Internet

Cara Mematikan Autocorrect di Microsoft Word

Berikut ini cara mematikan autocorrect di Microsoft Word dengan mudah.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara mematikan autocorrect di Microsoft Word dengan mudah, fitur yang sebenarnya memantu namun terkadang malah menyulitkan di situasi tertentu.

Microsoft Word  keberadaannya cukup terkenal untuk menemani kegiatan tulis-menulis via digital dan cukup mendominasi Operasi Sistem yang ada di setiap PC. Namun terkadang ketika membuat artikel dengan bahasa asing selain bahasa Indonesia dan Inggris fitur AutoCorrect ini juga harus dinonaktifkan agar penulisan lebih mudah.

Dengan terus mengaktifkan fitur ini justru bisa mengganggu kan, tak perlu khawatir berikut cara mematikan autocorrect di Microsoft Word, yuk kita simak.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi di bidang penulisan Microsoft Word juga memiliki fitur autocorrect dinilai cukup akurat ketika memperbaiki ejaan yang kurang tepat namun fitur juga bisa menjadi bumerang kita ketika kita tengah mengetik dengan menggunakan bahasa asing selain Indonesia dan Inggris.

Mungkin ketika kalian mengaktifkan fitur AutoCorrect biasanya beberapa huruf telah kalian atur agar kata tersebut diawali dengan huruf kapital baik di awal kalimat maupun di tengah kalimat.

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Namun tidak menutup kemungkinan jika suatu saat kalian tidak membutuhkan fitur autocorrect untuk beberapa tulisan, kalian juga bisa mematikan fitur tersebut. Penasaran bagaimana caranya? Berikut cara mematikan autocorrect di Microsoft Word, inilah langkah-langkahnya:

  1. Bukalah aplikasi Microsoft Word
  2. Kemudian di daerah toolbar yang ada di area paling atas dokumen kalian bisa memilih "customize quick access toolbar" yang berada di samping menu "file" dan "home"
  3. Kemudian akan muncul beberapa opsi pilihan kalian bisa mengklik dan memilih sekolah "more commands"
  4. Selanjutnya kalian akan dibawa ke halaman baru dan terdapat beberapa pilihan kembali di area pop-up sebelah kiri kalian bisa mengklik "proofing"
  5. Kemudian di area sebelah kanan kalian bisa mengklik dan memilih kolom "AutoCorrect Option"
  6. Kemudian pada kolom yang terdapat icon centang "" kalian bisa mengklik semua centang tersebut hingga icon centang hilang
  7. Jangan lupa di halaman pop-up tersebut kalian klik kolom "Ok" yang berada di pojok kanan bawah
  8. Secara otomatis maka AutoCorrect kalian akan dimatikan

Nah, itulah cara mematikan autocorrect di Microsoft Word agar membuat penulisan kalian mudah jika menggunakan ejaan diluar bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Selamat mencoba semoga berhasil!

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait