Internet

7 Trik Google Search, Bikin Hasil Pencarian Lebih Akurat dan Efisien

Untuk pencarian lebih akurat, gunakan trik Google Search ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Google Search. (Pixabay)
Ilustrasi Google Search. (Pixabay)

Hitekno.com - Berikut ini adalah 7 trik Google Search yang layak kamu tah untuk memudahkan dalam pencarian Google.

Google masih menjadi andalan buat banyak orang mencari segala jenis informasi yang ada di dunia saat ini.

Bukan hanya informasi mengenai berita, namun juga gambar, jurnal hingga informasi-informasi penting yang tidak mudah ditemukan lainnya.

Akan tetapi, ketika seseorang mengetikkan sebuah kata kunci, mereka akan disediakan banyak pilihan informasi terkait.

Terkadang informasi-informasi yang muncul pada halaman pencarian pertama justru tidak ada kaitannya dengan yang kamu cari.

Nah, untuk bisa maksimal dalam pencarian Google, kamu bisa mencoba beberapa trik Google Search di bawah ini:

1. Menggunakan tanda (*) untuk mengisi frasa yang tidak kamu ingat

Misalnya sebuah lagu berjudul Cintaku Bukan di Atas Kertas, jika kamu kelupaan dengan kata "Kertas", maka kamu hanya perlu menulis Cintaku Bukan di Atas *.

2. Menggunakan kata Site untuk menelusuri sebuah kata di situs web tertentu

Misalnya saja kamu ingin mencari sebuah informasi tentang Xiaomi Redmi 9A di situs Hitekno.com, maka kamu tinggal mengetikkan "Site:Hitekni.com Xiaomi Redmi 9A.

Google Search [Google].
Google Search [Google].

3. Tanda kutip ("..."), berguna untuk menemukan kalimat dengan kata-kata yang sama

Misalnya kamu ingin mencari lagu-lagu milik Adele, maka kamu tinggal mengetikkan "Adele" dan kamu akan disuguhi berbagai macam lagu milik Adele.

4. Menggunakan tanda (-) untuk mengecualikan kata atau situs tertentu

Jika kamu merasa keberatan dengan terlalu banyaknya sebuah situs memenuhi halaman Google maka kamu bisa menggunakan tanda (-).

Misalnya saja kamu mengetikkan -Facebook, maka semua informasi yang berkaitan dengan Facebook tak akan muncul di kolom pencarian Google kamu.

5. Mencari range angka

Trik ini tak banyak orang tahu, namun sangat berguna buat kamu yang kebingungan dengan informasi yang berkaitan dengan sebuah angka.

Misalnya kamu ingin tahu siapa saja pemenang Olimpiade 2012, maka kamu hanya perlu mengetikkan Pemenang Olimpiade.. 2012 dan akan muncul informasi yang berkaitan dengan pemenang Olimpiade 2012.

6. Menggunakan "Define" untuk mempelajari istilah-istilah kekinian

Ini berguna buat kamu yang tidak mengerti istilah kekinian tertentu. Misalnya ketika kamu tidak mengetahui arti kata Waffle, maka kamu hanya perlu mengetikkan Define:Waffle.

7. Menggunakan "atau"

Trik ini berguna buat kamu yang lupa nama seorang tokoh atau publik figur. Misalnya ketika kamu lupa dengan nama Slavoj Zizek, maka kamu bisa mengetikkan "Slavoj Zizek atau Sizek" dan Google akan memberikan informasi yang sesuai.

Itulah beberapa trik Google Search yang bisa kamu coba. Kini, kamu tak perlu banyak buang-buang waktu buat mencari informasi yang sesuai kan?

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait