Foto Jenderal Soedirman Saat Salat Idul Adha di Jakarta 1946, Netizen: Kumpulan Orang Hebat

"Salam hormat pahlawanku," kata netizen.

Rezza Dwi Rachmanta
Kamis, 30 Juni 2022 | 19:57 WIB
Foto Jenderal Soedirman saat salah Idul Adha tahun 1946. (ANRI via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Foto Jenderal Soedirman saat salah Idul Adha tahun 1946. (ANRI via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Hitekno.com - Jenderal Besar Soedirman terkenal sebagai sosok pahlawan dengan daya juang sangat tinggi. Sebuah foto jadul mengenai Jenderal Soedirman saat salat Idul Adha di Jakarta ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan momen lawas yang memperlihatkan jamaah salat Idul Adha di Lapangan Gambir, Jakarta.

"Pada tanggal 4 November 1946; Panglima Besar Jenderal Soedirman mengikuti Ibadah Sholat Idul Adha di lapangan Gambir, Jakarta," bunyi keterangan pada foto.

Itu adalah unggahan ulang dari foto lawas yang tersimpan di situs ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia). Kita bisa melihat jamaah yang nampak khusyuk saat melakukan rangkaian ibadah salat Idul Adha.

Jenderal Soedirman berada pada saf bagian depan dengan memakai peci hitam. Dilihat dari pakaiannya, para jamaah salat Idul Adha itu kemungkinan berasal dari para pejuang, tokoh intelektual, dan warga sekitar.

Foto Jenderal Soedirman saat salah Idul Adha tahun 1946. (ANRI via Facebook Potret Sejarah Indonesia)
Foto Jenderal Soedirman saat salah Idul Adha tahun 1946. (ANRI via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Foto lain yang tersimpan di ANRI turut memperlihatkan momen salat Idul Adha pada tahun 1946. Terdapat beberapa prajurit yang bersiaga dengan senjata laras panjang untuk melakukan pengamanan di samping lapangan.

Dikutip dari Wikipedia, Jenderal Besar TNI (Anumerta) Raden Soedirman adalah seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Pada tanggal 12 November 1945, dalam sebuah pemilihan untuk menentukan panglima besar TKR di Yogyakarta, Soedirman terpilih menjadi panglima besar.

Sembari menunggu pengangkatan, Soedirman memerintahkan serangan terhadap pasukan Inggris dan Belanda di Ambarawa. Pertempuran ini dan penarikan diri tentara Inggris menyebabkan semakin kuatnya dukungan rakyat terhadap Soedirman.

Ia juga mengomando kegiatan militer di Pulau Jawa, termasuk Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta, yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Soeharto. Ketika Belanda mulai menarik diri, Soedirman dipanggil kembali ke Yogyakarta pada bulan Juli 1949.

Suasana salat Idul Adha pada November 1946. (ANRI)
Suasana salat Idul Adha pada November 1946. (ANRI)

Meskipun ingin terus melanjutkan perlawanan terhadap pasukan Belanda, Soedirman dilarang oleh Presiden Soekarno. Penyakit TBC yang diidapnya kambuh dan ia pensiun serta pindah ke Magelang.

Soedirman wafat kurang lebih satu bulan setelah Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia. Sang jenderal besar meninggal pada 29 Januari 1950 ketika ia berumur 34 tahun. Foto jadul Jenderal Soedirman mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Kumpulan orang hebat," kata Na**o.

"Sebanyak itu mereka tapi tak ada yang gemuk. Mereka mencurahkan semuanya dan berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan (emoticon menangis)," ungkap I**t.

"Panglima yang sangat religius, salam hormat pahlawanku," komentar Ar** Purb**gkoro. Itulah tadi foto jadul Jenderal Soedirman saat salat Idul Adha pada tahun 1946, bagaimana pendapat kalian?

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak