Masih Berpeluang, Ini Alasan untuk Terjun ke Dunia Blog di Tahun 2022

Blog yang ditulis dengan baik dan memberikan informasi yang dibutuhkan pun akan berkesempatan untuk meraih banyak pengunjung dan mendapat keuntungan dari trafik tersebut.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 24 Juni 2022 | 19:04 WIB
Ilustrasi blogger. (Niagahoster).

Ilustrasi blogger. (Niagahoster).

Hitekno.com - Berminat untuk terjun membuat blog namun ragu apakah masih potensial? Tenang, tidak ada kata terlambat untuk memulai. Termasuk untuk masuk ke dunia blog di tahun 2022 ini.

Saat ini semakin banyak cara untuk mendapatkan penghasilan melalui internet. Dalam kesempatan event BlogVerse Niagahoster beberapa waktu lalu, Eni Martini, Ketua Komunitas Connecting Mama, mengatakan bahwa blogging bisa menjadi lahan menghasilkan uang yang bisa dilakukan oleh siapa pun tanpa keluar dari rumah.

Di masa awal kemunculannya, blog lebih banyak digunakan sebagai jurnal atau buku harian online yang menampilkan tulisan-tulisan pribadi. Saat ini, blogging sudah berkembang jauh dari hanya sekadar sebuah catatan. Melainkan juga sebagai sumber informasi dan tempat promosi brand.

Baca Juga: Notes, Fitur Baru Twitter yang Mirip Blog

Meski saat ini media sosial lebih menarik perhatian dengan konten-konten yang disajikan, namun bukan berarti blog sudah tidak banyak digemari. Dilansir dari Forbes, blog tidaklah hilang atau mati. Sebaliknya, blog masih dibutuhkan untuk berbagai kegiatan. Dari mulai membangun online presence, hingga kebutuhan digital marketing.

Berdasarkan Digital Report April 2022 dari We Are Social dan Hootsuite, 60,2% pengguna internet menggunakan waktunya menjelajah internet untuk mencari informasi.

Blog yang ditulis dengan baik dan memberikan informasi yang dibutuhkan pun akan berkesempatan untuk meraih banyak pengunjung dan mendapat keuntungan dari trafik tersebut.

Baca Juga: 4 Cara Mendapatkan Uang dari Blog, Penghasilan Tambahan Bahkan Pendatan Utama

Menulis Blog Sangat Menyenangkan dan Menguntungkan

Ilustrasi blogger. (Niagahoster).
Ilustrasi blogger. (Niagahoster).

Dengan berbagai hal yang bisa dilakukan menggunakan blog, blogging menjadi tempat yang menyenangkan dan menguntungkan bagi para pelakunya. Dalam kesempatan yang sama, Eni menceritakan tentang kisahnya beralih dari penulis novel romance menjadi seorang blogger profesional.

"Era digital sangat membantu bidang kepenulisan untuk semakin maju dibanding saat belum banyak tersentuh digitalisasi. Blog menjadi tempat yang tepat untuk melanjutkan profesi dan kebiasaan menulis dan terbukti memang saat ini banyak yang lebih suka membaca sesuatu lewat internet dibandingkan buku secara fisik," ujarnya.

Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Blog dengan Blogspot, Mudah dan Praktis

Blogger lain, Lucia Priandarini, dalam event BlogVerse Niagahoster terpisah, juga mengatakan bahwa menulis blog adalah hal yang paling menyenangkan dan banyak membantunya, bahkan ketika melamar pekerjaan.

"Ketika saya melamar pekerjaan dan dipanggil untuk wawancara, HRD kantor itu sedang membaca blog saya padahal saya tidak pernah mencantumkan nama blog saya di CV. Tapi blog itu secara tidak langsung sudah memperkenalkan diri saya ke HRD tersebut atau bisa dikatakan sebagai online presence saya," kisahnya.

Memulai Blogging di Tahun 2022

Baca Juga: Bagaimana Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Blog?

Memulai blogging adalah hal yang mudah karena banyak platform blog yang menyediakan layanan secara gratis seperti Blogspot dan WordPress. Kedua platform tersebut cukup disarankan karena mudah dikustomisasi dan memiliki banyak pilihan tema yang mudah dieksplorasi.

"WordPress menyediakan banyak tutorial, plugin keamanan, dan pilihan meningkatkan performa dengan SEO," ujar Akrilvha Deainert, Product Manager Niagahoster.

Kalaupun nantinya perlu membeli hosting dan domain untuk menjadi blogger yang lebih profesional, layanan Simple WordPress Niagahoster bisa menjadi pilihan.

Blogger juga harus menentukan ingin membuat blog yang seperti apa, apa tema atau nichenya sehingga lebih fokus. Dari situ, terbuka kesempatan bagi blogger untuk mempromosikan suatu brand yang sesuai dengan niche blog, ataupun mengikuti program afiliasi dari brand yang berkaitan.

Bergabung dengan komunitas juga akan membantu blogger menjalin relasi dan menggali pengetahuan dari yang lebih berpengalaman. Niagahoster sangat mendukung komunitas blogger dan memfasilitasi berbagai kebutuhan mereka. Salah satunya dengan adanya grup Telegram dan event rutin BlogVerse bagi para blogger Indonesia.

Berita Terkait
TERKINI

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB

Pasar generatif AI dan cloud di Indonesia diprediksi terus tumbuh....

internet | 14:44 WIB

Studi global terbaru dari Dell Technologiesmengungkap pentingnya inovasi bagi perusahaan....

internet | 15:57 WIB

Sepeda motor dengan Karburator masih diburu, terutama untuk modifikasi....

internet | 22:01 WIB

Gojek meluncurkan jaket dengan desain baru bagi mitra driver tepat di Hari Pahlawan, 10 November 2023....

internet | 22:43 WIB
Tampilkan lebih banyak