Internet

Polisi Sita Situs Hacker RaidForums

Terungkap pula bahwa RaidForums ini telah menawarkan lebih dari 10 miliar catatan unik dari ratusan basis data curian.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi hacker. (Pixabay/ Gerd Altmann)
Ilustrasi hacker. (Pixabay/ Gerd Altmann)

Hitekno.com - Situs hacker RaidForums dilaporkan telah ditutup oleh pihak berwenang. Tak hanya itu, polisi juga telah menyita domain situs tersebut.

Dilaporkan Suara.com, RaidForums yang selama ini dipakai untuk transaksi data ilegal tersebut telah ditutup dan disita oleh penegak hukum negera setempat.

Ditutupnya situs hacker ini dilakukan dari operasi bernama TOURNIQUET, yang dikoordinasikan oleh Europol dengan melibatkan berbagai lembaga penegak hukum di beberapa negara.

Tak hanya situs, operasi gabungan itu juga menangkap seorang administrator RaidForums beserta asistennya. Dengan itu, maka forum hacker ini sudah di bawah kendali para penegak hukum.

Melansir Bleeping Computer, Rabu (13/4/2022), admin sekaligus pendiri RaidForums ini diketahui bernama Diogo Santos Coelho, alias Omnipotent, yang berasal dari Portugal. Ia telah ditangkap pada 31 Januari lalu di Inggris dan kini tengah menghadapi tuntutan pidana.

Departemen Kehakiman AS (DoJ) mengungkap bahwa Coelho saat ini berusia 21 tahun. Artinya, ia berusia 14 tahun saat meluncurkan RaidForums pada 2015 lalu.

Adapun tiga domain hosting RaidForums yang disita adalah 'raidforums.com', 'Rf.ws', dan 'Raid.Lol'.

Terungkap pula bahwa RaidForums ini telah menawarkan lebih dari 10 miliar catatan unik dari ratusan basis data curian yang mempengaruhi orang-orang di AS.

Europol juga mengungkap jumlah pengguna RaidForums yang memiliki lebih dari 500.000 pengguna. Situs ini dianggap sebagai salah satu forum hacker terbesar di dunia.

"Situs ini berisi informasi untuk jutaan kartu kredit, nomor rekening bank, serta nama pengguna hingga kata sandi untuk mengakses akun online," kata Europol.

Pembongkaran situs RaidForums dan infrastrukturnya ini merupakan hasil rencana satu tahun dari aparat penegak hukum gabungan di AS, Inggris, Swedia, Portugal, dan Rumania.

Tidak jelas berapa lama investigasi berlangsung, tapi kolaborasi antar lembaga itu memungkinkan pihak berwenang untuk mengungkap peran tokoh masing-masing di RaidForums. Disebutkan kalau mereka menjalankan tugas seperti admin, pencuci uang, pencuri dan pengunggah data, hingga pembeli informasi yang dicuri.

Itulah laporan terkini dari penutupan situs hacker RaidForums oleh pihak berwenang. Situs yang selama ini sebagai wadah transaksi data ilegal. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait