Lebih Praktis dan Mudah, Kini Beli Tiket KRL Commuter Line Bisa lewat Aplikasi Gojek

Melalui GoTransit, kini tiket KRL Commuter Line bisa dibeli lewat aplikasi Gojek.

Agung Pratnyawan
Rabu, 22 Juni 2022 | 17:20 WIB
Kolaborasi Gojek x KCI - Kini Beli Tiket KRL Commuter Line Bisa lewat Aplikasi Gojek. (dok. Gojek)

Kolaborasi Gojek x KCI - Kini Beli Tiket KRL Commuter Line Bisa lewat Aplikasi Gojek. (dok. Gojek)

Hitekno.com - Gojek kembali menghadirkan fitur baru yang memudahkan mobilitas penggunanya. Yakni dengan menggandeng PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI), membuat kolaborasi yang memungkinkan pembelian tiket KRL Commuter Line melalui aplikasi Gojek.

Pembelian tiket KRL Commuter Line di aplikasi Gojek ini bisa diakses melalui fitur GoTransit.

Inovasi ini semakin memudahkan masyarakat yang melakukan perjalanan multimoda serta mendukung visi pemerintah untuk menggalakkan penggunaan transportasi publik.

Baca Juga: Kolaborasi Gojek dan BTS, Hadirkan Beragam Promo dan Hadiah Spesial

GoTransit sendiri merupakan fitur di aplikasi Gojek yang memudahkan pengguna untuk merencanakan perjalanan dari titik keberangkatan awal hingga tujuan akhir secara lebih efisien dalam satu platform, yang dirancang sebagai layanan penghubung awal dan akhir perjalanan (First Mile-Last Mile) guna melengkapi moda transportasi publik. 

Direktur GoTo, sekaligus Head of Indonesia Sales & Ops Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo menjelaskan, "Satu dari dua pengguna Gojek pernah menggunakan GoRide dan GoCar sebagai layanan penghubung untuk mereka menggunakan moda transportasi publik. Peluncuran resmi inovasi terintegrasi hari ini memungkinkan pengguna membeli tiket KRL Commuter Line langsung di aplikasi Gojek. Kemudahan ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan dan loyalitas pengguna, bahkan menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi publik khususnya KRL Commuter Line. Kami percaya tujuan tersebut dapat terwujud mengingat sejak inovasi ini diperkenalkan pada akhir Mei 2022 lalu, fitur GoTransit sudah diakses 20 kali lipat lebih banyak."

Catherine menambahkan ke depannya Gojek dan PT KCI sebagai operator KRL Commuter Line juga akan menghadirkan inovasi lain untuk semakin memudahkan pengguna.

Baca Juga: Hasil Riset Pasar: Grab Unggul Tipis dari Gojek di Indonesia

"Lewat kampanye #JalanTerus, Gojek berkomitmen untuk semakin mempermudah mobilitas masyarakat dalam menggunakan moda transportasi publik. Kami tengah menyiapkan inovasi teknologi agar masyarakat dapat membeli tiket secara bundling sehingga semakin praktis dan hemat. Dalam satu transaksi di dalamnya sudah termasuk tiket first mile-last mile yang menggunakan layanan Gojek, serta tiket perjalanan middle mile menggunakan layanan transportasi publik termasuk salah satunya KRL Commuter Line."

Kolaborasi Gojek x KCI - Kini Beli Tiket KRL Commuter Line Bisa lewat Aplikasi Gojek. (dok. Gojek)
Kolaborasi Gojek x KCI - Kini Beli Tiket KRL Commuter Line Bisa lewat Aplikasi Gojek. (dok. Gojek)

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI), Roppiq Lutzfi Azhar mengungkapkan, "Kolaborasi antara PT KCI dan GoTo melalui Gojek akan memberi manfaat bagi pengguna harian Kereta Commuter Line yang jumlahnya mencapai 1,2 juta orang per hari. Kami percaya kolaborasi dengan Gojek yang juga memiliki skala pengguna yang besar, akan semakin memperluas jangkauan kami untuk mengajak masyarakat menggunakan transportasi publik. Dengan kini tiket KRL Commuter Line dapat dibeli di aplikasi Gojek, pengalaman masyarakat naik KRL Commuter Line bisa menjadi lebih lancar, cepat, dan minim kontak. Sebelumnya, kehadiran Gojek juga telah memudahkan akses bagi pengguna Commuter Line untuk menuju ke stasiun ataupun melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir. Adanya kolaborasi ini diharapkan mendukung capaian target PT KCI untuk bisa mengangkut 2 juta orang per hari di masa yang akan datang."

Fitur GoTransit menawarkan tiga pilar manfaat:

Baca Juga: Sambut Ekonomi Membaik, Gojek dan GoTo Financial Ungkap Tren Bisnis Bulan Ramadhan

Kenyamanan dan kemudahan dalam membeli tiket KRL Commuter Line

Melalui aplikasi Gojek, masyarakat kini dapat membeli tiket KRL Commuter Line dengan lebih mudah dan praktis. Masyarakat dapat membeli tiket  secara nontunai dengan memanfaatkan GoPay atau LinkAja tanpa perlu nominal deposit.

Pengguna akan mendapatkan kode QR pada laman fitur GoTransit di aplikasi Gojek, untuk dapat melakukan tap-in pada waktu keluar dan masuk dari semua gerbang yang ada di stasiun Commuter Line.

Baca Juga: Meski Ditawar Mahal, Driver Pertama Gojek Enggan Jual "Jaket 001" Miliknya

Inovasi ini pun memungkinkan pengguna dapat membeli hingga lebih dari 10 tiket KRL sekaligus sehingga bermanfaat ketika bepergian bersama rombongan.

Pengguna juga dapat mengubah rute tujuan dengan mudah dan semua transaksi yang dilakukan dalam GoTransit tercatat lengkap pada bagian riwayat pemesanan.

Integrasi Multi Moda: Penggunaan transportasi multi-moda yang lebih terhubung 

Selain membeli tiket KRL Commuter Line dengan menggunakan pembayaran GoPay, pengguna dapat memesan layanan transportasi dari Gojek, baik GoRide, GoCar, maupun GoBluebird, menuju dan dari pemberhentian transportasi umum seperti stasiun KRL Commuter Line.

Kolaborasi Gojek x KCI - Kini Beli Tiket KRL Commuter Line Bisa lewat Aplikasi Gojek. (dok. Gojek)
Kolaborasi Gojek x KCI - Kini Beli Tiket KRL Commuter Line Bisa lewat Aplikasi Gojek. (dok. Gojek)

Perjalanan yang lebih efisien

GoTransit memungkinkan pengguna untuk memilih rute perjalanan terbaik sehingga dapat melakukan perencanaan perjalanan secara lebih efisien, membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan, memperkirakan estimasi waktu perjalanan, hingga memantau jadwal operasional transportasi publik.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi turut memberikan apresiasinya atas sinergi GoTo melalui Gojek dan PT KCI dalam mewujudkan transportasi multimoda yang terintegrasi.

"Pada tahun 2020 lalu, Kementerian Perhubungan mencatat bahwa saat ini baru 25% masyarakat di Jakarta yang menggunakan transportasi umum. Kami meyakini bahwa konektivitas antarmoda serta kehadiran titik-titik transit-oriented development (TOD) seperti yang diupayakan oleh Gojek dan PT KCI ini berperan kunci dalam mendorong penggunaan transportasi umum oleh masyarakat. Maka, kami sangat mengapresiasi sinergi dan komitmen yang dijalankan oleh Gojek dan PT KCI melalui inovasi-inovasi yang hadir di layanan GoTransit," ungkap Budi Karya.

Menanggapi terwujudnya inovasi dan kolaborasi ini, Wakil Menteri BUMN 2 Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, "Kami mengapresiasi langkah Gojek, yang merupakan bagian dari GoTo, dalam menghadirkan GoTransit, melalui kolaborasi secara strategis dengan PT Kereta Commuter Indonesia yang merupakan anak usaha PT Kereta Api Indonesia untuk meningkatkan standar pelayanan publik. Di sektor transportasi, kehadiran kolaborasi ini semakin melengkapi layanan transportasi publik yang disediakan oleh BUMN. Apalagi, elemen konektivitas dan integrasi bersifat krusial dalam menciptakan transportasi yang berkualitas. Kolaborasi ini sejalan dengan peran BUMN sebagai agen pembangunan untuk melayani masyarakat."

Guna semakin mendorong minat masyarakat menggunakan transportasi publik, Gojek menawarkan voucher potongan harga layanan GoRide dan GoCar bagi pengguna yang melakukan pembelian tiket atau pun telah menyelesaikan perjalanan KRL Commuter Line melalui GoTransit. 

GoTransit sebagai inovasi pada on-demand services dan wujud komitmen sustainability GoTo

Fitur GoTransit di aplikasi Gojek merupakan salah satu layanan pada segmen on-demand services di GoTo yang mengalami peningkatan transaksi seiring dengan pelonggaran pembatasan mobilitas masyarakat.

Fitur GoTransit juga merupakan salah satu wujud konkret dari strategi GoTo untuk mencapai profitabilitas dengan menyediakan layanan bernilai tambah (value-added services) kepada konsumennya.

Berdasarkan laporan kinerja perusahaan, pada kuartal pertama tahun 2022, GoTo melaporkan peningkatan pendapatan bruto sebesar 58% dan peningkatan transaksi (GTV) sebesar 44% secara year on year  di segmen on-demand services. 

Selain itu, GoTransit juga merupakan wujud komitmen sustainability “Three Zeroes” GoTo, khususnya Zero Emission, untuk membantu mengurangi emisi yang dihasilkan kendaraan pribadi dengan mengajak lebih banyak masyarakat menggunakan transportasi publik dengan menjadikan layanan transportasi Gojek sebagai moda penghubung atau layanan first-mile dan last-mile.

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak