Internet

Cara Membuat Kop Surat di Word, Dijamin Berhasil

Mudah, gunakan cara membuat Kop Surat di Word ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)
Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Hitekno.com - Ternyata membuat kop surat di Word tidak sesulit yang dibayangkan. Hanya, langkah-langkahnya memang terkesan banyak dan perlu ketelitian yang ekstra besar. Berikut adalah cara membuat kop surat di Word versi Hitekno.com secara mudah dan praktis.

Seperti diketahui, Microsoft Word menyediakan berbagai fitur yang mempermudah perkerjaan penggunanya. Mulai dari Watermark hingga bingkai.

Namun yang tak kalah penting adalah kemampuan Microsoft Word ituk membantumu membuat kop surat yang sangat berguna buat keperluan surat menyurat di instansi resmi.

Fitur untuk cara membuat kop surat di Word adalah Header & Footer. Yup, fitur ini tentu familiar buat kamu yang belakangan ini tengah menyusun tesis atau skripsi.

Sebab melalui fitur header & footer pula, kamu bisa menambahkan dan mendesain nomor halaman pada masih-masing lembar Word yang kamu buat.

Dalam hal membuat kop surat, Header dan Footer dalam dokumen Microsoft Word berguna untuk menambahkan tanggal, nomor halaman, dan teks apa pun pada bagian atas dan bawah dokumen. 

Sebelum mengikuti cara membuat kop surat di Word, terlebih dahulu perlu dipahami komponen apa yang saja yang seharusnya ada pada kop surat.

  • Logo.
  • Nama perusahaan/organisasi/lembaga.
  • Alamat.
  • Nomor telepon.
  • Email.
  • Website.
  • Slogan atau tagline.
  • Nomor lisensi profesional.
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Setelah kamu memastikan sudah memilih komponen-komponen yang harus ada dalam lop surat tersebut, kamu bisa melakukan beberapa langkah-langkah di bawah ini untuk membuat kop surat versi kamu sendiri.

  1. Pastikan halaman Word kamu berada pada Mode View dalam bentuk Print Layout. Jika belum, kamu dapat membuat mode view menjadi print layout dengan cara : pilih menu tab View, pilih tombol print layout.
  2. Setelah dokumen dalam keadaan view Print layout, lakukan Double click (klik ganda) pada area header yang terdapat pada bagian atas dari dokumen yang sedang tampil sehingga anda sekarang berada dalam pengeditan Header Document.
  3. Berikan tanda check pada opsi Different First Page. Hal ini untuk membuat Kop surat hanya akan ada di halaman pertama, sedangkan halaman kedua dan seterusnya tidak menggunakan kop surat.
  4. Geser Margin kiri kamu sedikit ke tengah. Perkirakan saja agar enak dilihat.
  5. Ketikan nama lembaga, instansi, atau perusahaan kamu pada header tersebut. Tambahkan pula baris kosong pada baris terakhir.
  6. Setelah itu, tambahkan gambar logo instansi kamu. Jangan lupa untuk membuat format layout dari gambar logo tersebut menjadi “In Front of text”.
  7. Atur posisi logo dan teks instansi sesuai selera.
  8. Pilih dan blok baris kosong yang ada pada baris terakhir untuk dibuat garis pembatas kop surat.
  9. Untuk membuat garis pembatas kop surat, pilih tab menu Home, lalu pilih tombol toolbar border.
  10. Dari pilihan popup menu untuk membuat border yang ada, pilih item “Border and shading..”, biasanya berada paling bawah
  11. Pada Dialog Border and Shading tersebut pada Setting pilih Custom.
  12. Kemudian pilih bentuk garis tebal dan tipis, lalu tambahkan pada bagian atas paragraf. Bila kamu ingin garis pembatas kop surat berwarna selain hitam, kamu bisa mengganti warnanya.
  13. Sampai di sini, kop surat milikmu hampir siap.
  14. Jika border belum rata kiri, kamu tinggal menarik margin kiri pada baris terakhir ke arah kiri.
  15. Setelah Margin Kiri sudah digeser ke arah kiri, Kop surat sudah siap digunakan. Klik dua kali pada area dokumen untuk menutup Header View, atau kamu dapat langsung klik tab menu Header and footer tools, lalu Design lalu pilih Close Header and Footer.
  16. Dokumen anda sudah memiliki Kop surat sudah siap anda gunakan.
  17. Oiya, jangan khawatir dengan tampilan abu-abu pada kop surat kamu, sebab hal tersebut menunjukkan bahwa Kop surat kita berada di area header dokumen.

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat kop surat di Word. Meskipun cara membuat Kop Surat di Word cukup panjang, namun mudah kok dipraktikkan. Selamat mencoba!

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait