5 Rekomendasi Media Sosial Alternatif Twitter, Beragam Fitur Tersedia

Mulai tidak nyaman dengan Twitter? Kamu bisa mencoba media sosial alternatif Twitter berikut ini.

Agung Pratnyawan
Rabu, 16 November 2022 | 09:45 WIB
Ilustrasi Twitter. (Pixabay/ edar)

Ilustrasi Twitter. (Pixabay/ edar)

Hitekno.com - Cek lima rekomendasi media sosial alternatif Twitter yang telah dirangkum tim Hitekno.com berikut ini. Meski tak sepopuler Twitter, namun aplikasi-aplikasi ini memberikan kamu berbagai keuntungan.

Belakangan ini media sosial Twitter menjadi bahasan tersendiri di kalangan pengguna media sosial, terlebih pengguna aplikasi berlogo burung biru itu.

Baca Juga: - Dampak Centang Biru Berbayar, Ramai Bermunculan Akun Twitter Palsu Terverifikasi - PHK Massal Twitter Belum Usai, Kini Putus Kontrak 4.000 Karyawan - Blak-blakan, Elon Musk Ungkap Kemungkinan Twitter Bangkrut - Elon Musk Ungkap Bahwa Twitter Bisa Terancam Bangkrut, Kok Bisa?

Hal ini terjadi setelah perusahaan Twitter diakuisisi oleh Elon Musk. Sebagai CEO baru, Musk disebut-sebut tengah berusaha untuk mengubah arah Twitter.

Mulanya memang baru memberikan tarif bagi yang bercentang biru, namun lama kelamaan Musk diprediksi akan membuat beberapa perubahan di aplikasi ini.

Nah, buat kamu yang saat ini sedang mencari rekomendasi media sosial alternatif Twitter, coba cek informasi yang telah dirangkum tim Hitekno.com di bawah ini.

1. Gab 

Media Sosial Gab. (alternativeto)
Media Sosial Gab. (alternativeto)

Gab didirikan pada tahun 2016, mengkondisikan dirinya sebagai "jejaring sosial kebebasan berbicara" dengan misi untuk "membela, melindungi, dan melestarikan kebebasan berbicara online untuk semua orang," menurut deskripsi situs webnya.

Platform ini terlihat seperti campuran Twitter dan Facebook dimana pengguna dapat memposting apa yang disebutnya sebagai "gabs" tidak lebih dari 300 karakter. 

Namun, tidak seperti jaringan media sosial arus utama tersebut, Gab hampir tidak menampilkan moderasi dari postingan pengguna konten.

Gab juga memiliki tingkat pro-langganan, toko barang dagangan, dan ekstensi browser webnya sendiri "Dissenter" yang membuatnya memiliki sistem komentar.

2. Mastodon

Media Sosial Mastodon. (alternativeto)
Media Sosial Mastodon. (alternativeto)

Mastodon didirikan pada 2016 oleh pengembang perangkat lunak asal Jerman bernama Eugen Rochko. Tidak seperti Facebook, Twitter, Reddit, dan Instagram, ini adalah platform terdesentralisasi, open source, bebas iklan yang pada dasarnya terdiri dari ribuan server berbeda.

Berikut adalah analogi untuk menjelaskan teknologi dengan lebih baik. Saat pengguna pertama kali membuat akun di Mastodon, mereka harus memilih server atau instans yang ingin mereka ikuti.

Ini mirip dengan saat membuat akun email, mereka memilih antara Gmail, Hotmail, Yahoo , dll. yang menghasilkan alamat profil mereka. Meski demikian mereka masih dapat mengirim email ke pengguna di platform email lain. 

3. Minds 

Media Sosial Minds. (alternativeto)
Media Sosial Minds. (alternativeto)

CEO dan pendiri Minds bernama Bill Ottman. Minds adalah jejaring sosial open-source dan terdesentralisasi untuk kebebasan internet, di mana pengguna mendapatkan token crypto untuk kontribusi mereka ke jaringan. 

Token dapat ditukar dengan lebih banyak penayangan konten atau dikirim ke saluran lain sebagai tip atau langganan berbayar. 

Menurut Bill Ottman, Minds dibangun di atas dasar privasi, transparansi, dan kebebasan berekspresi. Karena jaringan lain terus kehilangan kepercayaan publik, Minds telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak tahun lalu, sekarang dengan 200 ribu+ pengguna aktif bulanan dan 1,25 juta+ pengguna terdaftar.

4. Diaspora 

Media Sosial Diaspora. (alternativeto)
Media Sosial Diaspora. (alternativeto)

Konsep di balik Diaspora sederhana. Alih-alih berinteraksi dengan satu layanan jejaring sosial yang dikontrol secara terpusat seperti Facebook atau Twitter  , pengguna mengatur dan bekerja dengan metodenya sendiri.

Salinan kode Diaspora yang berjalan di server yang pengguna kendalikan sendiri. Jika kamu adalah pengguna WordPress dan Blogger, nah seperti itu kiranya Diaspora akan bekerja. Jadi semua kontrol ada di tangan kamu.

Pengguna pada feed yang berbeda dapat berteman satu sama lain, bertukar data secara otomatis (pesan, pembaruan status, gambar, dll.) Dan menikmati enkripsi otomatis lalu lintas pesan ujung ke ujung. Mereka juga akan memiliki kendali ketat atas seberapa banyak informasi yang mereka bagikan dengan orang lain.

5. Nitter

Media Sosial Nitter. (alternativeto)
Media Sosial Nitter. (alternativeto)

Nitter adalah mirror front-end Twitter gratis dan sumber terbuka yang memungkinkan kamu untuk berkonsultasi dengan Twitter, dengan fokus pada privasi. 

Meski tampilannya mirip, tapi Nitter adalah versi yang sama sekali berbeda dari situs web Twitter. Anggap saja aplikasi ini seperti klien Twitter pihak ketiga, seperti Tweetbot. 

Kamu juga tidak dapat masuk ke akun Twitter Anda melalui Nitter karena,situs tersebut jelas merupakan cara yang tidak sah untuk melihat Twitter.  Perusahaan tidak mengizinkan klien pihak ketiga di web justru karena tidak dapat melacak pengguna dengan mudah melalui mereka. 

Itulah lima rekomendasi media sosial alternatif Twitter yang bisa kamu gunakan.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait

TERKINI

Bentuk kerja sama antaraFHUI,Microsoft Indonesia dan BSSN ini dengan meluncurkan program 'Akademi Ketangguhan Digital dan Keamanan Siber'.
internet | 10:44 WIB
Fakta menarik pernikahan Sisca Kohl dan Jess No Limit ini berisikan banyak hal yang jadi sorotan netizen.
internet | 08:44 WIB
Grab Indonesia juga memberikan layanan gratis bagi penggunaan GrabCar.
internet | 22:44 WIB
Namanya viral, Benny Rhamdani ternyata punya kekayaan selangit, begini kata LHKPN KPK.
internet | 17:38 WIB
Dalam video pernikahan Sisca Kohl dan Jess No Limit, netizen soroti bangaimana mereka menyensor wajah orangtua.
internet | 15:41 WIB
"Udah capek didemo pas 2019 kemarin," celetuk netizen lain.
internet | 15:14 WIB
Suporter cantik ini bikin netizen Tanah Air kesengsem.
internet | 14:26 WIB
Denise Chariesta mengaku kalau sosok yang disebut RD ini telah mengonsumsi narkoba.
internet | 13:51 WIB
Fatwa haram Joget Pargoy ini telah disampaikanMUI Jember dalam surat resminya bernomor 02/MUI-Jbr/XI/2022.
internet | 13:35 WIB
Pengunjung gerai es krim premium ini auto panik saat melihat tikus.
internet | 13:28 WIB
Emak-emak ini nampak mengenakan jersey timnas Indonesia dengan lambang garuda di bagian dadanya.
internet | 12:10 WIB
Kamu Nanya Kamu Bertanya-tanya berapa tarif endorse Alif Cepmek berapa? Ia mengaku sampai Rp 20 juta lho.
internet | 11:15 WIB
Cara membuat Spotify Wrapped 2022 begitu mudah.
internet | 09:48 WIB
Entah hanya candaan atau bukan, aksi penjual roti bakar yang terima pembayaran dengan bitcoin ini langsung menuai berbagai komentar.
internet | 09:13 WIB
Nama Gerald 'Jerry' Lawson sudah tidak asing. Pria asal Amerika Serikat ini dikenal sebagai bapak video game modern berkat jasa-jasanya.
internet | 07:57 WIB
Pemerintah Amerika Serikat akhirnya ikut turun gunung terkait kegaduhan di media sosial Twitter.
internet | 22:28 WIB
Petugas dengan celana pendek ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 21:19 WIB
Setelah Apple dan Huawei, kini giliran MediaTek yang menggandeng Bullitt.
internet | 21:08 WIB
Tampilkan lebih banyak