Google Doodle Kenang Ismail Marzuki di Hari Pahlawan

Untuk menghormati kontribusi budayanya, pemerintah Indonesia menobatkan Ismail Marzuki sebagai Pahlawan Nasional pada 2004.

Agung Pratnyawan
Rabu, 10 November 2021 | 11:20 WIB
Google Doodle tampilkan Ismail Marzuki, (Google)

Google Doodle tampilkan Ismail Marzuki, (Google)

Hitekno.com - Tepat di Hari Pahlawan, Rabu (10/11/2021), Google Doodle mengenang Ismail Marzuki dengan menampilkan potretnya di halaman depan mesin pencari internet ini.

Google secara khusus menyiapkan potret Ismail Marzuki sebagai doodle pada halaman depan situsnya. Nampak tokoh ini tengah memainkan biola yang diletakkan di pundaknya dengan nada yang terdengar.

Nama Ismail Marzuki sendiri diabadikan sebagai pusat seni di Jakarta, yaitu Taman Ismail Marzuki (TIM) di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Google Doodle Kenang Roehana Koeddoes, Wartawati Pertama di Indonesia

Taman tersebut diresmikan pada 10 November 1968 oleh oleh Gubernur Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta Jenderal Marinir Ali Sadikin.

Selama hidupnya, Ismail Marzuki dikenal sebagai komposer berbakat yang menciptakan lagu-lagu patriotik, selama gerakan kemerdekaan bangsa Indonesia dan dianggap sebagai pahlawan nasional.

Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Jakarta Pusat, pada 11 Mei 1914, ketika wilayah tersebut masih berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda.

Baca Juga: Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Ellya Khadam, Siapa Dia?

Meskipun profesi musik tidak umum pada saat itu, Ismail Marzuki tumbuh dengan berlatih hingga lima jam sehari untuk menguasai delapan instrumen, seperti harmonika, mandolin, gitar, ukulele, biola, akordeon, saksofon, dan piano.

Rayakan Hari Pahlawan, Google Doodle Ismail Marzuki. [Screenshot]
Rayakan Hari Pahlawan, Google Doodle Ismail Marzuki. [Screenshot]

Ia memulai debutnya di bidang musik pada usia 17 tahun, ketika pertama kali berhasil menciptakan lagu berjudul "O Sarinah" pada 1931.

Lagu-lagu ciptaan Ismail Marzuki berisi perjuangan bangsa meraih kemerdekaan Indonesia, dengan nada melankolis sekaligus mewakili ketahanan bangsa melalui melodi yang melambung.

Baca Juga: Ikut Ramaikan Kemerdekaan Indonesia, Google Doodle Angkat Tema Budaya

Selama bertahun-tahun menyiarkan lagu-lagunya di radio publik, sembilan di antaranya menjadi lagu kebangsaan.

Pada 1955, Ismail Marzuki mengambil alih sebagai pemimpin Orkestra Studio Jakarta dan menciptakan lagu Pemilihan Umum yang diperdengarkan pertama kali dalam Pemilu 1955.

Untuk menghormati kontribusi budayanya, pemerintah Indonesia menobatkan Ismail Marzuki sebagai Pahlawan Nasional pada 2004.

Baca Juga: Rayakan Olimpiade Tokyo, Ini 7 Mini Game di Google Doodle Dijamin Seru

Doodle yang dibuat oleh seniman asal Indonesia, Ykha Amelz, ini diharapkan mampu mengenang semangat juang yang dimiliki Ismail Marzuki selama hidup.

"Harapannya, ketika orang melihatnya, secara otomatis salah satu lagu Ismail Marzuki akan terngiang di kepala mereka dan teringat akan semangat juang yang dimilikinya untuk musik lokal dan kebebasan berekspresi," kata Ykha Amelz dalam laman resmi doodle.

Doodle yang hanya muncul di Indonesia ini dapat ditemukan di halaman awal pencarian. Mengklik ikon Ismail Marzuki, pengguna akan menemukan beragam artikel yang terkait dengannya.

Itulah bagaimana Google Doodle merayakan Hari Pahlawan dengan mengenang Ismail Marzuki. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak