Pentingnya Target Pasar yang Tepat Sebelum Memulai Bisnis online

Sebelum memulai bisnis online, amatlah penting untuk menentukan target pasar. Baru setelahnya memberikan informasi dan promosi produk pada target pasar yang tepat tersebut.

Agung Pratnyawan
Kamis, 10 Februari 2022 | 17:32 WIB
Ilustrasi bisnis. (Niagahoster)

Ilustrasi bisnis. (Niagahoster)

Hitekno.com - Ketika pandemi melanda hingga membatasi mobilitas masyarakat, banyak yang bermigrasi ke platform digital. Tak sedikit bisnis online bermunculan, hingga UMKM yang memasuki pasar digital.

Menurut Niagahoster, bisnis online yang melakukan penjualan melalui platform digital juga bisa meningkatkan keuntungan hingga 80%.

Akhir-akhir ini pun banyak bermunculan bisnis-bisnis rumahan dengan produk beragam dan unik yang ditawarkan di media sosial atau marketplace hingga website bisnis mereka sendiri.

Baca Juga: Resmi Hadir ke Indonesia, Tjufoo Siap Dukung UMKM Naik Kelas

Bisnis-bisnis tersebut meraih sukses, bahkan omzet mereka bisa sampai jutaan. Namun tidak sedikit juga bisnis-bisnis baru yang gagal dalam persaingan atau susah laku di pasaran, sehingga membuat mereka takut untuk memulai lagi.

Agar tidak kalah dalam persaingan dan bisa menggebrak pasar, pemilik bisnis dan UMKM harus bisa menentukan target pasar. Target pasar akan menjadi ujung tombak bisnis dan mencegah pebisnis membuang-buang uang, waktu, dan tenaga untuk menjual ke sembarang orang. Selain itu juga mengurangi risiko produknya susah laku.

Awanda Muthia Sari, Affiliate Marketing Specialist Niagahoster, menjelaskan target pasar adalah sekelompok orang yang menjadi target penjualan produk.

Baca Juga: Strategi Tingkatkan Omset Melalui Media Sosial untuk UMKM

"Biasanya mereka memiliki karakteristik yang sama. Baik dari sisi kebiasaan, umur, hobi, kebutuhan, dan yang lainnya," jelasnya.

Awanda Muthia Sari, Affiliate Marketing Specialist Niagahoster. (Niagahoster)
Awanda Muthia Sari, Affiliate Marketing Specialist Niagahoster. (Niagahoster)

Sebelum memulai bisnis online, amatlah penting untuk menentukan target pasar. Baru setelahnya memberikan informasi dan promosi produk pada target pasar yang tepat tersebut.

Menawarkan dan menjual produk ke sembarang orang bukanlah strategi marketing yang baik kecuali produk yang dijual benar-benar dibutuhkan semua orang.

Baca Juga: Bagaimana Program PEN Membantu UMKM Maksimalkan Potensi Pasar Digital

"Tingkat penjualan produk juga tidak akan menjadi lebih tinggi jika menjual ke sembarang orang, karena mereka juga belum tentu berminat dengan produk yang ditawarkan karena tidak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan atau yang mereka sukai," lanjut Awanda.

Dengan mengetahui dan memahami target pasar produk, penjual akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Antara lain penjualan bisa meningkat karena lebih fokus pada target pasar. Dengan fokus ke target pasar, penjual bisa mengetahui produk apa yang disukai pelanggan. Sehingga produk makin mudah terjual.

Mengetahui target pasar produk juga bisa membuat penjual tahu berapa biaya pemasaran yang dibutuhkan dan saluran serta konten promosi yang tepat.

Baca Juga: Strategi Digital Marketing 2022 dari Niagahoster untuk Bisnis dan UMKM

"Misalnya target pasar produk kita adalah wanita usia 19-35 tahun yang suka bermain media sosial Instagram atau Facebook. Jadi kita bisa menggunakan saluran itu untuk mengirimkan iklan produk ke beranda mereka," tuturnya.

Persaingan dengan kompetitor pun bisa diantisipasi dengan mengetahui target pasar. Mengetahui target pasar membantu mengetahui kelemahan dan kelebihan produk kompetitor. Sehingga penjual atau pebisnis bisa membuat produk yang lebih baik.

Mengetahui Target Pasar yang Tepat

Ilustrasi terget pasar bisnis online. (Niagahoster)
Ilustrasi terget pasar bisnis online. (Niagahoster)

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengetahui target pasar yang tepat untuk suatu produk.

"Kita mulai dengan asumsi. Kita pasti sudah mengenal produk milik kita dan siapa yang membutuhkan. Bayangkan kira-kira siapa target pasar yang tepat dari informasi tersebut," ujar Awanda.

Kemudian, cermati persaingan pasar. Cari tahu respon target pasar terhadap produk kita dan produk milik kompetitor dari beberapa faktor. Misalnya, fitur, harga, dan cara pembelian. Kemudian cari celah untuk bisa mengembangkan produk menjadi lebih baik.

"Banyak berkomunikasi dengan pelanggan juga salah satu hal penting. Tanyakan apakah produk kita sudah membantu mereka dan sudah sesuai dengan kebutuhan mereka. Setelah itu tonjolkan fitur unggulan yang dibutuhkan oleh target pasar, sehingga mereka tahu apa benefit yang mereka dapatkan dari produk tersebut," lanjutnya.

Jika masih kesulitan untuk menentukan target pasar sendiri, penjual atau pebisnis bisa memanfaatkan tools analytic seperti Google Trend atau Google Analytic. Apa yang banyak dicari oleh target pasar, kata kunci apa yang paling banyak diminati, dan seperti apa karakteristik target pasar yang banyak mencari produk sejenis.

Pemilik bisnis juga bisa mempelajari lebih dalam untuk menentukan target pasar di Youtube atau Blog Niagahoster yang bisa diakses secara gratis. Atau bisa juga mengikuti event-event dengan topik tentang digital marketing dan bisnis online yang rutin diadakan oleh Niagahoster.

"Selain itu, membuat brand positioning juga penting dalam memulai bisnis. Tentukan identitas brand agar bisa bagus di mata pelanggan. Karena brand yang konsisten bisa menaikkan pendapatan hingga 33%," tutupnya.

Dengan memahami target pasar, penjual atau pebisnis pun tidak lagi bingung bagaimana harus memasarkan produknya dan kepada siapa harus menawarkan produk yang dimiliki.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak