RPA Optimalkan Bisnis, UiPath Dukung Transformasi Digital di Indonesia

Teknologi Robotic Process Automation (RPA) diklaim dapat meningkatkan produktivitas SDM.

Rezza Dwi Rachmanta
Kamis, 18 November 2021 | 19:56 WIB
Logo UiPath. (UiPath)

Logo UiPath. (UiPath)

Hitekno.com - UiPath, perusahaan penyedia perangkat lunak di bidang automasi menegaskan komitmen mereka untuk mendukung transformasi digital di Indonesia. Melalui acara virtual yang berlangsung pada Kamis (18/11/2021), petinggi UiPath mengklaim bahwa teknologi Robotic Process Automation (RPA) milik mereka dapat meningkatkan produktivitas SDM.

Wen Ming Wong, Vice President UiPath Southeast Asia menjelaskan bahwa RPA dapat memangkas tugas yang menjadi rutinitas perusahaan.

"Automasi proses berbasis robotik atau RPA punya peran yang kian signifikan sebagai enabler utama bagi perusahaan dalam meningkatkan produktivitas, peran, hingga tingkat kepuasan karyawan dengan memangkas beban tugas-tugas yang menjadi rutinitas keseharian mereka di perusahaan," kata Wen Ming Wong.

Baca Juga: Lenovo Yoga Slim 7i Pro OLED Resmi Rilis, Berapa Harganya di Indonesia?

Peran RPA kini diklaim semakin kritikal sebagai katalisator bagi suksesnya perjalanan transformasi digital di perusahaan-perusahaan, termasuk yang ada di Indonesia.

Dalam White Paper IDC berjudul "The Economic Impact of UiPath Robotic Process Automation", pengadopsian software RPA diharapkan turut memacu pertumbuhan bisnis pelanggan UiPath dengan cepat, dari sekira $7 milar di seluruh dunia di 2021 meningkat menjadi $55 miliar di 2025.

Ilustrasi perangkat lunak robot yang membantu kinerja manusia. (UiPath)
Ilustrasi perangkat lunak robot yang membantu kinerja manusia. (UiPath)

IDC memprediksi bahwa di 2025, sebanyak 73 juta lapangan kerja baru akan tercipta akibat pengadopsian UiPath RPA.

Baca Juga: Canggih, Ini Teknologi Kamera HP yang Diprediksi Booming di 2022

"Riset ini menunjukkan bahwa pendapatan yang dicapai bisnis dari pengadopsian RPA sudah menyentuh angka jutaan dollar, berhasil menciptakan ribuan lapangan kerja baru, serta membuka peluang bernilai miliaran dolar bagi ekosistem," tulis perwakilan IDC dalam keterangannya.

IDC mengestimasikan ada dua lapangan kerja baru untuk setiap pekerjaan yang tergantikan oleh RPA, dan bila berdasarkan pada bagaimana teknologi RPA ini berkembang pesat, rasio ini juga bisa berubah seiring waktu, muncul empat pekerjaan baru untuk setiap satu pekerjaan yang tergantikan.

Petinggi UiPath menegaskan bahwa teknologi automasi robotik tak menggantikan pekerja manusia, namun meringankan beban mereka.

Baca Juga: Perbedaan Teknologi VR dan AR, Beda Banget Lho!

Wen Ming Wong, Vice President UiPath Southeast Asia. (UiPath)
Wen Ming Wong, Vice President UiPath Southeast Asia. (UiPath)

"Teknologi robot ini tak membuat seseorang kehilangan pekerjaan, tetapi teknologi itu akan meringankan beban mereka," kata Wen Ming Wong.

Pieter Harianto selaku Regional Partner Manager UiPath Indonesia menegaskan serta mengklaim bahwa RPA bakal mengolaborasikan teknologi automasi robot dengan manusia sehingga meningkatkan produktivitas SDM.

Selain itu, UiPath juga menganugerahkan Visionary Educator 2021 kepada Kris Sujatmoko dari Universitas Telkom di Bandung, melalui UiPath Academic Alliance pada Oktober lalu.

Baca Juga: Dilengkapi Beragam Teknologi Dolby, Seperti Apa Xiaomi Pad 5 Ini?

Kris yang merupakan Associcate UiPath Certified Professional (UiRPA) telah berlabuh bersama program tersebut selama dua tahun. Ia memperkenalkan RPA kepada lebih dari ribuan mahasiswa Universitas Telkom di mana ia mengajar. Lebih dari 50 sertifikasi bagi mahasiswa telah ia siapkan.

Dosen asal Telkom University, Kris Sujatmoko meraih penghargaan sebagai Visionary Educator 2021. (Telkom University)
Dosen asal Telkom University, Kris Sujatmoko meraih penghargaan sebagai Visionary Educator 2021. (Telkom University)

Kris yang merupakan Associcate UiPath Certified Professional (UiRPA) telah berlabuh bersama program tersebut selama dua tahun. Ia memperkenalkan RPA kepada lebih dari ribuan mahasiswa Universitas Telkom di mana ia mengajar. Lebih dari 50 sertifikasi bagi mahasiswa telah ia siapkan.

"Ia tergabung dalam UiPath Academic Alliance di program-program peningkatan kecakapan SDM di pemerintahan. Muatan yang disampaikan oleh Pak Kris adalah mengenai kesiapan tenaga pendidik di lingkungan perguruan tinggi di regional dan telah membantu lebih dari 10 mitra akademik lainnya untuk bergabung dalam aliansi ini. Program magang RPA yang dia adakan menarik minat banyak mahasiswa dalam memelajari dasar-dasar keilmuan dan kecakapan terkait,” ucap Pieter Harianto, Regional Partner Manager, UiPath Indonesia.

Platform UiPath. (UiPath)
Platform UiPath. (UiPath)

UiPath mengharapkan bahwa teknologi RPA ini dapat mengoptimalkan produktivitas karyawan sehingga mereka bisa lebih fokus pada tugas-tugas substansial lainnya, seperti hal-hal strategis, mengasah kreativitas, dan makin kolaboratif. Kombinasi RPA dan AI juga dipercaya dapat menciptakan banyak lapangan kerja baru di masa depan.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak