Pentingnya Core Web Vitals Agar Website Muncul di Google Search

Google memperkenalkan Core Web Vitals sebagai guide untuk mengevaluasi aspek penting dari sebuah website untuk bisa masuk dalam Google Search.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 18 November 2022 | 13:49 WIB
Ilustrasi Core Web Vitals. (Niagahoster)

Ilustrasi Core Web Vitals. (Niagahoster)

Hitekno.com - Core Web Vitals menjadi salah satu hal penting yang harus dipertahukan oleh pemilik website. Karena dampaknya pada tingkat kemunculan pada Google Search. Bagaimana bisa? Berikut ini ini penjelasannya.

Pemilik website tentunya memperhatikan trafik yang mereka dapatkan, dan terus berupaya untuk meningkatkannya. Salah satu caranya melalui kemunculan website dalam hasil pencarian Google Search.

Salah satu caranya adalah dengan muncul di hasil pencarian Google untuk kata kunci yang berkaitan dengan konten website.

Baca Juga: Niagahoster: Integrasi Website dan WhatsApp untuk Memaksimalkan Digitalisasi Bisnis

Setiap harinya, Google menampilkan 8,5 miliar pencarian dari pengguna di seluruh dunia. Google pun membuka kesempatan luas bagi website untuk bisa muncul di pencarian teratas dengan memastikan performa website bisnis tersebut optimal bagi customer experience.

Dalam event WordCamp Gresik pada 9 November 2022, Ian Hung, Ecosystem Consultant Google, mengatakan, Google secara aktif membantu pengguna termasuk para pemilik website untuk memahami cara kerja Google Search dan memastikan website mereka masuk dalam daftar pencarian menggunakan Core Web Vitals.

Pada Mei 2020, Google memperkenalkan Core Web Vitals sebagai guide untuk mengevaluasi aspek penting dari sebuah website untuk bisa masuk dalam pencarian Google.

Baca Juga: Cara Membuat Website Tanpa Coding untuk Pemula, Lengkap Langkah-langkahnya

Tiga aspek tersebut adalah Largest Contentful Paint (LCP) atau kecepatan loading website, First Input Delay (FID) yaitu baik atau tidaknya respons elemen halaman website, dan Cumulative Layout Shift (CLS) atau stabilitas layout halaman website.

Pentingnya Mengikuti Guide Core Web Vitals

Dilansir dari blog Niagahoster, Google menyebutkan bahwa kemungkinan pengunjung meninggalkan website akan menurun 24 persen jika pemilik website mengoptimalkan ketiga aspek dalam Core Web Vitals. Tidak hanya itu, Core Web Vitals juga berpengaruh terhadap performa SEO suatu website.

Baca Juga: Niagahoster: Menarik Perhatian Pelanggan dengan Website Mobile-Friendly

"Dari perspektif seorang pengguna internet, tentunya mereka berharap untuk bisa mendapatkan pengalaman mengunjungi website yang cepat dan efisien. Mereka berselancar di internet karena ingin menghindari antrian offline, sehingga jangan sampai mereka harus menghadapi ‘antrian’ secara online," ujar Ian Hung pada kesempatan WordCamp Gresik 2022 lalu.

Core Web Vitals membantu pemilik website, termasuk website bisnis untuk menyelaraskan optimasi website dengan user experience, sehingga memenuhi syarat untuk muncul pada pencarian Google.

Hasilnya, website akan bertumbuh dengan baik dan akan menghasilkan konversi yang menguntungkan bagi website bisnis.

Baca Juga: Apa Kegunaan Fitur Live Chat untuk Website Bisnis?

Setiap aspek dalam Core Web Vitals memiliki indikator penilaian masing-masing yang akan terakumulasi menjadi skor sebagai pertimbangan bagi Google untuk menempatkan suatu website pada hasil pencarian penggunanya.

Membangun Website yang Sehat

Ian menjelaskan, Core Web Vitals juga menjadi metrik penting untuk menentukan website yang sehat, sehingga Google bisa mempercayai website tersebut untuk ditampilkan sebagai salah satu hasil pencarian pengguna Google.

"Saat kita membuka suatu website, kita tentunya tidak mau menunggu loading yang terlalu lama. Google menilai loading suatu website poor apabila membutuhkan lebih dari 4 detik untuk memunculkan elemen utama pada website tersebut. Jika loading elemen utama website (LCP) sudah tidak baik, maka akan berdampak pada aspek lainnya yaitu FID dan CLS," ujarnya.

Untuk memudahkan optimasi website sesuai Core Web Vitals bagi pengguna WordPress, Google menyediakan Google Site Kit. Site Kit merupakan plugin official Google untuk mengetahui bagaimana performa website pengguna WordPress dan apa saja yang harus ditingkatkan, serta menyediakan opsi monetisasi konten.

Sedangkan bagi user WordPress yang menggunakan layanan Niagahoster, tidak perlu bingung karena Niagahoster memiliki WordPress Accelerator yang mampu membantu website mendapatkan skor Core Web Vitals di atas 90 setelah mengaktifkan fitur tersebut. Sehingga website akan muncul pada pencarian Google.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak