Internet

Cara Memblokir Kontak WhatsApp Aman Tanpa Diketahui

Gunakan cara memblokir kontak WhatsApp berikut ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (IM3 Ooredoo)
Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (IM3 Ooredoo)

Hitekno.com - WhatsApp mempunyai fitur keamanan demi menyingkirkan kontak atau nomor yang berusaha mengganggu penggunanya. Termasuk bagaimana cara memblokir kontak WhatsApp yang bisa dilakukan pengguna.

Fitur ini membuat pengguna tidak akan lagi menerima pesan, panggilan telepon, ataupun panggilan video dari orang yang telah diblokir. Fitur ini tidak akan memberi tahu apakah kontak yang diblokir pernah mencoba mengontak kembali atau tidak.

Selain memblokir, kamu juga bisa melaporkan sekaligus memblokir nomor tersebut jika dinilai pesan yang dikirim meresahkan. Ternyata tidak sedikit orang yang masih bingung bagaimana cara memblokir kontak WhatsApp.

Berikut cara memblokir kontak WhatsApp yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp-mu dan langsung akses ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas tampilan layar smartphone
  2. Kalau sudah, akan muncul pop-up seperti dalam gambar di bawah ini. Cara memblokir kontak WhatsApp selanjutnya ke proses setelahnya pilihlah menu Settings
  3. Cara memblokir kontak WhatsApp setelah itu, kamu bakal diarahkan ke tampilan pengaturan seperti dalam gambar di bawah ini. Kamu perlu memilih menu Account yang ada di bagian atas sendiri untuk melanjutkan proses selanjutnya
  4. Lanjutkan dengan pilih menu Privacy
  5. Cara memblokir kontak WhatsApp kemudian akan muncul tampilan pilih menu Blocked Contact.
  6. Nantinya kamu akan disuguhkan nomor kontak yang ada di daftar kontak WhatsApp-mu. Pilih nomor yang mengganggu dan nomor kontak tersebut secara otomatis akan terblokir dan ia tak bisa lagi mengirim pesan lagi ke kamu

Cara Memblokir Kontak WhatsApp melalui Profil Pengguna

Cara memblokir kontak WhatsApp ini dilakukan secara personal melalui pesan pribadi yang dikirim ke kamu. Cara memblokir kontak WhatsApp ini lebih cepat untuk memblokir pesan yang bersifat spam tanpa perlu menyimpan nomornya ke kontak HP.

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih kontak WhatsApp yang ingin diblokir.
  • Ketuk nama profil pengguna tersebut.
  • Lalu pilih opsi Block yang berada di bagian bawah.
  • Ketuk Block untuk mengonfirmasi pemblokiran.

Jika kamu memutuskan membuka kembali kontak yang terblokir, maka pemilik nomor yang terblokir tidak akan menerima pesan, panggilan, ataupun pembaruan status yang dikirim oleh pemblokir selama proses pemblokiran berjalan.

Kemudian, jika membuka blokir kontak atau nomor telepon yang belum disimpan pada kontak, kamu tidak dapat memulihkan kontak tersebut ke perangkat.

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)

Ciri-ciri Berhasil Memblokir WhatsApp

Ada sejumlah indikator pemblokiran berhasil dilakukan atau kamu diblokir orang lain, yakni:

  1. Kamu tidak lagi dapat melihat status online kontak tersebut.
  2. Kamu tidak lagi bisa melihat foto profil orang tersebut.
  3. Setiap pesan yang dikirim baik teks maupun file media tidak akan pernah sampai dan berakhir dengan centang satu.
  4. Setiap panggilan video atau telepon tidak akan pernah terhubung.

Cara Mengetahui WhatsApp Diblokir

1. Cek status online terakhir dari kontak WhatsApp

Sebagian besar pengguna WhatsApp pasti mengetahui bahwa mereka dapat melihat status online pengguna lain pada bilah hijau yang ditampilkan di bagian atas. Jika pengguna tidak dapat melihat status online, ada beberapa kemungkinan yaitu pengguna telah diblokir atau kontak tersebut memutuskan untuk tidak membagikan informasi online.

2. Lihat tanda centang pesan terkirim

Cara mengetahui WhatsApp diblokir adalah dengan mengirim pesan ke kontak tersebut dan melihat tanda centangnya. Jika satu centang, berarti pesan berhasil dikirim. Dua centang menunjukkan bahwa penerima menerima pesan, dan centang biru menunjukkan bahwa pesan tersebut telah diterima dan dibaca.

Perlu diperhatikan, jika centang satu maka ada kemungkinan bahwa pengguna telah diblokir. Tapi kemungkinan lainnya adalah kontak tersebut mematikan jaringan. Namun jika dalam waktu lama tidak kunjung terkirim, kemungkinan besar kamu telah diblokir.

3. Periksa foto profil kontak

Cara mengetahui WhatsApp diblokir paling efektif untuk memeriksa apakah pengguna telah diblokir di WhatsApp adalah melihat foto profil kontak tersebut. Pengguna hanya akan melihat foto profil berwarna abu-abu.

Meski begitu, perlu dipastikan apakah kontak tersebut memang jarang memasang foto profil atau bahkan memang sengaja menggunakan profil dengan gambar seperti itu.

4. Coba tambahkan kontak ke grup baru

Cara mengetahui WhatsApp diblokir lainnya adalah membuat grup baru dan mencoba menambahkan kontak tersebut ke dalam grup. Jika pengguna tidak dapat menambahkannya, kemungkinan besar pengguna telah diblokir.

5. Tidak bisa menelepon

Coba menelpon nomor tersebut jika tidak menjawab maka kemungkinan besar kamu sudah di-block. Walaupun di-block atau tidak WhatsApp masih bisa menyambungkan ke nada sambung, tapi kalau berulang kali kamu coba telepon dan dia gak pernah merespon maka kamu fix sudah di-block.

Itulah cara memblokir kontak WhatsApp. WhatsApp tidak memberikan informasi terkait pemblokiran kontak pengguna. Hal ini sengaja dilakukan untuk menjaga privasi pemblokir tersebut.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait