6 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog, dari Murah hingga Serius

Kamu bisa menggunakan cara meningkatkan pengunjung blog ini. Coba saja!

Agung Pratnyawan
Jum'at, 17 September 2021 | 18:45 WIB
Ilustrasi Blogging. (Pixabay)

Ilustrasi Blogging. (Pixabay)

Hitekno.com - Inilah cara meningkatkan pengunjung blog yang bisa kamu lakukan apabila kamu ingin belajar menghasilkan uang secara online. Menarik bukan? coba beberapa cara berikut ini.

Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web.

Apa kamu termasuk orang yang menggunakan blog untuk menulis cerita-cerita pribadi? Bagi kebanyakan orang blog sering dimanfaatkan sebagai jurnal online karena melalui blog kamu bisa mencatat buku harian secara online. Konten blog pribadi biasanya sangat bebas, tidak terikat aturan tertentu.

Baca Juga: 9 Platform Blogging Gratis, Cocok untuk Pemula hingga Berpengalaman

Namun bagi sebagian orang blog juga bisa kamu gunakan untuk menghasilkan uang. Kamu bisa mendapatkan uang dari blog dengan berbagai cara seperti dari endorsement hingga Google AdSense.

Sehingga sebagian orang akan mencari bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog, karena apabila pengunjung blog kamu semakin banyak maka semakin banyak juga uang yang bisa kamu hasilkan.

Ada banyak cara untuk meningkatkan pengunjung blog dari yang gratis hingga berbayar, apabila kamu ingin mendapatkan pengunjung blog dengan cara yang berbayar kamu bisa melakukan iklan di facebook atau google, mendatangkan visitor dari content placement berbayar, ataupun yang lainnya.

Baca Juga: 5 Situs Gambar Gratis, Cocok untuk Blog dan Ilustrasi

Namun kalau kamu ingin meningkatkan pengunjung blog secara gratis kamu bisa mengikuti beberapa cara meningkatkan pengunjung blog berikut ini:

1. Pilih blog yang berbayar

Ada banyak halaman blog yang menawarkan secara gratis kepada penggunanya. Namun dari segi keuntungan yang akan kamu dapat tentu saja tidak bisa disamakan dengan yang berbayar ya. Kamu bisa mendapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Baca Juga: Nggak Ribet Kok, Ini Cara Bikin Blog Pribadi

Dengan mendaftarkan email kamu maka kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal juga untuk memperoleh pendapatan dari blog. Jadi sangat disarankan agar kamu memilih blog yang berbayar dan kelola blog tersebut sehingga akan ada banyak pengunjung yang membaca dan dengan sendirinya blog kamu akan terkenal.

Ilustrasi Blogging. (Pixabay)
Ilustrasi Blogging. (Pixabay)

2. Buat Konten yang Berkualitas

Cara meningkatkan pengunjung blog berikut nya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat. Dengan menyediakan konten yang berkualitas maka blog kamu akan bisa menjadi jawaban atas pertanyaan dari para pencari artikel. Oleh karena itu kamu perlu membahas konten yang ingin kamu tampilkan secara lengkap dan terperinci ya.  

Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

3. Pahami SEO

Cara meningkatkan pengunjung blog yang paling sering dilakukan oleh para  blogger yaitu Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Situs yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian maka akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

4. Judul yang menarik

Ketika konten kamu share atau muncul di hasil pencarian Google maka yang akan terlihat hanya judulnya saja. Jadi apakah seseorang akan melakukan klik atau tidak sangat tergantung dengan judul yang kamu buat.

Maka dari itu judul bisa menjadi cara meningkatkan pengunjung blog yang bisa kamu lakukan secara instan. Jika judulnya saja tidak menarik, maka kemungkinan pengunjung blog kamu akan meninggalkan blog kamu sebelum membaca postingannya.

5. Membagikan Postingan ke Sosial Media

Sosial media bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan pengunjung blog kamu loh. Cukup dengan membagikan artikel blog kamu ke media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan media sosial lainnya ke beranda ataupun grup yang berhubungan dengan konten yang kamu buat.

6. Berkomentar di blog orang lain (blogwalking)

Berkomentar di blog orang lain adalah cara yang paling mudah untuk kamu lakukan agar pengunjung blog kamu meningkatkan. Hampir semua blogger pasti pernah melakukannya. Meskipun cara ini tidak akan langsung membuat blog kamu langsung ramai namun cara ini sangat penting khususnya bagi blogger pemula.

Itulah beberapa cara meningkatkan pengunjung blog yang bisa kamu lakukan agar blog kamu semakin terkenal, selain itu kamu juga harus konsisten dalam membuat konten ya. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco
Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak