Banyak Pengguna Twitter Pindah ke Mastodon, Media Soaial Apa Itu?

Sudah menjajal apa itu Mastodon? Kenapa pengguna Twitter berpindah?

Agung Pratnyawan
Rabu, 09 November 2022 | 15:51 WIB
Logo Mastodon. (Mastodon)

Logo Mastodon. (Mastodon)

Hitekno.com - Semenjak Twitter diambil alih Elon Musk, beberapa pengguna mencari media sosial alternatif  lainnya. Termasuk ada yang beralih ke Mastodon, media sosial yang banyak dipilih sebagai alternatif Twitter.

Karenanya Mastodon berhasil mendapatkan 4,5 juta akun usai banyak pindahan pengguna Twitter yang platform tersebut telah dikuasai Elon Musk.

Seperti dilansir dari The New York Times, Rabu (9/11/2022), usai Elon Musk menyelesaikan kesepakatan senilai 44 miliar Dolar AS atau sekitar 687 Triliun untuk membeli Twitter pada 27 Oktober.

Baca Juga: Finansial Twitter Terpukul, Elon Musk: Mereka Mencoba Menghancurkan Kebebasan Berbicara

Elon Musk telah berjuang untuk meredakan kekhawatiran tentang potensi penyebaran informasi yang salah dan ujaran kebencian di platform tersebut.

Pada hari Senin (7/11/2022), Musk, 51 tahun, menulis cuitan setidaknya tiga komentar menghina tentang Mastodon sebelum menghapus postingan tersebut.

Lalu sebenarnya apa itu aplikasi Mastodon yang merupakan media sosial alternatif dari Twitter.

Baca Juga: Centang Biru Bisa Dibeli, Pengguna Twitter yang Pura-Pura Jadi Tokoh Bakal Kena Blokir, Kecuali Parodi

Apa itu Mastodon?

Mastodon. (Mastodon)
Mastodon. (Mastodon)

Apa itu Mastodon sebenarnya? Mastodon merupakan jejaring sosial terdesentralisasi dan bersifat terbuka (free, open-source decentralized social media platform). Mastodon diluncurkan oleh Eugen Rochko pada 2016.

Diluncurkan pada tahun 2016 oleh pengembang perangkat lunak Eugen Rochko, Mastodon menggambarkan dirinya sebagai "platform media sosial terdesentralisasi sumber terbuka gratis" yang bertujuan untuk menjadi "alternatif yang layak untuk Twitter." Platform ini dinamai kerabat mammoth dan gajah yang telah punah.

Baca Juga: Ngetweet Tentang Kejahatan pada Jurnalis Wanita, Akun Twitter PBB Malah Kena Roasting Warganet

Perangkat lunaknya dikembangkan oleh Mastodon gGmbH, sebuah organisasi nirlaba Jerman yang dipimpin oleh Mr. Rochko.

Untuk diketahui, aplikasi ini dapat di-download di Google Play Store dan Apple App Store. Selain itu aplikasi tersebut dapat diakses melalui browser untuk perangkat iPhone dan Android. Setidaknya 20 aplikasi pihak ketiga juga telah dikembangkan untuk akses ke Mastodon.

Selain itu Mastodon memiliki antarmuka yang mirip dengan Twitter.  Bahkan pengguna Mastodon juga dapat melihat seperti linimasa, explore, hingga trending topic. 

Baca Juga: Elon Musk Ungkap Aturan Baru Akun Twitter Terverifikasi, Apa Itu?

Mastodon dapat digunakan melalui browser web atau melalui aplikasinya untuk perangkat iPhone dan Android. Setidaknya 20 aplikasi pihak ketiga juga telah dikembangkan untuk akses ke Mastodon.

Perbedaan Mastodon dari Twitter?

Logo Twitter. (Twitter)
Logo Twitter. (Twitter)

Twitter adalah jaringan sosial tunggal, yang berarti bahwa orang mendaftar dan berbagi konten hanya di Twitter. Sedangkan Mastodon adalah apa yang dikenal sebagai platform federasi.

Artinya ini adalah kumpulan jejaring sosial atau server yang terhubung bersama tetapi miliki oleh orang atau kelompok yang berbeda.

Mastodon adalah bagian dari Fediverse, atau federated universe, sekelompok platform federasi yang berbagi protokol komunikasi.

Tidak seperti Twitter, Mastodon menyajikan posting dalam urutan kronologis, bukan berdasarkan algoritma. Platform itu juga tidak memiliki iklan. Bahkan Mastodon sebagian besar didanai oleh crowdfunding. Sebagian besar server didanai oleh orang-orang yang menggunakannya.

Server yang diawasi Mastodon yakni Mastodon Social dan Mastodon Online yang didanai melalui Patreon, platform layanan keanggotaan dan langganan yang sering digunakan oleh pembuat konten.

Meskipun Mastodon secara visual menyerupai Twitter, pengalaman penggunanya lebih mirip dengan Discord, aplikasi berbicara dan mengirim pesan di mana orang-orang juga bergabung dengan server yang memiliki budaya dan aturan mereka sendiri.

Tidak seperti Twitter dan Discord, Mastodon tidak memiliki kemampuan untuk membuat penggunanya, atau orang yang membuat server, melakukan apa pun. Itu termasuk menetapkan moderasi konten, atau aturan untuk posting apa yang harus dipertahankan dan apa yang harus dihapus.

Tetapi server dapat mendikte bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain, atau apakah mereka berinteraksi sama sekali dalam aliran pos yang dibagikan. Misalnya, ketika Gab menggunakan kode Mastodon, Mastodon Social dan server independen lainnya memblokir server Gab, sehingga postingan dari Gab tidak muncul di umpan orang yang menggunakan server tersebut.

Lalu bagaimana cara bergabung dengan Mastodon?

Untuk bergabung dengan Mastodon, anda dapat mendaftar akun di server.

Situs web ini akan menjadi rumah bagi akun, profil, dan umpan anda. Beberapa situs web memungkinkan pendaftaran langsung, sementara yang lain memerlukan persetujuan atau undangan. Setidaknya ada 4.000 server independen, menurut perkiraan fediverse.party.

Banyak server bersifat topikal, mulai dari satu untuk "all the ravers in the universe" hingga satu untuk Inggris. Seperti akun email, nama pengguna anda menyertakan nama server itu sendiri. Misalnya, kemungkinan nama pengguna di Mastodon Social adalah [email protected].

Terlepas dari server mana anda mendaftar, anda dapat berinteraksi dengan orang-orang yang menggunakan server Mastodon lain, atau dapat beralih ke server lain.

Setelah anda mendaftar untuk sebuah akun, anda dapat memposting "toots", yang merupakan tweet versi Mastodon. Selain itu, anda juga dapat meningkatkan komentar orang lain, setara dengan retweet.

Itulah penjelasan apa itu Mastodon yang mendapatkan banyak pengguna pindahan dari Twitter. (Suara.com/ Ummi Hadyah Saleh)

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak