4 Cara Mempercepat Koneksi Internet Rumah

Ada banyak alasan kenapa koneksi rumah kamu lemah, simak bagaimana cara mempercepat koneksi internet rumah.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 30 September 2022 | 13:35 WIB
Ulustrasi provider internet rumah. (Indosat)

Ulustrasi provider internet rumah. (Indosat)

Hitekno.com - Tak sedikit riset yang mengungkap tentang provider internet rumah dengan biaya yang tidak murah tiap bulan, namun koneksi yang diberikan bermasalah juga lambat.

Ketahui kalau ada banyak alasan kenapa koneksi rumah kamu lemah, dari gangguan cuaca, kerusakan kabel, kesalahan penempatan dan posisi router, hingga terlalu banyak pengguna internet.

Baca Juga: - Tetap Produktif di Rumah, Kini Tersedia Layanan Internet Rumah dari Indosat Ooredoo Hutchison - 4 Trik Mengatasi Internet Lemot dan Menjaga HP Tetap Ngebut - Daftar Negara dengan Internet Tercepat di Dunia, Nomor 1 Bukan Korea - Tutorial Cara Cek Kuota Internet Indosat dengan Akurat

Beberapa hal tersebut terkadang sulit untuk dihindari, namun kita ditak bisa menghindari tanggung jawab yang bergantung mengandalkan koneksi internet.

Jika internet lambat, apa yang harus dilakukan?

Tenang, berikut ini ada beberapa tips dan trik perangkat Wi-Fi untuk mempercepat laju koneksi internet kamu!

1. Perhatikan tingkat keamanan Wi-Fi

Wi-Fi tidak selalu tentang harga dan kecepatan internetnya, tapi tingkat keamanannya juga harus diperhatikan. Tingkat keamanan yang buruk bisa membuka jalan untuk pengguna tidak bertanggung jawab masuk ke jaringan kamu.

Hal ini dapat membuat koneksi kamu  terganggu. Belum lagi kalau sistem terinfeksi virus, bukan hanya koneksi internet yang melemah, tapi data pribadi kamu juga bisa ikut tersebar ke orang tidak bertanggung jawab.

2. Letakkan router di tempat yang strategis

Koneksi internet yang cepat akan percuma jika kamu meletakan router-nya di tempat yang salah atau terlalu jauh dari device yang digunakan. Hindari meletakan router di ruangan tertutup dan terpisahkan oleh banyak tembok dari tempat kamu berada.

Jangan juga menempatkan router di dekat banyak perangkat elektronik lain karena bisa menghasilkan gelombang elektromagnetik yang mengacaukan jaringan.

3. Gunakan ad blocker extension

Iklan atau pop-up ads di laman internet yang kamu kunjungi bisa jadi penghambat kecepatan koneksi kamu. Coba gunakan ekstensi ad blocker yang terpercaya untuk memblokir iklan, agar browser kamu bisa melewati IP address penyedia iklan dan langsung memuat laman situs yang dituju.

4. Pilih provider dan paket internet yang cocok untuk kebutuhan

Pertimbangkan jumlah user dan domisili rumah kamu sebelum menentukan provider internet yang sesuai. Jangan sampai kamu menggunakan paket yang tidak mencukupi kebutuhan kegiatan dan jumlah pemakainya atau berniat berlangganan dari provider yang tidak menjangkau area rumah.

Indosat HiFi adalah salah satu provider layanan internet rumah yang menyediakan berbagai pilihan paket untuk kebutuhan aktivitas digital kamu.

Siapapun dan apapun aktivitas digital harian kamu, home entrepreneur, karyawan kantoran, pecinta film sampai game online, tentukan provider yang bisa diandalkan.

Coba kunjungi hifi.ioh.co.id untuk cari tahu tentang paket Indosat HiFi yang bisa meningkatkan bukan hanya kecepatan koneksi internet, tapi juga keseluruhan pengalaman digital kamu!

Berita Terkait

TERKINI

Induk perusahaan Facebook dan Instagram ini menyuguhkan prediksi mengenai tren konten 2023, apa saja?
internet | 17:35 WIB
"Lambaikan tangan ke kamera kalau nggak kuat mas," kata netizen lain.
internet | 15:58 WIB
Kaesang Pangarep tengan melangsungkan persiapan pernikahaannya dengan Erina Sofia Gudono.
internet | 15:05 WIB
Bule tersebut mengaku terkejut usai melihat motor penjual mie ayam yang dimodifikasi dengan 'dapur mini' di bagian belakangnya.
internet | 14:40 WIB
Anggota asosiasi membahas visi, misi, serta program keberlanjutan digital di Indonesia.
internet | 11:59 WIB
"Jujur versi anime-nya lebih cakep," kata netizen lain.
internet | 11:24 WIB
Suasana warkop berubah bak restoran bintang lima berkat pengamen bersuara emas ini.
internet | 09:43 WIB
Banyak daerah terpencil yang tak dijangkau sinyal, mungkin rencana pemerintah Inggris ini bisa jadi contoh yang patut diterapkan di Tanah Air.
internet | 09:24 WIB
Kominfo menyebutkan kalau dua operator seluler telah terkena gangguan (down).Yakni jaringan IndosatOoredoo Hutchison (IOH) danSmartfren.
internet | 20:45 WIB
Ternyata ini yang diharapkan oleh Elon pada program Twitter 2.0.
internet | 20:29 WIB
Bot yang berbahaya ada di mana-mana. Saat ini, banyak situs, login, dan aplikasi favorit konsumen yang diserang oleh bot.
internet | 19:03 WIB
Usai bersitegang dengan Twitter, kini Apple diklaim Elon Musk telah kembali memasang iklan ke platform media sosial tersebut.
internet | 18:49 WIB
Usai unggahan foto jadul kawasan Slipi, Jakarta Barat tahun 1997 ini menjadi viral di Instagram, berbagai komentar langsung saja ditinggalkan oleh netizen.
internet | 18:47 WIB
Berikut adalah perubahan UMK 2023 dan cara mengeceknya secara online lewat HP dan Laptop.
internet | 17:54 WIB
Berikut adalah sederet cara, syarat dan jadwal untuk mendaftar seleksi bersama rekrutmen BUMN Online.
internet | 16:23 WIB
Terlepas dari kehidupan artis yang dikenal glamor, Prilly Latuconsina tampil begitu sederhana saat sedang menekuni hobinya.
internet | 14:05 WIB
Video pria nekat beli motor saat mengeluh lelah jogging ini lalu dibanjiri dengan berbagai komentar dari netizen.
internet | 12:10 WIB
Reza Rahadian mengaku jika dirinya tidak tahu harus melakukan apa dengan akun Instagram.
internet | 11:43 WIB
Tampilkan lebih banyak