Internet

Ukuran Feed Instagram yang Direkomendasikan untuk Konten

Ketahui berapa ukuran feed Instagram, memudahkan kamu membangun profile yang menarik.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi foto. (Pixabay)
Ilustrasi foto. (Pixabay)

Hitekno.com - Mengetahui ukuran feed Instagram bisa membantu kamu mengatur tampilan konten agar lebih maksimal. Hal ini bertujuan agar konten yang kamu buat tampil baik dan tidak terpotong di aplikasi. Instagram memiliki beberapa jenis postingan yang bisa digunakan.

Mulai dari Feed, Story, Video hingga IGTV. Masing-masing jenis postingan tersebut memiliki ukuran dan dimensi yang berbeda-beda. Ada yang potrait, landscape, dan square. Selain itu, ukuran pixel pun juga berbeda. Lantas berapa ukuran feed Instagram yang tepat?

Berikut ukurang feed Instagram yang tepat seperti dirangkum HiTekno.com:

Untuk mengetahui ukuran feed Instagram yang paling optimal untuk diupload, kamu perlu memahami terlebih dahulu tentang aspect ratio dan resolusi dari sebuah konten. Aspect ratio adalah lebar sebuah foto berdasarkan tingginya seperti HiTekno.com kutip dari Later Blog, Rabu (5/1/2022).

Aspect ratio yang biasa digunakan adalah 4:5, 9:16, dan seterusnya. Angka yang di depan adalah lebar, sementara angka setelah titik dua adalah tinggi dari foto. Kalau foto atau video tidak sesuai dengan aspect ratio Instagram, foto tersebut akan terpotong sesuai dengan aspect ratio yang optimal menurut Instagram.

Hal ini membuat kualitas foto atau video bisa berubah. Jika kamu ingin mempertahankan kualitas foto atau video, kamu perlu memperhatikan resolusi pixelnya.

Resolusi adalah jumlah pixel yang menyusun lebar dan tinggi dari sebuah foto atau video. Contoh dari resolusi adalah 1080 x 1080, 600 x 600, 50 x 50, dan seterusnya.

Ilustrasi foto. (Pixabay)
Ilustrasi foto. (Pixabay)

Semakin besar angkanya, kualitas foto dan ukurannya juga semakin bagus. Berikut ukuran feed Instagram yang direkomendasikan agar konten tetap optimal.

1. Square post

Square post adalah ukuran konten yang berbentuk persegi. Meskipun sekarang kamu bisa meng-upload foto horizontal ataupun vertikal, konten dengan aspect ratio 1:1 masih dianggap yang paling optimal. Untuk konten dengan ukuran 1:1, resolusi yang disarankan adalah 1080 x 1080 px.

2. Horizontal post

Ukuran feed Instagram yang berorientasi horizontal disarankan untuk memiliki aspect ratio 16:9. Seperti square post, disarankan untuk memastikan resolusinya 1080 x 1080 px agar tetap berkualitas tinggi saat di-upload.

3. Vertical post

Untuk ukuran feed Instagram yang vertikal, ukuran aspect ratio-nya adalah 4:5. Saat memilih ukuran ini, kamu harus memastikan fokusnya bisa merepresentasikan konten tersebut dengan baik.

Pasalnya, Instagram tetap hanya akan menampilkan ukuran persegi (1:1) sebelum orang membuka foto tersebut. Resolusi terbaik untuk ukuran ini adalah 1080 x 1350 px.

Itulah ukuran feed Instagram yang direkomendasikan. Mulai sekarang, jangan lupakan ukuran-ukuran tersebut agar kontenmu semakin menarik. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait