Macam-macam Jenis Web Hosting, Ketahui Sebelum Beli

Web developer dan blogger wajib tahu macam-macam jenis web hosting ini.

Agung Pratnyawan
Senin, 25 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Ilustrasi website. (Pixabay)

Ilustrasi website. (Pixabay)

Hitekno.com - Inilah macam-macam jenis web hosting yang harus kamu ketahui sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan website kamu sebelum memutuskan untuk membeli hosting. Web hosting adalah suatu layanan bagi user yang berguna untuk menyimpan informasi, gambar, video dan beberapa konten lainnya yang akan diakses via website.

Sekarang ini pengguna web hosting semakin banyak karena semakin tinggi kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan penyimpanan pada blog atau website. Dengan menggunakan layanan hosting yang baik maka website kamu bisa bekerja secara maksimal untuk menampilkan file, gambar, teks, dan lainnya.

Masing-masing penyedia layanan web hosting menawarkan macam-macam jenis web hosting yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui jenis web hosting yang tepat bagi website kamu karena jika kamu salah pilih, maka website kamu mungkin tidak akan berjalan seperti yang kamu rencanakan.

Baca Juga: 10 Website Edit Video Online Gratis Tanpa Download

Berikut ini macam-macam web hosting yang bisa kamu pilih untuk digunakan :

1. Cloud Hosting

Cloud hosting hadir melalui beberapa server jarak jauh dengan tanggung jawab yang berbeda-beda. Dengan demikian, jika satu server memiliki masalah maka server lain akan mengambil alih tanggung jawab tersebut. Dengan server cloud, situs web kamu akan memiliki kinerja tingkat tinggi karena tingkat uptime yang lebih tinggi dan kesalahan server yang diminimalkan.

Baca Juga: Cara Membuat Website untuk Pemula, dari Blog hingga Toko Online

Jenis hosting ini juga menawarkan skalabilitas dan model bayar sesuai penggunaan jika kamu perlu mengakomodasi lonjakan tiba-tiba dalam volume lalu lintas situs web kamu. Jenis hosting ini sangat baik digunakan situs web bisnis menengah dan besar yang berkembang pesat dengan volume lalu lintas yang tidak bisa diprediksi.

Situs web apa pun yang kunjungannya dapat mencapai 50.000 kunjungan per bulan dapat mempertimbangkan cloud hosting sebagai alternatif untuk hosting VPS.

2. Dedicated Server

Baca Juga: 4 Website Desain Rumah Online, Bisa Langsung

Dedicated server menawarkan kontrol maksimal atas server hosting yang digunakan oleh website, kamu menguasai seluruh channel hosting yang disediakan oleh server tersebut. Dedicated server akan cocok jika website yang kamu kelola mempunyai traffic yang sangat tinggi.

Namun apabila kamu ingin menggunakan dedicated server, kamu harus menyiapkan budget yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis hosting lainnya.

Selain itu dedicated server juga memerlukan ruangan khusus yang dilengkapi oleh pendingin selama 24 jam untuk menjaga temperatur mesin server tetap stabil. Kelebihan dari dedicated server yaitu kamu akan mendapatkan kontrol penuh terhadap konfigurasi server, tidak perlu berbagi resource server dengan pengguna lain, akses root ke server dan keamanan yang terjamin.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Website, Bisa Jadi Penghasilan Tambahan

Ilustrasi website/Pixabay
Ilustrasi website/Pixabay

3. Shared Hosting
Shared hosting merupakan tipe web hosting yang paling populer. Paket ini tepat untuk blog dan website sederhana. Dengan shared hosting, kamu bisa berbagi server dengan pengguna lainnya di provider hosting yang sama. Website yang di onlinekan di server yang sama berbagi semua resource, seperti memori, computing power, disk space, dan lain-lain.

Kelebihan menggunakan shared hosting yaitu harga yang murah, maintenance dan administrasi server menjadi tugas penyedia hosting ,mudah digunakan bahkan bagi pemula karena tidak harus menguasai bahasa pemrograman, pre-configured server dan control panel yang intuitif.

4. VPS Hosting

VPS Hosting atau Virtual Private Server adalah salah satu jenis web hosting yang menawarkan server virtual untuk penggunanya. Selain itu kamu juga bisa mengelola server tersebut dengan sesuka hati. Konsep virtualisasi dari VPS sebenarnya mirip dengan skema shared hosting, yaitu satu web hosting bisa diisi oleh beberapa website.

Namun kebanyakan penyedia layanan hosting mendedikasikan VPS untuk digunakan oleh satu pengguna saja sehingga VPS Hosting bisa menjamin sumber daya yang tersedia untuk kamu dengan menggunakan sistem teknologi virtualisasi.

Dengan hal ini, otomatis akan membuat server dan website kamu jauh lebih stabil. VPS Hosting sangat cocok digunakan untuk website yang mempunyai jumlah pengunjung sangat besar, hingga website operasional perusahaan.

5. WordPress Hosting

WordPress hosting merupakan bentuk lain dari shared hosting, khusus untuk pengguna website WordPress. Server WordPress hosting dikonfigurasi secara khusus untuk WordPress dan tersedia plugin siap pakai untuk berbagai hal, seperti caching dan keamanan. Karena konfigurasi sudah sangat optimal, maka situs kamu akan berjalan lebih cepat dan terhindar dari masalah.

Paket WordPress hosting biasanya menyertakan fitur tambahan terkait WordPress, tema WordPress yang pre-designed, drag-and-drop page builder, dan tool developer yang spesifik.

Kelebihan dari WordPress hosting yaitu harga yang murah, mudah digunakan apalagi bagi pemula, One-click WordPress installation, performa yang baik untuk situs WordPress, customer support yang menguasai hal-hal yang berhubungan dengan WordPress, serta terdapat plugin dan tema WordPress yang pre-installed.

Itulah macam-macam jenis web hosting yang bisa kamu gunakan untuk website kamu. Jadi setelah membaca penjelasan macam-macam jenis web hosting diatas, menurutmu jenis web hosting mana yang paling cocok dengan website kamu? Ingat jangan sampai salah pilih ya!

Kontributor: Jeffry francisco
Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak