Internet

Fitur Baru Instagram Memakan Korban, Tertipu karena Nama Panggilan

Tren baru dengan fitur Instagram yang dimanfaatkan orang jahat.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Instagram Story. (Pixabay)
Ilustrasi Instagram Story. (Pixabay)

Hitekno.com - Sedang viral di media sosial, cerita penipuan yang dibagikan oleh akun @ditamoechtar. Dalam thread tersebut, kawan pemilik akun jadi korban penipuan karena tren baru dan yang sedang booming di Instagram.

"Pagi tadi teman saya telepon, nangis-nangis abis ditipu katanya. Biasalah, penipu yang minta minta transfer gtu. Yg bikin temen saya percaya, si penipu manggil dia 'pim'," tulisnya.

"'Pim' adalah panggilan kecil tmn sy, yg hanya orang dekat yg tau. Terus dia inget dia abis ikutan ini," tambah sang pemilik akun sambil memperlihatkan tren terkini dengan fitur baru Instagram bernama Add Yours.

Tren baru tersebut berupa pertanyaan di mana semua orang bisa ikut menjawabnya. Salah satunya adalah pertanyaan tentang variasi nama panggilan seseorang.

Pengguna Instagram yang ikut meramaikan tren ini, dengan sengaja akan menulis beberapa nama panggilan mereka.

Thread mengenai challenge 'Add Yours' yang menimbulkan korban penipuan. (Twitter/ ditamoechtar_)
Thread mengenai challenge 'Add Yours' yang menimbulkan korban penipuan. (Twitter/ ditamoechtar_)

Pengguna lantas mempostingnya di Instagram Stories. Akan tetapi, karena postingan tersebut tertaut dengan pertanyaan yang sedang viral itu, maka Instagram Stories kamu sangat open publik.

Artinya, semua orang yang mengklik pertanyaan tersebut, maka Instagram Stories kamu bisa dilihat oleh siapapun jika mereka menginginkannya.

Dan ternyata, tren ini sudah membawa korban. Gara-gara posting berbagai nama panggilan, kawan dari pengguna Twitter @ditamoechtar ternyata kena tipu.

Penipu menggunakan modus baru dengan berpura-pura sebagai rekan masa kecil atau kawan dekat korbannya.

Mereka memanggil korban dengan nama panggilan yang sudah dipublish ke publik karena tren Instagram Add Yours tersebut.

Thread mengenai challenge 'Add Yours' yang menimbulkan korban penipuan. (Twitter/ ditamoechtar_)
Add Yours, fitur baru Instagram. (Instagram)

Bukan hanya itu, pemilik akun tersebut bahkan dibuat terkejut dengan tren baru yang meminta pengguna Instagram share tanda tangan mereka.

"Jujurly, aku kaget banget liat temen ngeshare beginian," sambil memperlihatkan tangkapan layar tren unggah tanda tangan.

"Tren kayak gitu tuh gak usah diikutin, temen-temen gak ada yang peduli," kata salah satu netizen.

"Ntar ada lagi tren siapa nama gadis kandung ibu kamu, kalau tanggal lahir udah ada di sayembara sebelumnya," tambah yang lain.

Sebagai informasi, beberapa data memang harus disimpan sendiri alias tidak dipublish. Sebab data-data tersebut biasanya terhubung ke akun perbankan.

Itulah thread viral di media sosial tentang korban tren Add Yours, fitur baru Instagram.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait