Asosiasi Digital Kreatif Indonesia Gelar Munas, Hasilkan 3 Poin Penting Ini

Anggota asosiasi membahas visi, misi, serta program keberlanjutan digital di Indonesia.

Rezza Dwi Rachmanta
Selasa, 06 Desember 2022 | 11:59 WIB
Asosiasi Digital Kreatif Indonesia mengadakan Musyawarah Nasional pada 3 Desember 2022. (ADITIF)

Asosiasi Digital Kreatif Indonesia mengadakan Musyawarah Nasional pada 3 Desember 2022. (ADITIF)

Hitekno.com - Asosiasi Digital Kreatif Indonesia (ADITIF) resmi menggelar Musyawarah Nasional (Munas) pada Sabtu (03/12/2022) lalu. Acara ADITIF Digital Ecosystem Connect dan Munas ini turut dihadiri oleh komunitas digital, pemerintahan, akademisi serta pegiat startup di Tanah Air.

Munas yang digelar di Awana Hall and Convention, The Alana Malioboro, Yogyakarta tersebut juga membahas berbagai aspek dari industri digital kreatif untuk melihat bagaimana perkembangan serta kolaborasi apa yang diperlukan.

Dikutip dari situs resminya, Asosiasi Digital Kreatif Indonesia (ADITIF) adalah asosiasi yang mewadahi pelaku industri kreatif berbasis digital, perusahaan teknologi, dan perusahaan rintisan (startup) di Indonesia.

Baca Juga: Berapa Gaji Karyawan Perusahaan Teknologi di Yogyakarta? Ini Nominal Terendah hingga Tertingginya

ADITIF Digital Ecosystem Connect dibuka dengan penandatanganan MOU Aditif dengan dua partner strategis baru yakni Sekolah Vokasi UNS dan Yayasan Gistrav Islamia Internasional.

MOU ini diharapkan menjadi langkah progresif untuk terus memberi dampak positif dan menciptakan ekosistem digital keberlanjutan.

Asosiasi Digital Kreatif Indonesia mengadakan Musyawarah Nasional pada 3 Desember 2022. (ADITIF)
Asosiasi Digital Kreatif Indonesia mengadakan Musyawarah Nasional pada 3 Desember 2022. (ADITIF)

Menghadapi tantangan ekonomi dan sosial pascapandemi Covid-19 membutuhkan sinergi kerjasama dan kolaborasi yang saling mengisi kekuragan dalam mengembangkan sektor industri.

Baca Juga: 3 Alasan Startup Tetap Menarik Bagi Generasi Milenial dan Gen-Z

Dalam forum ADITIF Digital Ecosystem Connect, ADITIF mengundang sejumlah narasumber dari berbagai latar belakang industri yang berbeda untuk memberikan pandangannya pada ekosistem digital kreatif di Indonesia.

Forum ADITIF digital ecosystem connect dibagi menjadi 4 panel utama dengan tema yang berbeda beda. Mulai dari isu industri digital hingga kesempatan pendaan start-up dibahas dalam forum ini.

Diskusi membahas regulasi pemerintah yang berdampak bagi startup, seperti pendataan startup aktif dan perlindungan pengguna layanan digital.

Baca Juga: Lima Startup Pilihan Grab Ventures Velocity Batch 5 x Sembrani Wira, Bikin Penasaran

Asosiasi Digital Kreatif Indonesia mengadakan Musyawarah Nasional. (Instagram @aditif.id)
Asosiasi Digital Kreatif Indonesia mengadakan Musyawarah Nasional. (Instagram @aditif.id)

Bersama salah satu perwakilan dari Kominfo, Sony Sudaryana memberikan arahan bagi para penggiat digital kreatif untuk selalu enggage dengan pemerintah karena ini penting sebagai upaya peningkatan perlindungan baik bagi penyedia layanan maupun bagi pengguna.

Panel terakhir ditutup dengan kesempatan funding dan fundraising bagi startup di Indonesia yang sering kali luput dari perhatian pemerintah. Startup Indonesia lebih sering mendapat pendanaan awal di luar negeri sehingga harganya menjadi sangat naik saat dibawa kembali ke Indonesia.

