Internet

5 Anime yang Diduga Terinspirasi dari Attack on Titan

Seberapa mirip dengan Attack on Titan?

Agung Pratnyawan

Attack on Titan. (fandom)
Attack on Titan. (fandom)

Hitekno.com - Apakah kamu penasaran apa saja anime yang ceritanya hampir mirip Attack on Titan? berikut adalah daftarnya anime yang terinspirasi dari Attack on Titan.

Seperti diketahui, Attack on Titan menjadi salah satu anime aksi terbaik yang pernah ada. 

Karena popularitasnya tersebut, banyak anime yang punya ide cerita mirip Attack on Titan. Memang tidak bisa dibilang mirip banget, namun ide ceritanya sama.

Jika kamu penasaran dengan lima anime yang terinspirasi dari Attack on Titan, berikut adalah daftarnya dilansir dari CBR.

  1. God Eater
  2. Kabaneri Of The Iron Fortress
  3. Schwarzesmarken
  4. Seraph Of The End
  5. World Trigger

Selain daftar tersebut, Hitekno.com juga telah merangkum sedikit informasi tentang anime-anime yang terinspirasi dari Attack on Titan tersebut.

1. God Eater

Anime God Eater. (Fandom)
Anime God Eater. (Fandom)

God Eater bercerita tentang konspirasi bawah pada masa depan, umat manusia hampir punah karena makhluk yang disebut Aragami. 

Organisasi Fenrir adalah yang mengorganisir makhluk-makhluk ini untuk memusnahkan umat manusia.

Satu-satunya harapan semua orang adalah Lenka Utsugi yang muda, pemberontak, dan pemarah, tapi dia harus menguasai senjata God Arc-nya sebelum dia bisa berpikir untuk membunuh Aragami mana pun.

2. Kabaneri Of The Iron Fortress

Kabaneri Of The Iron Fortress. (Fandom)
Kabaneri Of The Iron Fortress. (Fandom)

Kabaneri adalah versi zombie-steampunk dari Attack on Titan. Film ini dimulai dengan ide bahwa manusia sudah terkurung di dalam dinding untuk waktu yang lama.

Namun pada suatu ketika, zombie dilepaskan secara misterius, membunuh siapa pun yang menghalangi jalan mereka.

Baik Attack on Titan atau Kabaneri Of The Iron Fortress sama-sama memiliki pemeran utama pria yang gigih yang tidak pernah tahu kapan harus menyerah.

Nyawanya sering diselamatkan oleh seorang deuteragonist wanita yang memiliki keterampilan luar biasa untuk seorang manusia biasa.

3. Schwarzesmarken

Schwarzesmarken. (Fandom)
Schwarzesmarken. (Fandom)

Film ini bercerita tentang skuadron TSF ke-666 yang merupakan sekelompok manusia mematikan yang membantai siapa saja (bahkan manusia) yang menghalangi misi mereka.

Misinya apa? yakni untuk melenyapkan alien BETA yang berkerumun di seluruh bumi.

Berlatar belakang pada tahun 1983, anime ini tidak segan-segan menampilkan kematian berdarah dan kekerasan di layar. 

Seperti Attack on Titan , serial ini juga akhirnya memberi jalan pada gejolak politik, pertikaian, pengkhianatan, dan perjuangan dalam skuadron terbaik umat manusia.

4. Seraph Of The End

Seraph Of The End. (Fandom)
Seraph Of The End. (Fandom)

Anime ini berasal dari studio yang sama dengan Attack on Titan jadi tidak mengherankan jika Seraph pada dasarnya adalah versi vampir dari AoT.

Idenya juga sama yakni tentang kemanusiaan hampir hancur karena alasan yang tidak diketahui dan vampir telah mengambil alih dunia.

Manusia hidup di dalam tembok/koloni, aman dari vampir, tetapi terus-menerus mencari cara baru untuk mengalahkan musuh yang jelas lebih kuat dan lebih licik dari mereka.

5. World Trigger

World Trigger. (Fandom)
World Trigger. (Fandom)

Kisah dimulai ketika Kota Mikado menghadapi serangan tak terduga dari alien yang tidak dapat dilukai oleh senjata tradisional manusia. 

Badan Pertahanan Perbatasan diciptakan untuk memerangi ancaman ini, dan meskipun beberapa tahun telah berlalu, umat manusia tidak lebih dekat untuk menyingkirkan makhluk-makhluk ini.

Kota mereka terus-menerus diserang oleh alien ini, dan semakin banyak manusia yang menjadi korban serangan gencar mereka, dapatkah "Pemicu" yang kuat menjadi solusi untuk masalah ini?

Itulah lima anime yang diduga terinspirasi dari Attack on Titan. Ada yang pernah kamu tonton?

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait