak memiliki karakter yang kuat.

6. Support

Karena WordPress itu script yang dikembangkan dengan komunitas dan dapat digunakan gratis, maka kamu tidak dapat menelpon seseorang untuk mendapatkan support. Support itu bisa kamu dapatkan melalui komunitas.

Jadi jika sewaktu-waktu WordPress kamu bermasalah maka yang harus kamu lakukan adalah dengan sabar mencari tahu di internet mengenai masalah tersebut. Serta menanyakan hal tersebut melalui forum komunitas.

Biasanya support dari komunitas dapat diandalkan, tapi jangan terlalu berharap itu bisa dilakukan dalam hitungan menit atau jam. Mungkin apa yang kamu tanyakan baru dijawab setelah beberapa hari.

7. Pembaruan plugin yang bermasalah

Pembaruan-pembaruan pada saat adanya informasi pembaruan fitur maupun fungsi kadang-kadang akan membuat fitur tersebut menjadi tidak dapat digunakan.

Padahal pembaruan tersebut dapat menambal dan memperbaiki keamanan website. Akibatnya, pengguna menjadi dirugikan karena tidak berfungsinya fitur tersebut.

Nah itu tadi adalah beberapa kekurangan WordPress selain ada beberapa keunggulan yang dapat menjadi bahan pertimbanganmu.

Apakah kamu masih berencana untuk menggunakan WordPress? Ketahui apa kelebihan dan kekurangan WordPress untuk membuat website sendiri.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak