Internet

GoDaddy Jadi Sasaran Hacker, Jutaan Data Pengguna WordPress Bocor

Kasus GoDaddy yang menjadi sasaran hacker ini baru terdeteksi pada Rabu (17/11/2021) lalu.

Amelia Prisilia

GoDaddy. (GoDaddy)
GoDaddy. (GoDaddy)

Hitekno.com - Penyedia layanan hosting web asal Amerika, GoDaddy baru-baru ini menjadi sasaran hacker. Ulah pihak tidak bertanggung jawab ini membuat adanya jutaan data pengguna WordPress yang bocor ke publik.

Kasus GoDaddy yang menjadi sasaran hacker ini baru terdeteksi pada Rabu (17/11/2021) lalu. Setelah itu, sejumlah tindakan tegas untuk penanganan kasus ini langsung dilakukan oleh perusahaan asal Amerika tersebut.

Dilansir dari CNET, sejumlah data pengguna WordPress seperti alamat email, nomor akun dan kata sandi mengalami kebocoran. Berdasarkan laporan sebelumnya, kebocoran ini dialami sekitar 1,2 juta pelanggan WordPress yang menggunakan hosting GoDaddy.

Komisi Sekuritas dan Bursa AS atau Securities and Exchange Commission/SEC menyebut GoDaddy menemukan adanya akses tidak dikenal yang masuk ke dalam sistem pengelolaan server WordPress.

Hacker dicurigai menggunakan kata sandi yang bocor untuk masuk ke sistem pada 6 September 2021 lalu. Banyak yang lalu menanyakan mengenai otentikasi dua faktor yang biasanya digunakan untuk kata sandi.

Ilustrasi hacker. (pexels/Saksham Choudhary)
Ilustrasi hacker. (pexels/Saksham Choudhary)

Alhasil, sejumlah 1,2 juta email aktif dan tidak aktif beserta nomor pelanggan mengalami kebocoran. Tidak hanya itu, kata sandi admin WordPress asli, username dan password untuk File Transfer Protocol atau FTP serta database juga turut menjadi sasaran hacker.

Menangani hal ini, pihak GoDaddy langsung memblokir serangan hacker dalam sistem. Selanjutnya, proses investigasi dilakukan untuk menghindari kebocoran data yang semakin meluas nantinya.

Berita Terkait