Internet

Cara Mengaktifkan Autocorrect di Microsoft Word

Mudah, ini cara mengaktifkan Autocorrect di Microsoft Word.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara mengaktifkan Autocorrect di Microsoft Word, fitur yang memudahkan pengguna namun tak banyak yang mengetahuinya.

Microsoft Word  keberadaannya cukup terkenal untuk menemani kegiatan tulis-menulis via digital dan cukup mendominasi Operasi Sistem yang ada di setiap PC. Namun terkadang ketika membuat artikel panjang tidak sengaja membuat penulisan ejaan yang salah, maupun huruf kapital terkadang tidak aktif di awal kalimay?

Tentu hal ini terasa sangat mengganggu kan, tak perlu khawatir berikut cara mengaktifkan autocorrect di Microsoft Word, yuk kita simak.

Ketika kita tengah melakukan pengetikan atau penulisan, tentu terkadang tanpa kita sadari kita kerap melakukan penulisan dengan ejaan yang kurang tepat maupun terkadang membuat huruf kapital terlupakan hal tersebut bisa disebut dengan typo. Terkadang pengejaan ini tanpa kita sadari terdapat huruf yang ter bolak-balik dan bahkan bisa membuat makna yang berbeda.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi di bidang penulisan Microsoft Word juga memiliki fitur autocorrect dinilai cukup akurat ketika memperbaiki ejaan yang kurang tepat. Penasaran bagaimana caranya? Berikut cara mengaktifkan autocorrect di Microsoft Word, inilah langkah-langkahnya:

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

 

  1. Bukalah aplikasi Microsoft Word yang ada di laptop maupun PC kalian
  2. Selanjutnya klik dan pilih kolom "file" yang ada di pojok kiri atas
  3. Selanjutnya setelah kalian mengklik kolam "file" akan muncul beberapa pilihan kembali, kemudian pilih dan klik kolom "option" yang ada di paling bawah
  4. Lalu kalian akan diberi beberapa pilihan kembali kalian bisa memilih kolom "proofing"
  5. Kemudian an terdapat beberapa kolom pilihan kalian bisa fokus di area sebelah kanan bagian atas kalian klik kolom "AutoCorrect options"
  6. Lalu akan muncul beberapa pilihan secara pop-up, di halaman tersebut kalian bisa mengklik semua kolom hingga muncul tanda centang "" seperti "correct TWo iNitial CApitals" "Capitalize first letter of sentence" dll hingga "Replace text as you tape"
  7. Lalu di kolom yang agak terpisah pada bagian "replace text as you type" di bawahnya terdapat beberapa tabel yang bisa kalian isi secara custom untuk beberapa kata yang kemungkinan kalian bisa mengetik secara salah di diluar option nomor 6
  8. Masih di area pop-up tersebut ketika kalian telah selesai melakukan semua yang kalian butuhkan jangan lupa klik kolom "ok" yang ada di pojok kanan bawah
  9. Selain itu autocorrect yang terdapat di Microsoft Word ini juga bisa mengkoreksi beberapa tulisan yang ada di matematika seperti  simbol "alpha" dll, kalian bisa mengklik kolom "Math AutoCorrect" yang ada disebelah "AutoCorrect" yang masih berada di area pop-up tersebut
  10. Selanjutnya nya "replace text as you type" 
  11. Selanjutnya isilah tabel yang ada di bawah tulisan tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kalian, sebagai contoh kalian ingin mengetik simbol "alpha" kalian cukup menambahkan pada kolom replace dengan tulisan "\alpha" lalu kalian isilah di kolom "with" logo "alpha"
  12. Lalu jika semua dirasa telah selesai jangan lupa klik kolom "Ok" yang ada di pojok kanan bawah

 

Nah, itulah cara mengaktifkan autocorrect di Microsoft Word yang bisa kalian tempuh untuk membantu penulisan artikel maupun tulisan lainnya agar lebih efektif waktu dan tenaga kalian tentunya. Selamat mencoba semoga berhasil!

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait