Internet

Peringatan Bill Gates: NFT Berdiri di atas The Greater Fool Theory

Apa itu the greater fool theory? Kenapa Bill Gates mengkaitkan dengan NFT?

Agung Pratnyawan

Bill Gates. (Twitter/@BillGates)
Bill Gates. (Twitter/@BillGates)

Hitekno.com - Bill Gates jutawan teknologi ini memberikan peringatan untuk mewaspadai NFT atau non fungible token. Menurutnya, NFT dikembangkan menggunakan the greater fool theory.

Diwartakan The Verge, Rabu (15/6/2022), jutawan di balik pendirian Microsoft tersebut menyoroti NFT yang sekarang sedang populer ini.

Namun apa sebenarnya the greater fool theory yang menurut Bill Gates sebagai pondasi NFT, dan apa bahaya yang harus diwaspadai?

The greater fool theory dalam ekonomi dikenal sebagai konsep tentang aset yang dihargai jauh di atas nilai wajarnya. Menurut teori itu, seorang investor akan membeli aset itu karena percaya nanti akan ada orang yang benar-benar bodoh yang membeli aset tersebut.

Bill Gates, dalam sebuah acara yang digelar oleh TechCrunch, mengatakan bahwa ia akan berinvestasi pada aset-aset yang jelas hasilnya seperti pertanian, pabrik, atau perusahaan yang menghasilkan produk bukan pada aset kripto atau NFT.

Bill Gates. (Instagram/@thisisbillgates)
Bill Gates. (Instagram/@thisisbillgates)

"Saya tidak terlibat dengan (aset kripto atau NFT). Saya tidak tertarik dengan aset semacam itu," tegas Bill Gates, sembari menambahkan ia mencurigai aset-aset kripto dan NFT dirancang untuk menghindari pajak serta regulasi pemerintah.

"Memang, foto-foto monyet yang dijual dengan harga selangit akan membuat dunia lebih maju," sindir Bill Gates, mengacu pada Bored Ape Yacht Club, salah satu koleksi NFT paling mahal di dunia.

Ini bukan pertama kali Gates mengkritik aset kripto. Pada Februari 2021, dalam sebuah wawancara, ia mengaku khawatir melihat para investor berburu mata uang kripto seperti Bitcoin.

Ia mengatakan harga aset-aset itu sangat tidak stabil dan bisa dengan mudah dipengaruhi oleh komentar miring di dunia maya, termasuk oleh cuitan Elon Musk, bos produsen mobil listrik Tesla dan perusahaan antariksa SpaceX.

Elon Musk sendiri adalah salah satu pengusaha yang berinvestasi di aset kripto.

Elon Musk. (YouTube/ The Boring Company)
Elon Musk. (YouTube/ The Boring Company)

"Menurut saya secara umum, jika kalian tak memiliki uang sebanyak Elon, sebaiknya hati-hati," kata dia ketika itu.

Peringatan Gates sepertinya jitu. Saat ia mengeluarkan peringatan di 2021 lalu, harga Bitcoin sekitar 63.000 dolar AS dan naik ke 64.000 dolar AS di November.

Kini harga Bitcoin sekitar 20.000 dolar AS. Sementara harga NFT juga sudah turun hampir separuh dari harga pada tahun lalu, termasuk NFT Bored Ape Yacht Club.

Itulah peringatan Bill Gates yang meminta untuk mewaspadai NFT karena dianggapnya berlandaskan The Greater Fool Theory. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait