9 Platform Blogging Gratis, Cocok untuk Pemula hingga Berpengalaman

Tinggal pilih platform blogging gratis mana.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 10 September 2021 | 16:45 WIB
Ilustrasi Blogging. (Pixabay)

Ilustrasi Blogging. (Pixabay)

Hitekno.com - Kamu bisa pilih platform blogging gratis untuk memulai menulis untuk blog pribadi atau bisa juga untuk berjualan online melalui media website, cek daftarnya berikut ini.

Platform blog adalah tempat atau situs yang menyediakan akun blog, sampai saat ini banyak platform blog gratis yang bisa menjadi pilihan alternatif untuk kamu membuat blog. Platform blog ini memberikan kelebihan-kelebihan seperti kemudahan, aksesibilitas, dan gratis saat digunakan untuk kamu para pembuat blog.

Sekarang ini ada beberapa aplikasi atau platform yang bisa membantu kamu membuat blog secara gratis untuk mempublikasikan artikel-artikel kamu. Platform Blog yang terkenal dan paling diminati adalah Blogger atau Blogspot dan Wordpress.

Baca Juga: 5 Situs Gambar Gratis, Cocok untuk Blog dan Ilustrasi

Nah untuk kamu yang sedang mencari platform blogging gratis dengan fitur yang lengkap, berikut ini rekomendasi platform blogging gratis yang bisa kamu gunakan :

1. Blogger / Blogspot

Platform Blog yang terkenal dan paling diminati adalah Blogger. Disini kamu bisa membuat blog secara gratis. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan nama domain kamu sendiri untuk dihubungkan ke Blogspot kamu.

Baca Juga: Nggak Ribet Kok, Ini Cara Bikin Blog Pribadi

Meskipun kamu hanya bisa menggunakan tema yang sangat terbatas jumlahnya namun kamu benar-benar bisa menggunakan Blogger secara gratis dengan fitur terbaik untuk membuat blog sederhana.

2. WordPress.com

Jika kamu ingin membuat blog sederhana tanpa memikirkan fleksibilitas, maka kamu bisa menggunakan platform WordPress.com. Dengan menggunakan platform ini, kamu bisa membuat blog dengan cepat dan gratis tanpa mengeluarkan biaya untuk hosting dan domain.

Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

3. Medium.com

Medium.com adalah salah satu platform penulisan yang bisa kamu gunakan secara gratis. Medium dikembangkan oleh Evan Williams, mantan CEO Twitter dan salah satu pengembang Blogger, bersama dengan Biz Stone.

Sejak tahun 2012 Medium.com sudah digunakan oleh banyak penulis untuk membagikan tulisannya. Tampilan yang menarik dan terkesan minimalis membuat orang-orang betah untuk berselancar di dalamnya.

Baca Juga: Blogger Menikah, Beri Mahar Google Adsense dab Hosting Unlimited

4. Wix

Wix merupakan platform yang memungkinkan kamu membuat website melalui editor drag and drop yang praktis. Wix menyediakan lebih dari 500 template yang bisa kamu edit untuk menyempurnakan blog kamu.

Wix memungkinkan kamu membangun blog yang berfungsi dalam beberapa menit. Wix memberimu banyak kebebasan untuk mengekspresikan imajinasi kamu saat membuat website blog kamu. Wix merupakan platform blogging gratis, Namun untuk paket gratis memiliki keterbatasan dalam pengelolaan blog ya.

5. LinkedIn

LinkedIn adalah salah satu aplikasi yang berfungsi untuk membangun karir profesional yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan blogging. Yang menjadi nilai plus dari LinkedIn adalah semua yang menggunakan aplikasi ini kebanyakan dari kalangan profesional.

Untuk membuat tulisan pun mudah sekali, tinggal masuk ke profile kemudian pilih “Post”. Apabila kamu rajin sharing di LinkedIn maka koneksi kamu akan semakin meningkat.

Ilustrasi Blogging. (Pixabay)
Ilustrasi Blogging. (Pixabay)

6. Tumblr.com

Tumblr.com adalah salah satu platform terbaik ketika berbicara tentang visualisasi. Gambar, video, musik, semua itu benar-benar mudah untuk ditampilkan di profil tumblr. Tumblr.com adalah rajanya social media untuk blog karena fitur “explore” yang sangat terasa aura komunitasnya.

Ada banyak cara kreatif yang bisa kamu lakukan dalam menampilkan Gambar, video, musik di Tumblr. Orang-orang juga dapat “Reblog” posting yang kamu buat, lalu pada akhirnya akan membuat pengikut dan fanbase blog tumblr kamu bertambah banyak dan semakin terkenal.

7. Weebly

Weebly menawarkan lebih dari sekedar blogging. Weebly adalah website builder yang menyediakan fitur lengkap. Kamu bisa memilih weebly ini sebagai Landasan Designer yang memungkinkan kamu membangun website, sehingga Weebly bisa kamu gunakan secara efektif sebagai sistem manajemen konten

8. Quora

Quora adalah forum online atau sarana diskusi berisi tanya jawab antar pengguna Quora tentang berbagai masalah. Quora dikenal sebagai situs pertukaran pengetahuan. Buka quora.com (Inggris) atau id.quora.com (Indonesia) lalu kamu bisa langsung login menggunakan akun Gmail atau Facebook.

Selain itu Quora juga memungkinan kamu untuk membuat blog di akunnya dan di Quora kamu juga bisa menghasilkan uang jika diundang menjadi Mitra Quora.

9. Joomla

Joomla merupakan content management system untuk membuat website bersifat open source. Jadi kamu bisa menggunakan platform blogging ini secara gratis, tinggal melengkapi dengan hosting dan domain saja. Joomla sangat mirip dengan WordPress.org

Itulah rekomendasi platform blogging gratis yang bisa kamu gunakan untuk memulai membuat blog. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco
Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak