Gojek Gelar Kompetisi Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2022

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2022 akan menyertakan kategori terbaru yakni Kompetisi Foto KPAB 2022.

Agung Pratnyawan
Selasa, 09 Agustus 2022 | 17:13 WIB
Gojek Gelar Kompetisi Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2022. (Gojek)

Gojek Gelar Kompetisi Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2022. (Gojek)

Hitekno.com - Gojek resmi mengumumkan digelarnya Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) 2022. Yakni kompetisi yang menjadi ajang penghargaan karya jurnalistik bagi insan pers di Indonesia.

Gelaran bergengsi di industri teknologi yang masuk tahun ketiga ini pertama kali diadakan pada 2020, dan kali ini menghadirkan 4 juri ternama yakni Fira Basuki, Arifin Asydhad, Hermanus Prihatna dan Hendra Suhara.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2022 akan menyertakan kategori terbaru yakni Kompetisi Foto KPAB 2022, hasil kerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI). Penambahan kategori ini guna mengapresiasi karya jurnalis foto yang bercerita lewat visual di media massa dan media sosial.

Baca Juga: Lebih Praktis dan Mudah, Kini Beli Tiket KRL Commuter Line Bisa lewat Aplikasi Gojek

Deputy Chief of Corporate Affairs Gojek, sekaligus Ketua KPAB 2022, Audrey Progastama Petriny, mengatakan kompetisi ini diselenggarakan untuk mengapresiasi karya jurnalistik terbaik yang telah memberikan informasi kepada masyarakat mengenai berbagai program dan kontribusi ekosistem digital dalam pemulihan ekonomi nasional. 

"Kontribusi jurnalis sangat besar dalam memberikan informasi bermanfaat bagi masyarakat. Berkat dukungan para jurnalis, berbagai program Gojek dalam mendukung masyarakat di tengah pandemi dan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional dapat berjalan optimal, serta dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh pihak dalam ekosistem kami. Gojek berterima kasih kepada seluruh insan pers yang telah mendukung ekosistem digital dan membangun optimisme di tengah pandemi," kata Audrey.  

Gojek Gelar Kompetisi Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2022. (Gojek)
Gojek Gelar Kompetisi Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2022. (Gojek)

Melalui lomba ini, berbagai informasi positif terkait dengan Gojek dalam tulisan maupun foto hasil KPAB 2022 diharapkan juga bisa menginspirasi para pembaca untuk terus mendukung karya anak bangsa dalam membangkitkan geliat ekonomi nasional.

Baca Juga: Kolaborasi Gojek dan BTS, Hadirkan Beragam Promo dan Hadiah Spesial

"Selain itu, penghargaan KPAB ini juga digelar sebagai komitmen perusahaan demi mendorong peningkatan kualitas produk jurnalistik di Tanah Air," kata Audrey.

Lomba feature dan foto ini akan digelar mulai 4 Agustus hingga 31 Oktober 2022 dan semua pemenang akan diumumkan pada 8 Desember 2022. 

Adapun terkait dengan lomba ini, Gojek mempercayakan tiga profesional untuk menjadi juri feature yakni Fira Basuki (novelis dan penulis buku independen), Arifin Asydhad (Ketua Forum Pemimpin Redaksi-Forum Pemred), dan Audrey Petriny sebagai perwakilan Gojek.

Baca Juga: Driver Gojek Kebagian Saham GoTo Senilai Rp 310 Miliar

Sementara itu, penjurian lomba foto dipercayakan kepada tim jurnalis foto senior dari PFI yakni Hermanus Prihatna dan Hendra Suhara, keduanya pemegang sertifikasi dari Dewan Pers.

Gojek Gelar Kompetisi Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2022. (Gojek)
Gojek Gelar Kompetisi Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2022. (Gojek)

"PFI memberikan apresiasi kepada Gojek yang telah menyelenggarakan KPAB sebagai salah satu platform peningkatan kapasitas jurnalis dalam berkarya. Semoga kegiatan ini bisa menjadi pemantik rekan-rekan pewarta untuk bisa menghasilkan karya-karya yang lebih baik lagi," kata Sekretaris Jenderal PFI Hendra Eka.

Arifin Asydhad mengatakan gelaran Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2022 Gojek harus diapresiasi sebagai upaya memotivasi para jurnalis menghasilkan karya jurnalistik yang lebih baik.

Baca Juga: Driver Ojol Gojek Gagalkan Aksi Pencurian Sepeda Motor saat Antar Pesanan

"Di dalam ekosistem media saat ini yang masih mengedepankan pageview, tulisan feature semakin jarang dihasilkan oleh media. Karena itu, mari  kita sama-sama berkontribusi dalam mengembalikan tulisan dan karya-karya jurnalistik yang semakin berkualitas." ungkapnya.

Fira Basuki juga menyambut baik inisiatif Gojek untuk meningkatkan semangat menulis dari insan pers Indonesia.

"Saya berharap dengan lomba ini, maka akan terciptanya kembali budaya menulis dan membaca. Masyarakat pun teredukasi dan kembali giat untuk membaca. Saling belajar dan mengisi demi kemajuan diri sendiri dan bersama, tentunya untuk kebaikan bangsa," kata Fira yang juga penulis novel Cerita di Balik Noda dan Jendela-Jendela ini.

KPAB tahun ini mengambil tema utama untuk lomba feature dan foto yakni "Kontribusi Gojek dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional kala Pandemi" dengan lima sub-tema yang bisa dielaborasi yakni kontribusi Gojek bagi:

  • Konsumen (Platform Gojek beri kemudahan bagi konsumen termasuk memberikan solusi terhadap tantangan di tengah pandemi).
  • Driver (Platform Gojek jadi penopang ekonomi mitra pengemudi).
  • Merchant (Kontribusi Gojek mendorong ekonomi UMKM dan daerah).
  • Sustainability (Upaya Gojek mendorong Indonesia tumbuh berkelanjutan sesuai Komitmen  Tiga Nol.
  • SDM (Peran talenta digital dalam menghadirkan inovasi dan teknologi guna mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi).

Untuk peserta lomba feature adalah jurnalis yang bekerja di media dengan cakupan wilayah sebagai berikut:

  • Nasional & Jabodetabek
  • Regional 1: (Sumatra) Medan, Palembang, Batam
  • Regional 2: Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta
  • Regional 3: Jawa Timur, Bali
  • Regional 4: Indonesia Timur (Makassar, Kupang, Manado, dan wilayah Kalimantan)

Pemenang akan dipilih dari masing-masing wilayah tersebut, sementara untuk lomba foto kategori nasional dan berlaku juga untuk platform media sosial. Pendaftaran lomba feature melalui Google Form https://bit.ly/KPAB2022 dan lomba foto melalui email [email protected]. Syarat dan ketentuan mengikuti KPAB 2022 dapat diakses di microsite https://www.gojek.com/id-id/ kpab/ dan blog https://bit.ly/blogKPAB2022.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak