Pentingnya Core Web Vitals Agar Website Muncul di Google Search

Google memperkenalkan Core Web Vitals sebagai guide untuk mengevaluasi aspek penting dari sebuah website untuk bisa masuk dalam Google Search.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 18 November 2022 | 13:49 WIB
Ilustrasi Core Web Vitals. (Niagahoster)

Ilustrasi Core Web Vitals. (Niagahoster)

Hitekno.com - Core Web Vitals menjadi salah satu hal penting yang harus dipertahukan oleh pemilik website. Karena dampaknya pada tingkat kemunculan pada Google Search. Bagaimana bisa? Berikut ini ini penjelasannya.

Pemilik website tentunya memperhatikan trafik yang mereka dapatkan, dan terus berupaya untuk meningkatkannya. Salah satu caranya melalui kemunculan website dalam hasil pencarian Google Search.

Baca Juga: - Niagahoster: Integrasi Website dan WhatsApp untuk Memaksimalkan Digitalisasi Bisnis - Cara Membuat Website Tanpa Coding untuk Pemula, Lengkap Langkah-langkahnya - Niagahoster: Menarik Perhatian Pelanggan dengan Website Mobile-Friendly - Apa Kegunaan Fitur Live Chat untuk Website Bisnis?

Salah satu caranya adalah dengan muncul di hasil pencarian Google untuk kata kunci yang berkaitan dengan konten website.

Setiap harinya, Google menampilkan 8,5 miliar pencarian dari pengguna di seluruh dunia. Google pun membuka kesempatan luas bagi website untuk bisa muncul di pencarian teratas dengan memastikan performa website bisnis tersebut optimal bagi customer experience.

Dalam event WordCamp Gresik pada 9 November 2022, Ian Hung, Ecosystem Consultant Google, mengatakan, Google secara aktif membantu pengguna termasuk para pemilik website untuk memahami cara kerja Google Search dan memastikan website mereka masuk dalam daftar pencarian menggunakan Core Web Vitals.

Pada Mei 2020, Google memperkenalkan Core Web Vitals sebagai guide untuk mengevaluasi aspek penting dari sebuah website untuk bisa masuk dalam pencarian Google.

Tiga aspek tersebut adalah Largest Contentful Paint (LCP) atau kecepatan loading website, First Input Delay (FID) yaitu baik atau tidaknya respons elemen halaman website, dan Cumulative Layout Shift (CLS) atau stabilitas layout halaman website.

Pentingnya Mengikuti Guide Core Web Vitals

Dilansir dari blog Niagahoster, Google menyebutkan bahwa kemungkinan pengunjung meninggalkan website akan menurun 24 persen jika pemilik website mengoptimalkan ketiga aspek dalam Core Web Vitals. Tidak hanya itu, Core Web Vitals juga berpengaruh terhadap performa SEO suatu website.

"Dari perspektif seorang pengguna internet, tentunya mereka berharap untuk bisa mendapatkan pengalaman mengunjungi website yang cepat dan efisien. Mereka berselancar di internet karena ingin menghindari antrian offline, sehingga jangan sampai mereka harus menghadapi ‘antrian’ secara online," ujar Ian Hung pada kesempatan WordCamp Gresik 2022 lalu.

Core Web Vitals membantu pemilik website, termasuk website bisnis untuk menyelaraskan optimasi website dengan user experience, sehingga memenuhi syarat untuk muncul pada pencarian Google.

Hasilnya, website akan bertumbuh dengan baik dan akan menghasilkan konversi yang menguntungkan bagi website bisnis.

Setiap aspek dalam Core Web Vitals memiliki indikator penilaian masing-masing yang akan terakumulasi menjadi skor sebagai pertimbangan bagi Google untuk menempatkan suatu website pada hasil pencarian penggunanya.

Membangun Website yang Sehat

Ian menjelaskan, Core Web Vitals juga menjadi metrik penting untuk menentukan website yang sehat, sehingga Google bisa mempercayai website tersebut untuk ditampilkan sebagai salah satu hasil pencarian pengguna Google.

"Saat kita membuka suatu website, kita tentunya tidak mau menunggu loading yang terlalu lama. Google menilai loading suatu website poor apabila membutuhkan lebih dari 4 detik untuk memunculkan elemen utama pada website tersebut. Jika loading elemen utama website (LCP) sudah tidak baik, maka akan berdampak pada aspek lainnya yaitu FID dan CLS," ujarnya.

Untuk memudahkan optimasi website sesuai Core Web Vitals bagi pengguna WordPress, Google menyediakan Google Site Kit. Site Kit merupakan plugin official Google untuk mengetahui bagaimana performa website pengguna WordPress dan apa saja yang harus ditingkatkan, serta menyediakan opsi monetisasi konten.

Sedangkan bagi user WordPress yang menggunakan layanan Niagahoster, tidak perlu bingung karena Niagahoster memiliki WordPress Accelerator yang mampu membantu website mendapatkan skor Core Web Vitals di atas 90 setelah mengaktifkan fitur tersebut. Sehingga website akan muncul pada pencarian Google.

Berita Terkait

TERKINI

Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
"Pray for Garut. Semoga semuanya baik-baik saja dan tak terluka," cuit netizen.
internet | 17:48 WIB
Honda menjuluki motor tahun 80-an ini sebagai Si Kontan.
internet | 16:11 WIB
Netizen menilai bahwa Suarez terkenal karma atas aksinya pada Piala Dunia 2010 lalu.
internet | 16:04 WIB
Sneaker milik penjual di pinggir jalan ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 14:43 WIB
Ia menjanjikan pamer foto telanjang dirinya jika Brasil bertemu dengan Jerman pada finalPiala Dunia 2022 yang sedang berlangsung di Qatar.
internet | 13:30 WIB
Meski usaia kandungan sudah lima bulan, Nella Kharisma tetap nekat Pargoy.
internet | 11:45 WIB
Untuk pembelian Kids Combo, pelanggan malah akan mendapat buku alih-alih mainan.
internet | 19:55 WIB
Der Leyen menyatakan dalam sebuah video yang diterbitkan di Twitter bahwa lebih dari 100.000 perwira militer Ukraina telah terbunuh.
internet | 19:49 WIB
"Detik-detik terciptanya anak sultan," kata netizen.
internet | 17:55 WIB
Lukaku nampak kecewa dan menangis karena tak bisa mencetak gol.
internet | 16:26 WIB
Pintu anti mainstream ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 15:55 WIB
Meme Lukaku beredar viral di media sosial.
internet | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak