Internet

Lihat Foto Lawas Wanita Tahun 1950-an, Netizen: Cantiknya Alami

"Heran, orang dulu kok jarang ada yang jerawatan ya," pendapat netizen.

Rezza Dwi Rachmanta

Foto jadul wanita tahun 1950-an. (UWM Libraries)
Foto jadul wanita tahun 1950-an. (UWM Libraries)

Hitekno.com - Meski minim makeup, wanita tempo dulu mempunyai kecantikan tersendiri. Sebuah foto lawas wanita di tahun 1950-an berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Instagram @tukangpulas_asli membagikan postingan mengenai potret perempuan Indonesia pada tahun 1950-an. Netizen auto salfok dengan paras yang dimiliki oleh ibu muda tersebut.

Akun itu sebenarnya membagikan ulang sebuah arsip yang tersimpan di University of Wisconsin–Milwaukee Libraries atau dikenal sebagai UWM Libraries.

Foto yang dibagikan merupakan arsip foto jurnalis Amerika Serikat bernama Harrison Forman. Jurnalis itu terkenal dengan puluhan ribu fotonya saat berkeliling Asia sekaligus saat dirinya melakukan reportase selama Perang Dunia 2 dan beberapa saat setelahnya.

Akun @tukangpulas_asli cukup rajin membagikan foto jadul di mana mereka juga ikut mewarnai gambar sehingga nampak lebih hidup.

Potret perempuan Indonesia 1950-an ini menarik perhatian netizen. (UWM Libraries)
Foto jadul wanita Indonesia 1950-an ini menarik perhatian netizen. (UWM Libraries)

Dalam keterangan di UWM Libraries, terungkap bahwa itu adalah seorang wanita yang menggendong anaknya di Bali, Indonesia pada tahun 1950-an.

Forman juga mencatat bahwa anak yang digendong oleh ibu muda ini tertarik dengan flashbulb atau lampu kilat dari kamera. Itulah sebabnya si anak memainkan lampu tersebut dalam genggaman tangan.

Postingan yang dibagikan oleh @tukangpulas_asli menarik perhatian netizen setelah mendapatkan lebih dari 3.100 Like dan puluhan komentar.

Sebagian besar justru memuji paras wanita muda yang dianggap sangat manis dan cantik. Meski mengernyitkan dahi dan tak tersenyum lebar, namun paras wanita yang ada di foto jadul 1950-an ini dinilai memesona. Foto jadul tersebut mendapatkan beragam komentar dari netizen.

Potret perempuan Indonesia 1950-an ini menarik perhatian netizen. (UWM Libraries)
Potret perempuan Indonesia 1950-an ini menarik perhatian netizen. (UWM Libraries)

"Tanpa filter, tanpa merkuri, tanpa operasi plastik. Asli manis!" komentar @cal**eb**ce.

"Cantik murni 24 karat," balas @os**ha_la**dry.

"Kalau zaman sekarang sudah jadi miss universe itu, cantiknya alami," pendapat @ze**zid**e.

"Heran, orang dulu kok jarang ada yang jerawatan ya," tulis @sh**ha**28.

"Anaknya sekarang udah umur 70-an berarti ya, semoga aja bisa lihat foto ini, pasti bahagia banget lihatnya," kata @a**en**chigo. Itulah tadi foto jadul perempuan Indonesia 1950-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

Berita Terkait