Internet

Jangan Sampai Salah, Ini Ukuran Video TikTok

Konten kreator harus tahu berapa ukuran video TikTok.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi TikTok. (Pixabay)
Ilustrasi TikTok. (Pixabay)

Hitekno.com - Buat kamu para konten kreator, terutama yang berkarya di TikTok jangan sampai salah dalam ukuran video. Ketahui berapa ukuran video TikTok untuk hasil konten yang maksimal dan tidak terpotong. Ikuti tutorial TikTok berikut ini.

Sebagai diketahui, ukuran video TikTok dan platform lainnya berbeda-beda. Karenanya harus disesuaikan masing-masing platform agar lebih optimal.

TikTok menjadi salah satu media populer dan mulai banyak diminati oleh kalangan milenial yang menyajikan video pendek namun penuh dengan konten hiburan.

Apabila kamu adalah salah satu kreator yang juga fokus membangun akun di TikTok ada beberapa syarat mutlak yang wajib kamu pahami sebelum lebih serius ke ranah yang profesional.

Jangan sampai video yang sudah kamu persiapkan dengan baik, ketika kamu unggah jadi tidak dapat tampil dengan maksimal, hal ini tentu dapat membuatmu menjadi kecewa.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah panjang videonya atau durasi video. Pada awalnya, video TikTok hanya bisa berdurasi beragam. Dan paling pendek 15 detik.

Tetapi TikTok baru-baru ini memperpanjang batasnya bisa menjadi 60 detik ketika kamu merangkai 4 segmen 15 detik bersama-sama.

Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)

Namun, ini hanya berlaku untuk video yang direkam secara native di aplikasi tiktok secara langsung, namun jika kamu mengupload video yang dibuat di tempat lain, durasinya bisa lebih dari 60 detik.

Selain itu ada beberapa hal penting yang wajib kamu pahami agar ketika ingin lebih fokus menjadikan tiktok sebagai sosial media utamamu.

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi lain yang perlu dipertimbangkan:

  • Ukuran file: Video harus berukuran hingga 287,6 MB untuk iOS, atau 72 MB untuk Android, usahakan jangan lebih besar dari itu. jika hasil video mu terlalu besar sebaiknya dikompres.
  • Khusus untuk video iklan bisa sampai 500 MB.
  • Orientasi: TikTok diformat untuk dilihat di smartphone, jadi tentu hanya video dengan format vertikal yang terbaik, meskipun video dengan tampilan horizontal juga diperbolehkan.
  • Dimensi: Dimensi video TikTok harus 1080x1920.
  • Rasio aspek: Rasio aspek harus seperti layar ponsel cerdas standar, 9:16. 1:1 juga dimungkinkan, tetapi tidak akan memenuhi seluruh layar.
  • Jenis file: TikTok mendukung file format .mp4 dan .mov. sedangkan untuk video iklan, ini juga mendukung file format .avi dan .gif.

Nah itu tadi adalah informasi mengenai ukuran video TikTok yang tepat agar hasil video kontenmu lebih maksimal, selamat mencoba main TikTok ria. Gunakan tutorial TikTok di atas dengan baik.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait