Utamakan Keamanan, Grab Kembangkan Fitur Keselamatan

Grab menyematkan 20 fitur keselamatan pada aplikasinya untuk melindungi pengguna selama di perjalanan.

Agung Pratnyawan
Senin, 14 November 2022 | 14:54 WIB
Ilustrasi aplikasi Grab. (Grab)

Ilustrasi aplikasi Grab. (Grab)

Hitekno.com - Grab Indonesia mengenalkan fitur keselamatan baru mereka seagai wujud komitmennya dalam mengutamakan keamanan dalam perjalanan.

Dengan keselamatan, keamanan, serta kenyamanan penumpang dan mitra pengemudi merupakan prioritas utama, Grab terus mengembangkan berbagai fitur layanan transportasinya.

Grab Indonesia menyematkan 20 fitur keselamatan pada aplikasinya untuk melindungi pengguna selama di perjalanan.

Baca Juga: Pencapaian Baru, GrabElectric Tempuh 100 Juta Kilometer

Lima diantaranya adalah layanan telepon bebas pulsa, fitur chat dengan sensor kata otomatis, fitur bagikan informasi perjalanan, fitur untuk memastikan penumpang berada dalam rute yg sesuai, hingga sistem pengingat waktu istirahat bagi mitra pengemudi yang terdeteksi telah bekerja terlalu lama guna mencegah kelelahan dalam berkendara.

"Bagi Grab, memberikan perlindungan saat selama perjalanan merupakan prioritas utama. Hal ini tercermin dari upaya Grab untuk menyematkan beragam fitur keselamatan dengan pemanfaatan teknologi guna memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna. Kami juga menggandeng lembaga resmi bersertifikasi untuk memberikan pelatihan mengenai tindak pencegahan kekerasan dan pelecehan seksual hingga konseling pasca perjalanan bagi pengguna yang membutuhkan. Harapannya, hal ini dapat menciptakan rasa #PercayaAman saat menggunakan layanan Grab," ujar Mayang Schreiber, Chief Communications Officer, Grab Indonesia.

Guna melindungi perjalanan dari berbagai sisi, berikut lima fitur keselamatan dari total 20 fitur yang tersedia pada aplikasi Grab:

Baca Juga: Jangkau Jutaan Konsumen Pembayaran Digital, Grab Gandeng i.saku

  • Layanan Telepon Bebas Pulsa: Menggunakan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol sehingga komunikasi antara penumpang dan mitra pengemudi tidak hanya tetap terjaga privasinya tapi juga bebas biaya.
  • Fitur Chat dengan Sensor Kata Otomatis: Dengan teknologi machine learning, fitur chat Grab dapat secara otomatis memblokir kata-kata sensitif atau tidak pantas. Selain itu, ada pula Tim Quality Assurance yang secara khusus memantau percakapan dan melakukan pemblokiran untuk kata-kata sensitif atau tidak pantas antara penumpang dan mitra pengemudi yang belum terdaftar pada aplikasi atau tulisan yang dimodifikasi.
  • Bagikan Informasi Perjalanan: Informasi mengenai status perjalanan penumpang secara real time yang dapat dibagikan ke keluarga atau kerabat penumpang dalam format tautan atau link untuk memantau perjalanan status perjalanan, status mitra pengemudi, hingga pelacakan untuk perjalanan yang sedang berlangsung.
  • Sistem Pengecekan Jika Perjalanan Tidak Sesuai: Grab akan otomatis mengirimkan pesan untuk mengecek jika perjalanan yang terdeteksi berhenti tiba-tiba atau ke luar rute yang ditentukan berdasarkan pantauan sinyal GPS atau kondisi lalu lintas.
  • Sistem Pengingat bagi Mitra Pengemudi untuk Beristirahat: Otomatis dikirimkan kepada mitra pengemudi yang terdeteksi telah bekerja/mengemudi melebihi waktu tertentu untuk menghindari risiko kecelakaan akibat kelelahan.
Utamakan Keamanan, Grab Kembangkan Fitur Keselamatan. (Grab)
Utamakan Keamanan, Grab Kembangkan Fitur Keselamatan. (Grab)

"Peran saya sebagai working mom membuat mobilisasi harian saya tinggi, mulai dari urusan pekerjaan hingga mengurus keperluan anak. Dengan banyaknya waktu yang saya habiskan di perjalanan, saya menjadi cukup selektif ketika harus naik transportasi umum. Sejauh ini, Grab memberikan rasa aman dan nyaman bagi saya dengan berbagai fitur keselamatan yang tersedia. Privasi saya terjaga karena driver tidak memiliki nomor telepon yang saya gunakan dan orang terdekat dapat memantau keberadaan saya hanya dengan mengirimkan tautan perjalanan saya lewat  fitur Bagikan Informasi Perjalanan," ungkap Nucha Bachri, CEO Parentalk.

Kasdi, salah seorang mitra pengemudi Grab, juga menyatakan terbantu dengan adanya fitur keselamatan Grab, salah satunya sistem pengingat otomatis untuk beristirahat.

"Ketika sedang narik, saya kerap lupa waktu dan fokus untuk menyelesaikan pesanan sebaik mungkin. Ketika saya sudah terlalu lama narik, Grab secara otomatis langsung memberikan peringatan untuk beristirahat melalui aplikasi yang akan terus muncul dan hanya dapat dimatikan ketika saya sudah offline. Sangat membantu kami para mitra agar dapat istirahat cukup demi keamanan dan keselamatan bersama." ungkap Kasdi.

Baca Juga: Grab Luncurkan Program Beasiswa, Bisa Jadi Solusi Pendidikan untuk Anak-Anak dari Mitra Ojol

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak