Pengertian Fintech, Cara Kerja hingga Bahaya dalam Keuangan

Ketahui apa itu FinTech, cara kerja sampai manfaatnya.

Agung Pratnyawan
Minggu, 02 Oktober 2022 | 09:30 WIB
Ilustrasi aplikasi pinjaman online. (Pixabay)

Ilustrasi aplikasi pinjaman online. (Pixabay)

Hitekno.com - Kata Finbanyak dibicarakan akhir-akhir ini. Namun apakah kamu tahu apa itu Fin Tim HiTekno.com telah merangkum penjelasan Findari cara kerja hingga manfaat dan bahayanya.

Fin(teknologi keuangan) adalah istilah umum yang mengacu pada perangkat lunak, aplikasi seluler, dan teknologi lain yang dibuat untuk meningkatkan dan mengotomatisasi bentuk keuangan tradisional untuk bisnis dan konsumen.

Findapat mencakup semuanya, mulai dari aplikasi pembayaran seluler langsung hingga jaringan blockchain kompleks yang menampung transaksi terenkripsi.

Baca Juga: 5 Aplikasi Penghasil Uang Paling Mudah 2022, Cocok untuk Cari Duit Jajan

Platform Finmemungkinkan tugas run-of-the-mill seperti menyetorkan cek, transfer antar rekening, membayar tagihan, atau mengajukan permohonan bantuan keuangan.

Mereka juga memfasilitasi konsep yang rumit secara teknis, termasuk pinjaman peer-to-peer dan pertukaran crypto. Banyak bisnis mengandalkan Finuntuk pemrosesan pembayaran, transaksi e-commerce, akuntansi, dan, baru-baru ini, membantu upaya bantuan pemerintah seperti Program Perlindungan Penggajian (PPP).

Di tengah pandemi Covid-19, semakin banyak bisnis beralih ke Finuntuk menerima pembayaran tanpa kontak atau mengadopsi kemajuan berbasis teknologi lainnya.

Baca Juga: Cara Hapus Akun Shopee Langsung di Aplikasi, Anti Ribet

Dalam artikel ini Tim HiTekno.com akan menjelaskan sedikit hal dasar mengenai apa itu Fin Berikut penjelasan Finyang dirangkum untuk kamu.

Ilustrasi uang. (Pixabay)
Ilustrasi uang. (Pixabay)

Cara Kerja Fin/strong>

Finmenyederhanakan transaksi keuangan untuk konsumen atau bisnis, membuatnya lebih mudah diakses dan umumnya lebih terjangkau. Finberupaya untuk merampingkan proses transaksi, menghilangkan langkah-langkah yang tidak diperlukan.

Baca Juga: Update Ini Bikin Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android, Indonesia Sudah Kebagian?

Finmemberi pengguna dan bisnis akses ke layanan keuangan tradisional dengan cara inovatif yang sebelumnya tidak tersedia. Misalnya, banyak aplikasi internet atau mobile banking yang sekarang menawarkan akses langsung ke layanan bank kepada pelanggan.

Mulai dari melihat saldo, mentransfer dana, atau menyetor cek. Sementara itu, penasihat Robo dirasa lebih nyaman daripada saran investasi langsung dari penasihat keuangan. Finjuga mengotomatisasi banyak layanan yang digunakan bisnis, seperti penjaminan pinjaman dan penilaian real estat.

Kecerdasan buatan yang dikombinasikan dengan sejumlah besar data konsumen membantu bisnis Finmemahami pelanggan mereka dan memperkuat kampanye pemasaran, pengembangan produk, dan penjaminan emisi mereka.

Baca Juga: Waspada Pencurian Data Pribadi, Perhatikan Hal Ini Sebelum Install Aplikasi dari App Store dan Google Play Store

Manfaat Fin/strong>

  1. Kecepatan dan kenyamanan
    Produk Fincenderung disampaikan secara online sehingga lebih mudah dan lebih cepat diakses konsumen.
  2. Fleksibel
    Konsumen mendapat manfaat dari pilihan produk dan layanan yang lebih banyak karena dapat dibeli dari jarak jauh, dimanapun lokasinya.
  3. Penawaran lebih murah
    Perusahaan Finmungkin tidak perlu menginvestasikan uang dalam infrastruktur fisik seperti jaringan cabang sehingga dapat menawarkan penawaran yang lebih murah kepada konsumen.
  4. Lebih banyak produk yang dipersonalisasi
    Teknologi memungkinkan perusahaan Finmengumpulkan dan menyimpan lebih banyak informasi tentang pelanggan sehingga mereka dapat menawarkan produk atau layanan yang lebih personal kepada konsumen.

Bahaya Fin/strong>

  1. Hak yang tidak jelas
    Perusahaan Finmungkin baru mengenal industri keuangan dan menggunakan model bisnis yang berbeda dari penyedia tradisional. Hal ini dapat mempersulit untuk memastikan mana yang diatur, dan apa hak konsumen jika terjadi kesalahan.
  2. Membuat keputusan terburu-buru
    Produk keuangan yang dibeli langsung secara online tanpa pernah bertemu langsung dengan siapa pun dapat memudahkan konsumen untuk membuat keputusan yang cepat dan tanpa informasi yang detail.
  3. Kejahatan Cyber
    Produk keuangan yang dibeli secara online dapat membuat konsumen lebih rentan terhadap kejahatan cyber. Misalnya, data pribadi konsumen dapat disalahgunakan atau dapat menjadi korban kejahatan dunia maya.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu Fin Semoga informasi dan penjelasan Finini bermanfaat bagi kamu yang ingin menggunakan layanan atau platform Fin

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak