Internet

Dorong Industri 4.0, Telkomsel Siapkan Layanan IoT Smart Manufacturing

oT Smart Manufacturing dari Telkomsel diperkenalkan sebagai one stop solution untuk end-to-end supply chain bagi penggunanya.

Agung Pratnyawan

Telkomsel - NB-IoT. (Telkomsel)
Telkomsel - NB-IoT. (Telkomsel)

Hitekno.com - Telkomsel sebagai perusahaan operator telekomunikasi memberikan dukungan untuk mengakses transformasi lintas sektor industri. Yakni dengan menghadirkan layanan IoT Smart Manufacturing sebagai bagian dari Indonesia menuju Industri 4.0.

IoT Smart Manufacturing dari Telkomsel diperkenalkan sebagai one stop solution untuk end-to-end supply chain bagi penggunanya. Inovasi baru ini menjadi bukti bahwa sektor industri harus terus berubah dan mengedepankan kepuasan pelanggan yang terus berubah seiring dengan perkembangan zaman.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam menyebut bahwa IoT Smart Manufacturing memiliki pengaruh penting dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Di masa mendatang, dirinya sangat yakin jika teknologi ini akan semakin berkembang dan menjadi hal penting.

"Selama beberapa tahun ini, Telkomsel melakukan investasi untuk mengembangkan IoT Smart Manufacturing untuk membantu berkembangnya berbagai perusahaan dan bisnis di berbagai aspek" jelas Wong Soon Nam.

Mendukung IoT Smart Manufacturing dari Telkomsel ini, Alfian Manullang selaku VP Internet of Things Telkomsel menghadirkan NB-IoT yang merupakan teknologi telekomunikasi Low Power Wide Area Network (LPWAN) yang menjadi bagian dari roadmap teknologi 5G yang mampu menghadirkan komunikasi antar mesin yang masif dengan cakupan jaringan luas.

Program NB-IoT yang menjadi bagian dari IoT Smart Manufacturing ini masuk dalam Telkomsel IoT Smart Connectivity bersama dengan IoT Managed Service Connectivity, IoT Managed SD-WAN, IoT Managed CCTV hingga IoT Sphere.

Selain program di atas, IoT Smart Manufacturing juga mencakup IoT Fleet Management dan IoT Industrial sebagai program akselerasi digital transformation dan excelling business.

Alfian Manullang menjelaskan bahhwa kunci utama dari pengembangan IoT Smart Manufacturing dari Telkomsel ini adalah menghadirkan Smart Manufacture untuk menjadi solusi digital yang terhubung dengan roadmap customer untuk menghadirkan Indonesia 4.0 pada era industri dan bisnis.

Menyambut baik inovasi baru ini, Dr. Ir. Heru Kustanto, M.Si selaku Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri menyebut jika Telkomsel IoT Smart Manufacturing sangat sejalan dengan program pemerintah di era Industri 4.0.

Dirinya mewakili Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada Telkomsel sebagai salah satu local solution provider komprehensif dan terbaik di sektor manufaktur sebagai partner industri dalam bertransformasi menuju Industri 4.0 di Indonesia.

Berita Terkait