Belajar Mengajar Seru dari Rumah, Manfaatkan Aplikasi Video Pendek

Seorang guru SD memanfaatkan aplikasi video pendek untuk membuat belajar mengajar dari rumah lebih seru.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 08 Oktober 2021 | 16:28 WIB
Ibu Noviantik Mengajar Menggunakan Aplikasi SnackVideo. (SnackVideo)

Ibu Noviantik Mengajar Menggunakan Aplikasi SnackVideo. (SnackVideo)

Hitekno.com - Bagaimana membuat kegiatan belajar mengajar dari rumah lebih seru? Belajar dari rumah adalah kegiatan yang menantang untuk semua pihak, baik guru, orang tua, maupun murid.

Suasana belajar daring yang jauh berbeda dibanding belajar di kelas bersama agaknya menyulitkan para guru untuk mengatur para murid yang baru memulai kelas sudah merasa bosan. Oleh karena itu, para guru harus memiliki ide-ide kreatif agar metode pembelajaran yang dilakukan dapat lebih menarik perhatian.

Noviantik Karolina, seorang guru dari SD Negeri 6 Klampok, Banjarnegara, Jawa Tengah, juga merasakan tantangan mengajar daring di masa pandemi COVID-19 ini. Ia bahkan beberapa kali melakukan eksplorasi untuk menemukan metode mengajar yang lebih seru dan efektif untuk para muridnya. 

Baca Juga: Duet Produktivitas dari Rumah: Redmi Note 10 5G dan RedmiBook 15

"Lebih dari satu setengah tahun menjalani proses belajar mengajar secara daring membuat siswa mulai merasa jenuh. Oleh sebab itu, saya mencoba mencari cara mengajar baru yang lebih efektif bagi murid saya," ucap Noviantik. 

Ide Noviantik untuk mengajar lewat video pendek tentu saja tidak datang secara tiba-tiba. Ia sudah melakukan uji coba sederhana dengan cara membuat video panjang untuk materi "bilangan bulat negatif dan positif" kepada para muridnya. Hasilnya tidak efektif karena 10 dari 18 murid justru memperoleh nilai di bawah standar.

"Beberapa siswa mengakui mereka tidak menonton video tersebut hingga selesai karena merasa bosan dengan durasi yang terlalu panjang. Sehingga, mereka mengerjakan ujian tanpa memahami materi dengan baik," jelas Noviantik.

Baca Juga: Vivo V21 Mulai Dipasarkan di Indonesia, Bisa Dibeli dari Rumah

Bukan tanpa alasan Noviantik memilih metode mengajar melalui video pendek. Ternyata, keefektifan belajar melalui video pendek untuk para siswa sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Wisconsin pada 2018 lalu. Siswa menjadi lebih mudah menyerap informasi dan lebih fokus sehingga proses belajar dan mengajar menjadi lebih mengasyikkan.

Noviantik memang pengguna aktif platform video pendek SnackVideo. Dari sini, ia melihat solusi pembelajaran untuk diberikan kepada para murid. Ia kemudian kembali menguji materi "bilangan bulat negatif dan positif" untuk ia berikan kepada para muridnya.

Ternyata, terlihat hasil yang jauh berbeda. Total 16 dari 18 murid justru mendapatkan nilai yang melampaui standar ketika mereka melakukan ujian evaluasi.

Baca Juga: 10 Pekerjaan dari Rumah yang Hasilkan Cuan Besar, Awas Dikira Ngepet!

Kedua uji coba yang Noviantik lakukan tersebut kemudian menjadi referensi baginya bahwa ternyata video pendek jauh lebih efektif untuk digunakan dalam proses belajar dan mengajar daring bagi para muridnya dibanding dengan video panjang. Selain menghibur, video pendek juga membuat para murid tidak cepat bosan dan membuat mereka lebih terlibat dalam pembelajaran.

Lewat aplikasi video pendek seperti SnackVideo, penyampaian informasi dapat lebih efisien dan efektif karena beberapa kalimat atau kata terlihat menjadi lebih menarik melalui permainan jenis huruf, ukuran, dan warna. Detail-detail seperti itu dianggap penting agar murid dapat lebih mudah memahami informasi yang disajikan.

Peran Orang Tua

Baca Juga: Jalani Puasa Jauh dari Rumah, Mewek Lihat Rekaman CCTV saat Ibu Berbuka

Metode pengajaran yang dilakukan Noviantik ini tentu saja dapat dilakukan pula oleh para orang tua di rumah. Cara efektif yang membuat belajar dan mengajar lebih seru ini mudah untuk dilakukan.

Para orang tua bisa mempelajari langkah-langkah sederhana untuk membuat video pendek melalui aplikasi SnackVideo dan menggunakan video pendek untuk membantu anak mengikuti proses belajar mengajar dengan cara yang lebih seru dan efektif.

Aplikasi video pendek seperti SnackVideo hadir tidak hanya sebagai wadah untuk berkreasi dan bertukar informasi, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran, baik pendidikan formal maupun informal. 

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak