5 Situs Cerdas Alternatif Google: Ada yang Bisa Kerjakan Soal Matematika

Deretan situs ini bisa dipakai untuk mencari jawaban terkait persoalan tertentu, bahkan untuk menjawab soal matematika. Apa saja?

Cesar Uji Tawakal
Kamis, 15 Desember 2022 | 15:32 WIB
Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)

Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)

Hitekno.com - Belakangan ini, situs cerdas alternatif menjadi populer di kalangan anak muda. Situs cerdas ini memberikan pengalaman yang berbeda daripada yang lain.

Biasanya, orang akan mencari apapun di Google. Sebab memang Google masih menjadi situs populer untuk mencari segala jenis informasi yang dibutuhkan.

Kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci di Google dan mesin pencari tersebut akan menampilkan beberapa halaman yang kamu cari.

Baca Juga: Tak Hanya Pesaing, Box Xiaomi Akui iPhone Jadi Standar Industri HP

Namun tahukah kamu kalau ternyata situs cerdas bukan hanya Google lho. Ada beberapa situs cerdas lain yang wajib kamu coba.

Lain dari Google, beberapa situs cerdas ini memiliki kelebihannya sendiri. Apa saja itu?

Berikut daftar situs cerdas selain Google:

Baca Juga: Ungkap Bukti Penting di Sidang Ferdy Sambo, HP Redmi Bharada E Jadi Sorotan, Netizen: Cie Samaan HP Kita

1. Wolfram Alpha

Wolfram Alpha adalah mesin pencari semantik yang ditemukan oleh Stephen Wolfram dan terus dikembangkan sejak tahun 2005.

Tidak seperti pencarian Google, tujuan pencarian di Wolfram Alpha bukanlah daftar hyperlink tempat pengguna menemukan jawaban atas permintaan mereka, tetapi sebuah kompilasi fakta sebagai hasil spesifik, mirip dengan Google's KnowledgeGraph.

Baca Juga: Turun Rp 300 Ribu, Ini Update Harga Realme Band 2

Mesin pencari Wolfram Alpha telah mampu menangani pertanyaan spesifik sejak diluncurkan dan dengan demikian menjadi pelopor pencarian semantik.

Ia juga bisa digunakan untuk mencari deretan fakta terkait suatu hal, atau bahkan mengerjakan soal matematika, lho!

2. Cleverbot

Cleverbot telah menjadi sangat populer akhir-akhir ini. Ini adalah platform obrolan tempat kamu dapat berinteraksi dengan robot yang diprogram AI yang menyesuaikan balasannya berdasarkan jenis pengguna,

Cleverbot sendiri didirikan pada tahun 2006. Cleverbot sekarang dapat diintegrasikan dengan server Discord yang memungkinkan kamu untuk menggunakannya dalam pengaturan yang sama sekali berbeda.

Situs ini akan membaca kata-kata dan merespons kata kunci yang kamu ketikkan di kotak mirip Google dan mengklik.

Kerennya, Cleverbot akan menjawab sendiri untuk pernyataan sebelumnya dibuat jika kamu berkata, "Pikirkan untuk Saya." Ini berguna saat Anda bingung dengan kurangnya koherensi Cleverbot.

3. Chat GPT

Akhir-akhir ini ramai di media sosial soal platform Chat GPT. Sistem chatbot besutan perusahaan kecerdasan buatan asal Amerika Serikat, Open AI ini jadi sorotan karena memiliki kemampuan yang mengagumkan.

ChatGPT sanggup memberikan informasi ke pengguna dengan bahasa yang sangat natural, mirip saat sedang bertukar pesan dengan manusia.

ChatGPT adalah chatbot berdasarkan model bahasa GPT-3.5 yang menggunakan pembelajaran mendalam untuk menghasilkan teks mirip manusia.

Chat GPT yang dikembangkan oleh OpenAI dapat memberikan jawaban alami untuk banyak pertanyaan, seperti guru pribadi yang mengetahui hampir segalanya. Untuk alasan ini, ini ditampilkan sebagai alternatif dari Google .

4. Bing

Bing adalah mesin pencari yang diluncurkan oleh perusahaan Microsoft pada Juni 2009. Seperti mesin pencari lainnya, Bing bekerja melalui kueri yang dibuat oleh pengguna, yang ditanggapi dengan iklan, hasil organik, gambar, video, dan berita.

Meskipun gagal bersaing dengan Google, tapi pertumbuhannya terus berlanjut dan pendapatan iklannya meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

5. Yandex

Sampai sekarang, Yandex tampaknya memiliki sedikit prospek untuk merebut kepemimpinan global sebab Google memiliki 92 persen pangsa pasar mesin pencari global. Sementara Yandex hanya memiliki 0,4 persen saja.

Yandex sendiri merupakan situs cerdas yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi terbesar di Rusia. Situs ini menawarkan berbagai macam barang dan jasa.

Meski tak sepopuler Google, namun kamu tetap bisa mengandalkan situs Yandex ini untuk mencari berbagai informasi penting.

Kontributor: Damai Lestari
Berita Terkait
TERKINI

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB
Tampilkan lebih banyak