Melalui panel ini, ADITIF memberi masukan kepada peserta tentang berbagai alternatif fundraising yang nantinya tidak menjadi jebakan bagi startup.

Acara terakhir yakni Musyawarah Nasional Asosisasi Digital Kreatif untuk memilih ketua Asosiasi periode 2023-2025. Sidang Musyawarah Nasional ini dimpimpin oleh Sony Rahmadi dan tim yang ditunjuk sebagai pengawas ADITIF.

Pada Munas, anggota asosiasi membahas visi, misi, serta program keberlanjutan digital yang akan diaplikasikan pada peroide selanjutnya. Hasil dari Munas ADITIF tersebut yakni terpilihnya kembali Saga Iqranegara sebagai ketua ADITIF dalam periode mendatang.

Tiga poin penting yang menjadi highlight dalam forum ini yakni sinergi, kolaborasi dan investasi lestari. Sinergi dengan berbagai stakeholder untuk menguatkan ekosistem digital. Kolaborasi bersama untuk menjaga keberlanjutan industri digital.

Terakhir, investasi lestari yang memberikan solusi dengan mengangkat isu sosial dalam membangun keberlanjutan ekonomi digital yang besar dan bestari bagi Bumi.

Berita Terkait

TERKINI

The Glass Room: Misinformation Edition dikembangkan oleh LSM internasional Tactical Tech yang berbasis di Berlin.
internet | 09:58 WIB
PANDI akan terus menggenjot pertumbuhan nama domain .ID khususnya domain BIZ.ID yaitu salah satunya dengan cara melakukan penurunan harga.
internet | 09:50 WIB
Makin banyak opsi cara bayar tagihan internet, berikut ini bagaimana cara bayar tagihan internet di Kantor Pos.
internet | 07:36 WIB
Bocornya penampakan layar ponselnya Dian Sastro terjadi ketika dia memperlihatkan video dari Srikandi Vokasi kepada Vincent dan Desta.
internet | 18:10 WIB
Atta Halilintar menduduki posisi pertama dan dibawahnya diikuti oleh channel YouTube milik Raffi Ahmad serta Denny Sumargo.
internet | 18:02 WIB
Saat akan memotongnya, netizen ini melongo usai tahu bahwa bagian dalam kue ulang tahun tersebut bukanlah kue tart pada umumnya.
internet | 15:45 WIB
Kehadiran ChatGPT Open AI dikhawatirkan akan menjadi kematian Google di masa yang akan datang.
internet | 17:01 WIB
Gadis tersebut bertanya sambil mencondongkan bagian depan tubuhnya seakan ingin menempel dengan tubuh driver ojol.
internet | 16:24 WIB
Payback, drama Korea penuh aksi yang sudah mulai masa penayangannya. Tonton melalui link ini.
internet | 15:36 WIB
Prabowo muda nampak necis dengan kemeja berwarna gelap, celana khaki yang membuatnya terlihat begitu rapi.
internet | 13:56 WIB
New Primagama X Danamon Mencari Juara merupakan program yang bertujuan untuk menguji kemampuan siswa-siswi dengan soal-soal berstandar olimpiade.
internet | 12:19 WIB
Hacker retas website PPID Kominfo Magelang hingga mengubahnya jadi situs judi online.
internet | 07:52 WIB
Yup kamu bisa langganan HBO GO dengan memakai pulsa Telkomsel, pastinya jadi bisa nonton The Last of Us.
internet | 07:43 WIB
Siap-siap Ketagihan, First Media Sekarang Punya Rasa yang Berbeda dengan Kecepatan Internet hingga Lima Kali Lebih Kencang
internet | 20:21 WIB
Polisi dalam video berdurasi 1 menit 19 detik itu adalah Bripka Rahmat Hidayad, Banit Kamsel Satlantas Polres Bireuen, Polda Aceh.
internet | 17:24 WIB
Pada video yang kini viral di media sosial Tiktok tersebut, tampak tukang cukur langganan Rafathar yang tengah digoda teman-temannya.
internet | 17:18 WIB
"Buset gajinya udah kayak direktur," kata netizen.
internet | 16:05 WIB
Suasana jadul yang kental dengan tahun 1940 lalu ini begitu terasa di foto jadul tersebut.
internet | 15:03 WIB
Tampilkan lebih banyak