4 Tips Menghindari Penipuan Online, Jangan Sampai Jadi Korban

Penipuanonline dengan social engineeringini seringkali terjadi karena kurangnya kewaspadaan maupun kehati-hatian terhadap keamanan data pribadi elektronik.

Agung Pratnyawan
Rabu, 22 Juni 2022 | 17:09 WIB
Ilustrasi keamanan internet. (Pixabay)

Ilustrasi keamanan internet. (Pixabay)

Hitekno.com - Jangan sampai menjadi korban penipuan online, Xendit memberikan tips untuk menghindarinya. Berikut ini dirangkum Tim HiTekno.com dari rilis resmi Tips Hindari Penipuan Online yang dibagikan Xendit.

Berkat kemajuan teknologi yang pesat selama satu dekade terakhir, kini hampir semua hal dapat dilakukan secara online, mulai dari transaksi perbankan, transfer dana, hingga belanja secara daring.

Namun, di sisi lain, perkembangan teknologi finansial juga mengakibatkan munculnya modus modus baru untuk melakukan kejahatan online, seperti meningkatnya tren pencurian identitas dan serangan dunia maya, seperti penipuan rekayasa sosial.

Baca Juga: Jadi Korban Penipuan Gegara Challenge di Instagram, Modusnya Seperti Ini

Menurut Cyber Security Index 2020, indeks kejahatan siber di Indonesia termasuk tinggi, yaitu 0,62 - lebih tinggi dari rata-rata global yang berkisar 0,54. Indonesia menempati ranking ke-59 dari 85 negara dalam hal risiko kejahatan siber.

Selain itu, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat angka serangan siber tahun 2020 mencapai 495,3 juta atau meningkat 41 persen dari tahun sebelumnya 2019 yang sebesar 290,3 juta. Modus penipuan yang paling banyak terjadi adalah dengan teknik social engineering.

Social engineering atau rekayasa sosial adalah teknik manipulasi yang mengeksploitasi kesalahan manusia atau menipu korban guna mendapatkan informasi pribadi, akses, atau barang berharga.

Baca Juga: Ini Ciri-ciri Orang yang Rentan Jadi Korban Penipuan Online

Dalam kejahatan siber sendiri, social engineering cenderung menargetkan pengguna yang kurang hati-hati dalam mengamankan data.

Modus penipuan online ini bisa terjadi dalam berbagai bentuk, seperti pembajakan email dan phishing (berpura-pura menjadi otoritas tertentu). 

Penipu biasanya berkedok menjadi lembaga atau individu terpercaya untuk menipu korban agar mengekspos data pribadi dan akses berharga lainnya.

Baca Juga: Curhatan Korban Penipuan HP Blackmarket, Tergiur iPhone Murah Uang Melayang

Contohnya, email atau SMS yang membujuk pengguna untuk mengklik sebuah tautan, yang mengandung malware dan menjadikan pelaku lebih mudah mengambil alih akun si korban atau mengakses informasi pentingnya.

Penipuan online dengan social engineering ini seringkali terjadi karena kurangnya kewaspadaan maupun kehati-hatian terhadap keamanan data pribadi elektronik.

Xendit, sebagai perusahaan payment gateway terdepan di Indonesia, berupaya memainkan peran untuk menciptakan ekosistem pembayaran digital yang lebih aman bagi semua pihak.

Baca Juga: Driver Ojol Ini Jadi Korban Penipuan Customer, HP Kredit dan Uang Raib

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan kewaspadaan dan mendorong masyarakat Indonesia agar lebih berhati-hati dalam menghadapi percobaan penipuan dari oknum tertentu. Xendit juga akan meluncurkan lebih banyak inisiatif dalam Kampanye Edukatif Pencegahan Penipuan, sehingga diharapkan dapat mengurangi risiko penipuan di Indonesia," kata Jonathan Chong, Head of Financial Operations and Risk, Xendit.

Berikut ini 4 tips Xendit yang bisa dilakukan untuk menghindari penipuan social engineering:

1. Teliti sebelum mengklik tautan 

Biasanya, penipu akan berupaya memancing rasa penasaran atau mendorong urgensi dari korban, sehingga korban belum punya kesempatan untuk meneliti tautan yang ‘menjebak’ tersebut.

Pastikan Anda hanya mengklik tautan dari sumber resmi, nomor resmi, dan email resmi. Apabila Anda ragu, silahkan bertanya kepada penyedia jasa untuk memastikan tawaran tersebut sebelum mengambil tindakan apapun.

2. Simpan informasi Anda dengan aman 

Jangan pernah memberikan informasi rahasia Anda, termasuk detail akun, ID Pengguna, kata sandi, PIN, atau OTP kepada siapa pun. Ingatlah bahwa bank atau perusahaan fintech tidak akan meminta informasi rahasia Anda (PIN, kata sandi, kode OTP).

Verifikasi kredibilitas pihak yang menghubungi Anda. Misalnya, jika Anda menerima SMS dari bank mengenai pemenang kompetisi, coba hubungi Call Center resmi atau akun media sosial resmi bank untuk memverifikasi ulang.

3. Bayar dengan Metode yang Aman

Pastikan Anda melakukan transaksi online hanya di website yang menggunakan protokol https. Anda dapat mencari tanda yang menunjukkan bahwa situs tersebut aman, misalnya, ikon gembok di kolom situs website.

Bagi para pembeli yang ingin melakukan pembayaran via transfer bank, wajib melakukan pengecekan ulang nama Rekening, apakah sah dan sesuai dengan nama perusahaan yang dituju. Jika ragu, coba verifikasi nomor rekening tersebut ke Cekrekening.id, situs database yang mengkompilasi laporan penipuan terkait nomor rekening tertentu.

4. Waspadalah terhadap nomor tak dikenal yang menghubungi Anda

Perhatikan kesalahan ejaan atau format, yang dapat mengindikasikan pesan penipuan. Jangan pernah membalas email atau SMS yang tidak diminta. Penipu dapat menggunakan cara ini untuk mendapatkan informasi atau mengelabui korban agar melakukan tindakan.

Anda cukup mengabaikan pesan tersebut dan jika masih merasa takut, Anda bisa memblokir dan melaporkan pesan tersebut. Aplikasi pihak ketiga (seperti Whatsapp & Instagram) biasanya akan menggunakan laporan- laporan ini sebagai bahan untuk menonaktifkan akun tertentu.

Xendit sebagai gateway pembayaran, menjembatani pembayaran antara bisnis dan pembeli. Keamanan transaksi dan data menjadi prioritas utama Xendit.

"Xendit sebagai perusahaan payment gateway terdepan di industri, yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia, berkomitmen untuk menciptakan ekosistem pembayaran yang aman dan transparan. Melalui tips ini kami berharap dapat membantu meningkatkan literasi keuangan digital dalam rangka memerangi penipuan siber agar tidak ada lagi korban yang dirugikan oleh oknum tidak bertanggung jawab," ujar Tessa Wijaya, Chief Operating Officer dan Co-Founder Xendit.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak