Internet

Apa Arti Wibu? Ini Penjelasan dan Ciri-cirinya

Apa arti Wibu yang sebenarnya? Apakah istilah tersebut berkonotasi negatif?

Rezza Dwi Rachmanta

Apa arti Wibu? Ilustrasi: Wibu. (YouTube/ Mairou)
Apa arti Wibu? Ilustrasi: Wibu. (YouTube/ Mairou)

Hitekno.com - Istilah Wibu sering ditemukan pada kolom komentar media sosial saat netizen generasi kekinian sedang berinteraksi. Kami akan memberikan penjelasan mengenai apa arti Wibu dan ciri-ciri orang yang mendapatkan sebutan itu.

Wibu memiliki istilah dalam bahasa Inggris yaitu Weaboo atau Weebs. Itu adalah seseorang yang dianggap terobsesi dengan budaya Jepang dalam kadar tak biasa. Orang yang disebut Wibu sangat terobsesi dan bertingkah seperti ia sedang berada di Jepang.

Dikutip dari The Japanese Way, Weaboo atau Wibu adalah individu yang memiliki obsesi terhadap budaya Jepang di mana orang-orang ini terkadang cenderung mengabaikan identitas sendiri, termasuk budaya, ras, dan lainnya.

Meski bukan orang Jepang, namun Wibu tak jarang memakai bahasa Jepang dalam percakapan sehari-hari. Mereka juga sering menstereotipkan budaya Jepang dengan anime favorit mereka.

Weaboo sendiri termasuk slang mengarah kepada individu yang terobsesi dengan anime, manga, dan video game. Istilah ini muncul di situs 4chan selama awal 2000-an dan digunakan untuk mengejek orang kulit putih yang bias terhadap budaya Jepang.

Ilustrasi orang yang terobsesi dengan karakter anime atau manga. (YouTube/ BobSamurai Anime Reviews)
Ilustrasi orang yang terobsesi dengan karakter anime atau manga. (YouTube/ BobSamurai Anime Reviews)

Seiring berjalannya waktu, istilah Wibu tak melulu berkonotasi negatif, namun mengarah pada orang-orang yang menyukai anime, manga, budaya Jepang.

Beberapa ciri Wibu termasuk menghabiskan waktu memainkan game buatan Jepang, menyelami lebih dalam manga favorit, mulai suka berpakaian dalam mode Jepang, dan menyukai hingga cosplay karakter anime (atau mungkin hentai) favorit mereka.

Orang dengan sebutan Wibu sangat suka membahas anime dan manga ke dalam topik percakapan sehari-hari. Ada juga istilah yang beriringan dengan Wibu, yaitu Waifu. Istilah tersebut sering dibahas oleh para Wibu laki-laki.

Keluarga cosplayer. (Twitter/@xMiCaNx)
Keluarga cosplayer. (Twitter/@xMiCaNx)

Sebagai referensi, Waifu adalah karakter fiksi dari anime yang dianggap spesial bagi penggemarnya. Bahkan dianggap selayaknya istri fiksi mereka.

Salah satu influencer sekaligus Brand Ambassador dari tim eSports yaitu Rachel Florencia, sering dijadikan imajinasi sebagai Waifu atau istri online netizen Wibu.

Sebagai informasi, Rachel pernah membuat pengguna Twitter heboh pada Maret 2020 lalu ketika ia memeragakan pose anime populer dengan caption bertuliskan "I'm your Waifu".

Rachel yang berpose mirip Waifu ini bikin netizen heboh. (Twitter/ racheltjhia)
Rachel yang berpose bak Waifu ini bikin netizen heboh. (Twitter/ racheltjhia)

Postingan video yang dibagikan berhasil viral setelah memperoleh lebih dari 3.500 Retweet dan 16 ribu Like dalam waktu sekejap.

Selebgram cantik ini terlihat cukup mirip dalam memeragakan pose pada karakter anime seperti Senjou Gahara, Hinata, Rias Gremory dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, banyak netizen yang memberikan julukan Waifu pada Rachel. Itulah pembahasan mengenai apa arti Wibu dan Waifu yang sering dibahas oleh netizen, apakah kalian termasuk golongan Wibu?

Berita Terkait