Internet

Cara Cek Tarif Tol Lewat Google Maps, Sudah Bisa di Indonesia

Beberapa pengembangan telah dimasukkan ke Google Maps, termasuk tarif tol.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/ Jake Davies)
Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/ Jake Davies)

Hitekno.com - Google telah meluncurkan update baru untuk layanan peta digital mereka. Yakni Google Maps yang kini bisa menampilkan tarif  tol di Indonesia. Bagaimana cara cek tarif tol lewat Google Maps dengan mudah. Ikuti tutorial Google Maps berikut ini.

Fitur baru Google Maps ini diluncurkan April 2022 silam dalam aplikasinya, yang kini bisa memberikan informasi khusus bagi para pengguna yang ingin mengetahui tarif jalan tol yang akan mereka lewati melalui fitur perhitungan tarif tol di Google Maps.

Menyandur dari Techcrunch.com, fitur baru ini sengaja dibuat agar dapat membantu para pengguna jalan memutuskan menggunakan jalan tol atau jalan biasa demi memperlancar perjalanan.

Bukan hanya itu, beberapa pengembangan juga dilakukan demi implementasi fitur ini dapat berjalan dengan lancar, seperti pada sistem operasi iOs yang dapat menyambungkan jalur yang dipilih dengan iWatch. Pengguna juga dapat melihat perkiraan harga tol ke tujuan mereka sebelum mereka mulai perjalanan.

Harga tol yang tertera di ponsel akan selalu diperbaharui oleh otoritas tol setempat. Untuk menghitung perkiraan harga tol suatu perjalanan, Google Maps juga akan menampilkan hal-hal lain seperti biaya penggunaan kartu tol atau metode pembayaran lainnya sesuai dengan waktu dan berapa perkiraan biaya tol pada waktu tertentu saat pengguna akan melintasinya.

Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/henry perks)
Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/henry perks)

Lalu, bagaimana cara cek tarif tol lewat Google Maps?

Caranya sebenarnya kurang lebih sama dengan penggunaan maps pada umumnya.

  • Buka aplikasi Google Maps
  • Tentukan dan tulis alamat awal perjalanan kita dan alamat tujuan perjalanan. Pastikan bahwa ikon mobil sudah ditekan.
  • Di bagian tab bawah, biasanya Google Maps akan menampilkan beberapa pilihan jalur atau jalan yang dapat kita tempuh, termasuk jalan tol.
  • Google Maps juga akan menampilkan estimasi waktu, jarak, serta biaya tol jika jalan yang kita pilih adalah jalan tol.
  • Jika tarif tol belum bisa muncul, cobalah utnuk memperbaharui aplikasi Google Maps atau mengatur fitur "lihat tarif kartu tol" yang dapat dibuka dalam Setelan Navigasi atau Settings.
  • Tarif tol pun akan segera muncul sesuai rute yang telah dipilih.

Bukan hanya menampilkan tarif tol, kita juga bisa menentukan jalan jika kita ingin menghindari jalan tol dengan menggunakan fitur

Preferensi Lain dan menekan fitur Hindari Jalan Tol.  Secara otomatis, berbagai pilihan jalan tol akan terhapus dan Google Maps akan hanya menyediakan rute jalan biasa.

Sedangkan, jika kita ingin mengetahui beberapa peraturan di jalanan seperti peraturan plat genap-ganjil, kita dapat menggunakan fitur "Opsi Mengemudi" dan memasukkan nomor plat kita agar dapat terhindar dari pelanggaran peraturan plat ganjil-genap di berbagai ruas jalan. 

Mudah bukan? Segera coba fitur terbaru dari Google Maps ini agar perjalanan kita bisa lancar dan menyenangkan tanpa khawatir memilih rute yang salah.

Itulah cara cek tarif tol lewat Google Maps dengan mudah. Selamat mencoba tutorial Google Maps di atas. (Suara.com/ Dea Nabila)

Berita Terkait