Gadget

MediaTek Ungkap Apa Saja Kelebihan dari Internet of Things

Selama beberapa tahun terakhir, Internet of Things telah sering dibahas.

Agung Pratnyawan

Logo MediaTek. (MediaTek)
Logo MediaTek. (MediaTek)

Hitekno.com - Internet of Things (IoT) menjadi istilah yang banyak digunakan, namun cenderung membingungkan. Apa itu Internet of Things yang sebenarnya, dan apa keunggulannya? Berikut MediaTek membagikan apa saja terkait IoT ini.

Menurut Alan Hsu, Corporate Vice President & General Manager, Intelligent Connectivity di MediaTek, penggunaan istilah IoT (Internet of Things) secara luas cenderung membingungkan orang dan memadukan teknologi dan konsep yang sangat berbeda dalam "satu ukuran", seperti Industri 4.0, pertanian pintar (smart agriculture), kota pintar (smart city), mobil yang terkoneksi (connected cars), dan baru-baru ini Metaverse.

Selama beberapa tahun terakhir, Internet of Things telah sering dibahas di surat kabar, situs web, video online, dan banyak acara lainnya; di mana semua orang berbicara tentang popularitas IoT, tapi apa sebetulnya itu?

Dalam praktiknya, IoT ialah kemampuan untuk menambahkan konektivitas internet ke barang apa pun, tapi dalam beberapa kasus tidak begitu jelas apa manfaatnya bagi pengguna.

Dan, karena kemungkinan besar itulah, istilah IoT mulai hilang karena kurang spesifik. Para ahli mengatakan, bahwa pada 2025, 25 miliar "benda" akan terhubung ke sistem pintar di seluruh dunia.

Lebih dari itu: "benda-benda" tersebut diharapkan menghasilkan data yang setara dengan 50 triliun Gigabita dan menghasilkan sekitar 19 triliun dolar AS dalam ekonomi global dalam dekade ke depan.

Angka-angka tersebut begitu mengesankan dan menarik perhatian perusahaan yang ingin mendapatkan posisi mereka di pasar. Ada "samudera" kemungkinan dan peluang, serta ada momentum penemuan yang berkelanjutan untuk menemukan peluang apa yang ada dan produk akhir apa yang ingin dikoneksikan.

Di MediaTek, dikembangkan konsep ini lebih nyata dengan mengubah Internet of Things menjadi sesuatu yang dapat diraih dan diperlukan.

IoT begitu beragam, seperti halnya industri yang dilayaninya, itulah sebabnya mengapa lebih produktif untuk membicarakan topik, seperti Industri 4.0, pertanian pintar (smart agriculture), kota pintar (smart city), mobil yang terhubung (connected car), teknologi yang dikenakan (wearable technology), produk kesehatan dan kebugaran (health and wellness product), rumah yang terhubung (connected homes), peralatan rumah yang terkoneksi (connected home appliances), dan lain-lain, karena masing-masing dari sektor tersebut terdapat peluang dan solusi yang berbeda.

Untuk masing-masing sektor tersebut, MediaTek telah mengidentifikasi peluang yang berbeda, kasus penggunaan bervariasi, teknologi SoC, jenis konektivitas, dan arsitektur sistem. Belum lagi, topik-topik yang melintas IoT, seperti keamanan informasi dan privasi, yang akan dibahas dalam kesempatan berbeda.

Dari segi teknis, MediaTek memiliki teknologi LPWAN (Low Power Wide Area Network) yang akan memainkan peran sangat penting untuk kota pintar.

Teknologi ini kompatibel dengan aplikasi seperti energi jarak jauh (remote energy), pengukuran gas dan air, serta pencahayaan cerdas (smart lighting). Selain itu, teknologi ini juga dapat menghasilkan penghematan untuk penyedia layanan dan kota serta menawarkan kemampuan pemantauan energi pada tingkat yang tidak mungkin dilakukan saat ini.

Teknologi Wi-Fi baru (6, 6E, and 7) lebih aplikatif untuk penerapan dalam ruangan, seperti HMI, pembayaran cerdas (smart payment), smart signage, gateway dan router, bersama dengan arsitektur yang aman, sektor itu memiliki kekuatan untuk mengubah Industri 4.0 dan Metaverse.

Di lingkungan perumahan, penggunaan Wi-Fi juga akan mendominasi rumah yang terhubung dengan aplikasi berpusat pada manusia, seperti smart appliances, entertainment, smart fitness, dan home security menjadi fokus utama.

Sektor ini juga mendapatkan manfaat dari teknologi artificial intelligence, yang memungkinkan terciptanya solusi yang jauh lebih intuitif dan lebih efektif daripada perangkat yang saat ini digunakan.

Dengan cakupan nasional, seluler dan 5G akan berperan penting dalam komunikasi antar kendaraan, menjanjikan peningkatan keselamatan dan waktu perjalanan di kota-kota besar.

Melihat IoT dengan cara tersebut, MediaTek menyadari bahwa—tak ada nama tunggal—satu ukuran tak tepat untuk semua hal. Memiliki komputasi kinerja tinggi, efisiensi daya, konektivitas, dan keahlian AI, semuanya penting dan berperan berbeda dalam menghadirkan konektivitas dan kecerdasan ke berbagai barang-barang yang berbeda di dunia sekitar kita

Berita Terkait