Mengenal Apa Itu Identitas Digital dan Seberapa Penting dalam Ekonomi Digital

VIDA mengangkat topik identitas digital dalam Forum B20 2022.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 21 Oktober 2022 | 14:37 WIB
Ilustrasi pengguna smartphone. (unsplash/Rawpixel)

Ilustrasi pengguna smartphone. (unsplash/Rawpixel)

Hitekno.com - Apa itu Identitas Digital yang menjadi topik diskusi forum internasional yang digagas VIDA dalam Forum B20 2022.

Seiring dengan meningkatnya laju digitalisasi global, identitas digital menjadi topik umum yang ramai diperbincangkan dalam transformasi digital baik di sektor publik maupun sektor industri. Masyarakat pada umumnya langsung membayangkan e-KTP begitu mendengar istilah ini.

Di balik hal tersebut, diskursus mengenai identitas digital pada perspektif keamanan maupun inklusi keuangan menjadi sebuah bahasan yang cukup menarik bahkan menjadi topik diskusi forum internasional yang digagas VIDA Forum B20 2022. 

Baca Juga: Jangkau Jutaan Konsumen Pembayaran Digital, Grab Gandeng i.saku

Dalam B20 2022, VIDA menyoroti bahwa identitas digital memiliki potensi untuk mendorong ekonomi digital yang inklusif dan bagaimana infrastrukturnya juga mampu meningkatkan keamanan dan kepercayaan masyarakat pada platform digital.

Melihat hal tersebut, Gugus Tugas Digitalisasi B20 Indonesia bertekad untuk membawa solusi identitas digital tersebut untuk memecahkan persoalan digitalisasi yang dihadapi pada masa ini. Fokus dari salah satu rekomendasi dari Gugus Tugas tersebut adalah promosi standar dan praktik terbaik keamanan siber. 

Niki Luhur selaku Founder dan Group CEO VIDA mengungkapkan urgensi penerapan rekomendasi dari Gugus Tugas Digitalisasi B20 Indonesia sebagai kunci dalam pengembangan ekosistem digital yang masih berada dalam fase dini.

Baca Juga: Kolaborasi VIDA dan DocuSign, Sediakan Pilihan Solusi Tanda Tangan Elektronik

"Untuk dapat membangun ekosistem digital yang ideal bagi seluruh pelaku ekonomi digital, diperlukan agen-agen pembangun infrastruktur digital yang bertanggung jawab. Bagaimana kami, sebagai penyedia layanan identitas digital harus mampu menyajikan layanan yang terpercaya, handal, dan mudah digunakan, karena di banyak platform keuangan digital, kesehatan, dan marketplace, proses identifikasi, validasi, dan autentikasi identitas menjadi pintu masuk dari layanan tersebut." kata Niki Luhur.

B20 2022 Side Event. (VIDA)
B20 2022 Side Event. (VIDA)

Pemberdayaan teknologi digital dalam memudahkan segala aktivitas termasuk perekonomian memang memerlukan identitas digital sebagai faktor yang fundamental.

Sebut saja dalam proses onboarding merchant di platform e-commerce, pembuatan rekening baru di bank yang kini hanya perlu lewat aplikasi dari mana saja dan kapan saja, membutuhkan infrastruktur validasi dan autentikasi identitas digital.

Baca Juga: VIDA Bahas Digital Trust, Faktor Pendorong Transformasi Digital Nasional

Meskipun demikian, sama halnya dengan kasus di dunia riil, identitas digital juga dapat dipalsukan, dengan perbedaan bahwa intensitas dan jangkauan tindakan menyimpang ini dapat teramplifikasi secara eksponensial.

"VIDA berperan sebagai jembatan dan penyedia trust antara pengguna dengan penyedia layanan digital. Kami menyediakan teknologi agar masyarakat yang melakukan proses validasi dan autentikasi identitas saat mengakses layanan digital bisa tetap merasa nyaman dan aman. Bukan hanya sekedar selfie, tetapi bagaimana teknologi kami benar-benar menilai bahwa orang yang berada di depan layar gadget adalah orang yang sah dan identifikasi identitas dilakukan dengan cara yang sah. VIDA memiliki teknologi face recognition dan liveness detection yang mampu mencegah potensi terjadinya penipuan identitas. Dengan demikian masyarakat dapat menikmati layanan digital." tambah Niki.

Ia menekankan bahwa identitas digital dipercaya bukan hanya berdampak bagi pertumbuhan bisnis layanan digital, tetapi juga bagi masyarakat sebagai pengguna akhirnya. 

Baca Juga: VIDA: Identitas Digital yang Aman Makin Dibutuhkan di Dunia Kerja

Sebagai salah satu contoh kolaborasi pihak pemerintah dan privat, VIDA, sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) berinduk dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, menunjukkan komitmennya dalam usulan tersebut.

Mengangkat tema "Scaling Trust in Digital World", dalam perhelatan B20 pada 24 Oktober 2022 mendatang, VIDA dan Gugus Tugas Digitalisasi B20 Indonesia akan berdiskusi dengan regulator serta berbagai pimpinan bisnis lintas sektor untuk mengeksplorasi potensi identitas digital dalam membangun ekonomi digital yang lebih inklusif. 

"Sebagai anggota dari gugus tugas ini, VIDA yang menjunjung konsep speed, scale, dan secure dalam operasionalnya, ikut bertekad dalam mengaktualisasikan standar keamanan tertinggi dan nilai inklusivitas dalam ekosistem digital. Tidak hanya melalui kecanggihan teknologi yang up-to-date tetapi juga dapat dieksekusi dalam jangkauan skala yang luas. Untuk itu, kami mendorong hadirnya infrastruktur identitas digital yang handal, aman, nyaman dan cepat dipercaya akan mampu meningkatkan keyakinan masyarakat dalam memanfaatkan layanan digital, sehingga berpengaruh positif pada pertumbuhan ekonomi digital." tutup Niki.

Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak