Internet

Tulis Janji Saling Mencintai di Uang Kertas, Netizen Cari Pasangan Ini

Keduanya berjanji untuk tidak membelanjakan uang yang menjadi saksi cinta pasangan ini.

Amelia Prisilia

Pasangan tulis janji saling mencintai di uang kertas. (instagram/halewwww)
Pasangan tulis janji saling mencintai di uang kertas. (instagram/halewwww)

Hitekno.com - Baru-baru ini, netizen ramai membicarakan janji saling mencintai yang ditulis oleh sepasang kekasih di selembar uang kertas pecahan Rp 2.000. Netizen rupanya dibuat penasaran dan mencari pasangan tersebut.

Unggahan mengenai pasangan yang tulis janji saling mencintai di selembar uang Rp 2.000 ini diunggah oleh akun @halewwww dan menjadi viral di Instagram pada Kamis (8/9/2022) lalu.

"Kiw kiw Sinta love Arif" tulis caption unggahan.

Dalam unggahan tersebut, netizen memotret selembar uang kertas Rp 2.000. Di uang tersebut tertulis pesan yang dibuat oleh sepasang kekasih. Keduanya berjanji untuk tidak membelanjakan uang yang menjadi saksi cinta pasangan ini.

"Tidak akan dibelanjakan. Uang ini adalah saksi kita yang saling mencintai. Sinta love Arif" tulis pesan tersebut.

Ilustrasi uang. (Pixabay)
Ilustrasi uang. (Pixabay)

Entah apa yang membuat pasangan ini menulis janji untuk saling mencintai di selembar uang kertas Rp 2.000. Usai unggahan ini menjadi viral di Instagram, netizen lalu meninggalkan komentar-komentarnya.

"Arif mana ni arif" tulis salah satu netizen.

"Bucin juga ya" balas akun lainnya.

"Demi Allah, alay banget" komentar pengguna Instagram lainnya.

Viral di Instagram, unggahan tulisan janji saling mencintai di selembar uang kertas Rp 2.000 ini lalu telah mendapat lebih dari 39 ribu likes dan ratusan balasan dari netizen.

Ancaman Penjara dan Denda Fantastis untuk Pelaku Coret-coret Uang

Ilustrasi uang. (Pixabay)
Ilustrasi uang. (Pixabay)

Tak banyak yang tahu, rupanya aksi coret-coret uang bisa terkena ancaman penjara paling lama 5 tahun dengan denda fantastis mencapai Rp 1 miliar.

Ancaman ini rupanya dicatat dalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 7 pasal 35 tahun 2011 mengenai mata uang. Disebutkan bahwa siapa saja yang dengan sengaja merusak dan mengubah rupiah sebagai simbol negara akan terkena pidana.

  1. Setiap orang yang dengan sengaja merusak, memotong, menghancurkan, dan/atau mengubah Rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan Rupiah sebagai simbol negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
  2. Setiap orang yang membeli atau menjual Rupiah yang sudah dirusak, dipotong, dihancurkan, dan/atau diubah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
  3. Setiap orang yang mengimpor atau mengekspor Rupiah yang sudah dirusak, dipotong, dihancurkan, dan/atau diubah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan pidana denda paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).

Uang rupiah sendiri merupakan mata uang negara yang perlu untuk dirawat dengan baik. Karena ancaman serius ini, sangat dilarang keras untuk melakukan coret-coret uang kertas seperti yang dilakukan oleh pasangan ini ya.

Berita Terkait