Internet

Deretan Trik Microsoft Word yang Harus Kamu Ketahui

Hafalkan trik Microsoft Word berikut ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Inilah Trik Microsoft Word yang perlu kamu ketahui untuk mempercepat pekerjaan dan menyelesaikan tugas-tugasmu, ikuti trik ini agar kerjamu makin maksimal.Siapa sih yang tidak pernah menggunakan program Microsoft Word?

Program Microsoft Word adalah program yang paling sering digunakan semua kalangan dari mulai pelajar hingga pekerja kantoran.

Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS, Apple Macintosh, SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows.

Namun apakah kamu tahu kalau dalam Microsoft Word ada beberapa trik yang bisa memudahkan kamu dalam membuat tugas atau pekerjaan? Nah, kalau kamu tidak tahu Trik Microsoft Word.

Berikut ini adalah beberapa trik Microsoft Word yang bisa kamu terapkan:

1. CTRL+Enter

Saat ingin pindah halaman kamu pasti menekan tombol Enter berkali-kalikan? Dengan Trik Microsoft Word CTRL+Enter bisa mempersingkat waktu kamu untuk menulis di halaman baru.

Trik Microsoft Word ini tidak akan mempengaruhi halaman sebelumnya jika kamu melakukan pengeditan di halaman tersebut.

2. Ctrl+H

Kamu bisa menemukan semua kata yang salah dan mengoreksinya secara otomatis lewat Find and Replace. Namun format tulisanya tidak bisa sekalian diubah. Untuk itu, tekan Ctrl+H.

Setelah itu tampilan Find and Replace akan muncul. Kemudian klik tulisan More yang muncul di tampilan tersebut. Sekarang, kamu bisa sekaligus mengganti format kata atau kalimat yang diinginkan sekaligus dengan klik Replace.

3. Ctrl+K

Trik Microsoft Word Ctrl+K bisa kamu gunakan saat ingin membubuhkan hyperlink referensi dengan lebih cepat. Tidak perlu repot-repot menggunakan Insert > Hyperlink lagi ya.

4. Ctrl+Shift+A

Trik Microsoft Word Ctrl+Shift+A akan secara otomatis membuat kapital pada kata yang kamu blok. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengubah huruf kapital menjadi huruf biasa.

5. CTRL+Shift+>

Blok kata, kalimat atau dokumen kamu lalu tekan CTRL+Shift+>, saat kamu ingin kata, kalimat atau dokumen kamu memiliki ukuran tulisan yang lebih besar.

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

6. CTRL+Shift+<

Saat kamu ingin memperkecil ukuran tulisan, maka cukup dengan menekan CTRL+Shift+< pada kata, kalimat atau paragraf yang sudah diblok terlebih dahulu.

7. CTRL+Shift+C

Kamu bisa copy format tulisan dengan Trik Microsoft Word CTRL+Shift+C

8. CTRL+Shift+V

Setelah copy format tulisan, kamu tinggal paste format tulisan di dokumen kamu yang baru dengan Trik Microsoft Word CTRL+Shift+V.

9. CTRL+ Space Bar

Saat kamu memasukkan data yang kamu ambil dari internet, biasanya format teks mengikuti format internet. Untuk mengubah menjadi plaintext yang mengikuti format standar yang kamu pakai, cukup tekan Ctrl + Spacebar setelah kamu Copy Paste dari internet.

10. Ctrl+Kalimat

Kamu pernahkan merasakan kursor terlepas sebelum sampai di akhir kalimat saat ingin memblok satu kalimat? Nah dengan Trik Microsoft Word, kamu cukup tekan CTRL dan pilih salah satu kata di kalimat yang kamu inginkan.

Setelah itu kamu tidak perlu lagi memainkan kursor dari awal sampai akhir kalimat saat ingin memblok satu kalimat.

11. Dokumen Hilang

Jangan sampai hilangnya dokumen bikin kamu keteteran. Atasi hilangnya dokumen dengan Trik Microsoft Word klik File > Open. Pilih file yang rusak dan ambil command Recover Text from Any File dari daftar tipe file (kanan bawah).

12. F8

Tekan F8 untuk memblok kata, kalimat bahkan paragraf. Hanya dengan membuka dokumen Microsoft Word kamu dan posisikan pada bagian yang akan kamu blok.
Tekan F8 sebanyak 1 kali: 1 kata terblok
Tekan F8 sebanyak 2 kali: 1 kalimat terblok
Tekan F8 sebanyak 3 kali: 1 paragraf terblok

13. Full Justification Formatting

Trik Microsoft Word ini membantu agar dokumen kamu rata kiri dan kanan dengan sempurna. Kamu tinggal klik logo Office > Word Options > Advanced > klik Layout Options. Lalu, mulailah mengaturnya.

14. Klik 3 kali

Untuk memblok sebuah paragraf, kamu biasanya melakukan drag and down kursor mulai dari awal sampai akhir paragrafkan?

Trik Microsoft Word untuk memudahkan blok paragraf adalah dengan cukup klik 3 kali pada paragraf yang kamu ingin blok maka seluruh paragraf otomatis akan terblok.

Ilustrasi microsoft word. (Unsplash/Windows)
Ilustrasi microsoft word. (Unsplash/Windows)

15. Membuat format portrait landscape dalam satu dokumen

Membuat format portrait landscape dalam satu dokumen bisa kamu lakukan dengan Trik Microsoft Word. Caranya tentukan dulu halaman atau paragraf yang ingin kamu atur menjadi portrait atau landscape.

Kemudian klik Page Layout > Page Setup > Margins > pilih Custom Margins. Pilih Portrait atau Landscape. Pada pilihan Apply to (kiri bawah), klik Selected Text.

Atau kamu bisa lakukan dengan cara klik Page Layout > Section Breaks di toolbar. Selain untuk orientasi halaman, kedua cara ini juga bisa dipakai untuk pengaturan nomor halaman dokumen skripsi atau buku.

16. Membuat template khusus pengetikan

Kamu bisa membuat template format yang sama secara terus-menerus. Hanya dengan klik Home, klik panah ke bawah untuk menciptakan template kamu atau cari New Style. Dari paragraf, indent, rata kiri kanan, sampai font bisa kamu atur saat itu juga

17. SHIFT + F5

Trik Microsoft Word yang satu ini bisa sangat membantu ketika kamu memilih dokumen dengan halaman yang banyak. Cukup tekan SHIFT+F5, saat ingin berpindah lebih cepat ke bagian yang terakhir kali kamu edit.

18. SPIKE

SPIKE merupakan Trik Microsoft Word yang digunakan untuk memilih beberapa paragraf acak dari sejumlah dokumen di satu file sekaligus. Caranya dengan blok kata yang ingin di-cut dan tekan Ctrl+F3.

Jika ingin Undo SPIKE kamu bisa tekan Ctrl+Z. Saat sudah merasa cukup, paste dengan Ctrl+Shift+F3. Semua yang kamu cut akan tertata rapi di file baru.

Itulah Trik Microsoft Word yang bisa kamu terapkan. Dengan menggunakan beberapa trik Microsoft Word tersebut semoga bisa membantu kamu mempersingkat waktu kerja ya. Selamat mencoba! 

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait