Internet

Merger Indosat dan Tri Bisa Jadi Angin Segar Bagi Industri Telekomunikasi

Forest Interactive menyampaikan peluang apa dari mergernya dua perusahaan ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi salaman atau kesepakatan. (Pixabay)
Ilustrasi salaman atau kesepakatan. (Pixabay)

Hitekno.com - PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia pada 16 September 2021 lalu telah resmi mengumumkan melakukan merger.

Kedua perseroan sepakat membentuk perseroan baru dengan nama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk.

Kebijakan dua korporasi ini tidak hanya menempatkan perusahaan baru tersebut menjadi pemain kedua terbesar di Indonesia, juga menjadi angin segar bagi industri telekomunikasi karena akan memicu peningkatan kebutuhan platform dan layanan digial di Indonesia.  

Head of Product Forest Interactive Yoseph Wijaya, mengatakan aksi merger ini akan membentuk efisiensi serta mendorong industri telekomunikasi Indonesia yang lebih sehat. "Dikarenakan merger ini mencakup penggabungan infrastruktur juga, maka potensi pemerataan jaringan teknologi diprediksi akan meningkat sehingga mempercepat proses transformasi digital serta efisiensi biaya. Selain itu dengan jumlah pemain yang lebih sederhana, akan baik untuk industri telekomunikasi Indonesia yang lebih sehat". 

Sebagai developer platform digital yang skalabel, Forest Interactive menyambut baik aksi merger ini.  Yoseph mengungkapkan kebutuhan layanan dan platform digital akan terus tumbuh positif.

"Semakin ketatnya kompetisi layanan antar operator seluler, maka kebutuhan digital service dan platform akan semakin tinggi. Hal ini berpotensi meningkatkan kerjasama lebih strategis dengan perusahaan penyedia layanan konten, aplikasi over the top, dan publisher", ujarnya. 

Sebelumnya Indosat, meluncurkan layanan IMGaming yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan voucher dan pengalaman digital dengan cara yang lebih mudah. Sementara itu, Tri lebih dulu meluncurkan platform H3RO yang dapat memudahkan pelanggannya mendapatkan voucher game.  

Di sisi lain, Forest Interactive sejak tahun 2020 lalu meluncurkan layanan Digital Voucher Platform (DVP) yang memungkinkan operator seluler untuk memiliki portal digital lifestyle yang komprehensif dan membantu meningkatkan pendapatan rata-rata per pengguna (ARPU) serta loyalitas pelanggan melalui solusi white-label.  

Teknologi platform digital DVP Forest Interactive didukung dengan lebih dari 15 tahun pengalaman mendalam dalam menyediakan platform seluler yang dapat diskalakan ke lebih dari 50 operator seluler dan 150 penyedia konten di seluruh dunia, terhubung ke lebih dari 1 miliar pelanggan.

Lebih dari 450 server di cloud di berbagai benua juga terus dipantau untuk memastikan layanan tidak terganggu dengan transaksi yang berkembang. 

Berita Terkait