Kolaborasi VIDA dan DocuSign, Sediakan Pilihan Solusi Tanda Tangan Elektronik

Kemitraan VIDA dan DocuSign menyediakan proses verifikasi identitas online yang memperkuat dan melengkapi tanda tangan elektronik DocuSign.

Agung Pratnyawan
Kamis, 17 Februari 2022 | 18:52 WIB
Kolaborasi VIDA dan DocuSign. (VIDA)

Kolaborasi VIDA dan DocuSign. (VIDA)

Hitekno.com - VIDA menggandeng kolaborasi dengan DocuSign dalam memberikan pilihan tanda tangan digital untuk menandatangai dokumen dengan verifikasi identitas online yang aman dan tanpa hambata.

Sebagai diketahui, VIDA adalah Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) atau Certification Authority (CA) yang yang berinduk di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia. 

Sedangkan DocuSign adalah penyedia layanan tanda tangan elektronik yang populer secara global.

Baca Juga: VIDA Bahas Digital Trust, Faktor Pendorong Transformasi Digital Nasional

DocuSign berkomitmen untuk mempercepat proses perjanjian kolaboratif secara luas bagi seluruh pelanggannya di Indonesia dengan proses electronic Know Your Consumer (e-KYC) tanpa hambatan.

Dengan VIDA, Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) Indonesia yang sudah diakui secara global, kemitraan ini akan memperluas potensi dunia usaha di Indonesia pada era anywhere economy yang terus berkembang.

Group CEO dan Founder VIDA, Niki Luhur mengatakan, "Sebagai pionir tanda tangan elektronik secara global, DocuSign telah membantu banyak pelaku bisnis dalam mengotomatisasi, mempersiapkan, menandatangani, menindaklanjuti, hingga mengelola berbagai dokumen perjanjian. Tetapi selain manfaat yang luas dari sisi produktivitas dan otomatisasi, kepastian hukum juga adalah elemen dasar yang sangat penting. Di sinilah kemitraan DocuSign dan VIDA akan memperkuat kepastian hukum tanda tangan elektronik pengguna DocuSign di Indonesia, di mana dokumen yang ditandatangani oleh produk ini akan memiliki nilai yang sama dengan tanda tangan basah di mata hukum Indonesia. Kami merasa terhormat dapat menjadi Trusted Services Provider yang pertama bagi DocuSign di Indonesia. Melalui kemitraan ini, kami dapat membantu dunia usaha untuk tumbuh dan menjadi bagian dalam memajukan ekonomi digital di Indonesia serta membantu pertumbuhan industri secara global."

Baca Juga: VIDA: Identitas Digital yang Aman Makin Dibutuhkan di Dunia Kerja

Di tengah anywhere economy yang sedang bertumbuh, pengalaman kerja daring (remote experience) juga perlu didukung dengan proses yang tanpa hambatan secara online.

Kemitraan VIDA dan DocuSign menyediakan proses verifikasi identitas online yang memperkuat dan melengkapi tanda tangan elektronik DocuSign.

Kolaborasi VIDA dan DocuSign. (VIDA)
Kolaborasi VIDA dan DocuSign. (VIDA)

Dengan menyediakan kapabilitas verifikasi identitas yang dapat dilakukan secara instan dan tanpa hambatan, VIDA mampu membantu DocuSign untuk memperkuat posisi mereka di Indonesia dengan bantuan teknologi pengenalan wajah yang cepat dan lebih efisien melalui kekuatan Artificial intelligence. 

Baca Juga: 5 Hal Yang Perlu Dipahimi Tentang Tanda Tangan Elektronik

Co-Founder dan CEO VIDA, Sati Rasuanto mengatakan, "Sertifikat elektronik yang diterbitkan VIDA menjamin perlindungan data dan privasi penggunanya hingga meningkatkan kekuatan pembuktian hukum dari penggunaan tanda tangan elektronik DocuSign di Indonesia. Kemitraan DocuSign dan VIDA meningkatkan efisiensi dan produktivitas, dan juga menjamin integritas dokumen dengan verifikasi biometrik. Di VIDA, kami menerapkan best practice dan teknologi kelas dunia di berbagai layanan kami, mulai dari proses verifikasi identitas hingga penandatanganan dokumen secara terintegrasi. VIDA telah melewati proses audit dan akreditasi secara global yang mendalam, termasuk sertifikat ISO 27001 untuk standar keamanan manajemen informasi. VIDA juga merupakan PSrE pertama di Indonesia yang mendapatkan akreditasi global dari WebTrust untuk jaminan keamanan identitas digital."

Dengan integrasi produk DocuSign dan VIDA, pengguna DocuSign eSignature di Indonesia akan mendapatkan keuntungan secara langsung dimana tanda tangan elektronik DocuSign akan dilengkapi dengan sertifikat elektronik untuk otentikasi identitas. Proses ini sejalan dengan standar industri yang menggunakan global best practices dalam pemrosesan dan penyimpanan data.

Dengan VIDA mengimplementasikan end-to-end encryption bagi seluruh transmisi data, kerahasiaan data pengguna dapat dijaga dan hanya digunakan sesuai kebutuhan penggunanya. Untuk mencegah penyalahgunaan identitas (Identity fraud), verifikasi identitas online kami dilengkapi dengan verifikasi biometrik dengan liveness detection yang mengacu pada database identitas nasional resmi.

Baca Juga: Tanda Tangan Elektronik Aman, Solusi Transaksi Digital di Masa New Normal

Group Vice President and General Manager of DocuSign Asia-Pacific, Dan Bognar mengatakan "Kami sangat senang dapat mengumumkan kemitraan baru kami di Indonesia dengan VIDA - salah satu penyedia layanan digital trust terbaik di negeri ini. Kemitraan ini akan mendukung visi kami dalam menyediakan solusi end-to-end sepanjang proses perjanjian, dan terus menjadi partner terpercaya dalam hal tanda tangan elektronik."

Lebih lanjut, "Bermitra dengan VIDA dapat memberikan pengguna kami layanan identitas digital yang aman, cepat dan dapat mencapai banyak orang, yang akan mendorong transformasi bisnis digital. Melalui kemitraan ini, kami harap seluruh produk DocuSign Agreement Cloud dapat menjangkau lebih banyak pengguna di Indonesia dan membantu mereka mempercepat proses kontrak dan meningkatkan efisiensi dalam skala besar." 

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak