Internet

Upaya Memaksimalkan Website untuk Membantu Masyarakat

Wargabantuwarga dan urundayacovid menjadi contoh pemanfaatan website untuk membantu masyarakat lebih luas lagi.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Work From Home. (Niagahoster)
Ilustrasi Work From Home. (Niagahoster)

Hitekno.com - Pemanfaatan website saat ini sudah makin meningkat karena bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Namun ketahui juga kalau website juga bermanfaat untuk membantu masyarakat yang lebih luas.

Sebagai diketahui, website memberikan manfaat dan kesempatan bagi individu maupun bisnis untuk berkembang lebih luas.

Dilansir dari blog Niagahoster, salah satu manfaat website yang bisa dimaksimalkan adalah memberikan solusi bagi permasalahan yang ada saat ini. Informasi lengkap yang relevan pun amat dibutuhkan agar pengunjung website merasa terbantu.

Dengan manfaatnya yang luas, website pun tidak hanya dapat digunakan untuk bisnis atau digital presence secara pribadi, melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Faiz Ghifari, CEO dan Founder Belajar Lagi, bersama rekan-rekannya saat awal pandemi Covid-19.

Faiz, dalam event Break Talk Niagahoster 32.0 beberapa waktu lalu, menceritakan bagaimana website-website buatannya seperti wargabantuwarga.com dan urundayacovid.com membantu masyarakat dalam menghadapi masa awal pandemi yang amat berat bagi masyarakat Indonesia.

Banyak Masyarakat Merasa Terbantu

Website wargabantuwarga dan urundayacovid yang dikelola oleh Faiz banyak membantu masyarakat Indonesia dalam memberikan informasi ketersediaan oksigen, rumah sakit, ambulans, serta mempermudah masyarakat yang ingin berkontribusi lewat donasi dan sebagainya.

"Karena ada hotline yang dihandle oleh ratusan hingga 1.000 relawan juga, kami jadi bisa secara real-time mengetahui kebutuhan warga. Lewat website tersebut kami berusaha untuk memaksimalkan inisiatif yang baik dibandingkan menyebar berita negatif selama masa sulit," katanya.

Selain wargabantuwarga dan urundayacovid, Faiz juga pernah mengembangkan website butuhdriver yang memfasilitasi pengendara ojek online yang terkena imbas di masa awal pandemi. Platform butuhdriver mengajak masyarakat untuk saling membantu menghubungkan antara penumpang dan pengendara.

Ia melanjutkan, pandemi Covid-19 memberikan banyak pelajaran bagi masyarakat. Tidak hanya dari segi bagaimana kita harus menghadapi situasi sulit, namun juga memberi pelajaran agar kita lebih mempercayai informasi yang akurat berdasarkan data dan sains.

"Pelajaran yang bisa diambil dari masa awal pandemi adalah tidak hanya virus ini yang bisa menular, tapi solidaritas dan aksi tolong-menolong juga bisa menular kemudian tumbuh dan berkembang lewat platform yang tepat dan tertata serta terkelola dengan baik," lanjut Faiz.

Pentingnya Menyajikan Informasi Lengkap pada Website

Ayunda Zikrina, Head of Brand Communication Team Niagahoster, menjelaskan bahwa website bisa memfasilitasi berbagai kebutuhan di era serba online saat ini.

"Ketika kita mencari sesuatu lewat kata kunci di Google, website yang terkait akan muncul dan memberikan informasi yang dibutuhkan," ujarnya.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menyajikan informasi lengkap yang relevan pada website. Hal tersebut juga dilakukan oleh Faiz pada website-websitenya agar bisa membantu semua orang yang membutuhkan.

Karena website yang dibangun oleh Faiz adalah website yang berbasis sosial, maka ia tidak hanya menyajikan informasi lengkap pada website, namun ia juga menyebarkan informasi secara luas agar bisa menggerakkan banyak orang. Ia pun membangun website open source yang cukup kompleks dengan informasi lengkap, kemudian menyebarkannya di media sosial.

Membuat website untuk berbagai kebutuhan tidaklah sulit, karena saat ini sudah semakin banyak penyedia jasa pembuatan website, seperti Niagaweb.

Membuat website sendiri dengan mudah juga bisa dilakukan menggunakan Simple WordPress Niagahoster, dan memanfaatkan banyak promo yang tersedia. Salah satunya PayDay Promo up to 70% dari Niagahoster yang berlaku pada 24 Juni - 5 Juli 2022.

Promo membuat website dari Niagahoster. (Niagahoster)
Promo membuat website dari Niagahoster. (Niagahoster)

 

Berita Terkait