Internet

Arti Ikon YouTube Studio Monetisasi, Apa Itu Dolar Hijau atau Dolar Kuning?

Youtuber harus mengenal lebih jauh apa itu YouTube Studio monetisasi.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi YouTube. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)
Ilustrasi YouTube. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Hitekno.com - Buat para Youtuber pasti tidak asing dengan aplikasi YouTube Studio, yang disediakan untuk mengelola channel miliknya. Namun banyak ikon YouTube Studio monetisasi dan fitur-fitur yang belum banyak dipahami.

Selain menyediakan segudang fitur dan layanan, aplikasi ini juga bisa membantu Anda untuk memonitor kondisi monetisasi yang ada di kanal Anda. YouTube Studio monetisasi akan jadi bahasan kita kali ini.

Bahasan akan dipusatkan pada penjelasan status monetisasi yang ada pada setiap video yang Anda miliki. Mengenai lambang atau ikon YouTube Studio monetisasi, mari kita simak selengkapnya.

Seperti ikon dolar kuning, dolar hijau sering kali membuat bingung Youtuber baru. Ketahui apa artinya.

Arti Ikon YouTube Studio Monetisasi

$ Aktif (Ikon Dolar Berwarna Hijau dan Tulisan Aktif)

Ikon pertama ini berarti bahwa Anda telah mengaktifkan sistem monetisasi dan video sudah memenuhi syarat pedoman konten yang diberikan pengiklan. Meski demikian, bisa saja pendapatan Anda sifatnya tidak secara langsung, namun ditangguhkan atau hanya sebagian, sesuai dengan ketentuan.

Status Aktif akan memberikan pendapatan penuh, sedangkan status Pengecualian pertanda bahwa iklan tidak dipersonalisasi karena penontonnya ditetapkan sebagia anak-anak.

$ Berbagi (Ikon Dolar Hijau dengan Tulisan Berbagi)

Monetisasi untuk cover lagu biasanya akan mendapatkan status ini. Artinya, video yang Anda unggah sudah mendapat persetujuan dari pemilik lisensi resmi lagu atau video, sehingga pendapatannya dibagi.

Status ini disertai tulisan Klaim hak cipta, Pembagian hasil, maka artinya Anda akan mendapatkan sebagian pendapatan dari video yang diunggah, tapi tidak semuanya.

$ Dana Jaminan (Ikon Dolar Hijau dengan Tulisan Dana Jaminan)

Monetisasi pada video ini sudah diaktifkan, namun pendapatan yang Anda miliki masih ditahan secara terpisah selama proses sengketa Content ID. Setelah sengketa selesai, maka pendapatan akan langsung dikirimkan.

Jika ada deskripsi status Klaim hak cipta, maka video bisa saja berisi materi hak cipta, dan pemilik hak cipta sedang meninjau sengketa atau pengajuan banding yang Anda ajukan.

$ Terbatas (Ikon Dolar Kuning dengan Tulisan Terbatas)

Untuk status yang satu ini, artinya Anda sudah mengaktifkan monetisasi untuk konten, namun video dinilai tidak mematuhi pedoman konten yang cocok untuk pengiklan. Beberapa brand mungkin memilih tidak memasang iklan di video Anda.

Simbol Dolar Dicoret Berwarna Merah dengan Status Tidak Memenuhi Syarat

Artinya Anda telah mengaktifkan monetisasi, namun ada klaim hak cipta pada video yang Anda unggah. Jadi video yang Anda unggah tidak dapat dimonetisasi.

Simbol Dolar Dicoret Berwarna Abu-Abu dan Tulisan Nonaktif

Artinya Anda memilih untuk tidak mengaktifkan monetisasi untuk video yang Anda unggah ini.

Semoga penjelasan mengenai YouTube Studio monetisasi ini berguna untuk anda, dan selamat berkarya!

Itulah penjelasan mengenai YouTube Studio monetisasi termasuk ikon dolar kunging, dolar hijau juga lain-lainnya. (Suara.com/ I Made Rendika Ardian).

Berita Terkait