Tips Menggunakan Grafik Live Harga Emas untuk Pemula

Untuk trader pemula, penting memahami dan tahu cara menggunakan grafik harga emas.

Agung Pratnyawan
Kamis, 12 Agustus 2021 | 16:25 WIB
Ilustrasi trading. (Pixabay)

Ilustrasi trading. (Pixabay)

Hitekno.com - Artikel ini akan membantu para trader pemula untuk memahami apa itu grafik harga emas, cara menggunakannya untuk mengetahui harga emas terbaik dari seluruh dunia, akan memberikan contoh cara trading emas, dan juga akan menjelaskan manfaat menggunakan grafik.

Apa Itu Grafik Harga Emas Internasional dan Apa Kegunaannya?

Grafik harga emas internasional memungkinkan trader untuk mengeksplorasi harga emas dan perak secara real-time. Bagi trader emas, ini alat penting untuk mengidentifikasi harga emas terbaik pada waktu tertentu.

Baca Juga: Cara Membuat Grafik di Microsoft Excel, Pekerjaan Makin Mudah!

Cara Menggunakan Grafik Live Harga Emas

Saat melihat grafik harga emas, kamu akan melihat angka di bagian bawah grafik (sumbu x) mewakili tanggal atau waktu, sedangkan angka di sisi kanan (sumbu y) akan menunjukkan harga emas.

Tanggal dan waktu ini akan bervariasi sesuai dengan pengaturan yang kamu masukkan. Selain itu, kamu juga akan melihat garis putus-putus biru yang menunjukkan harga emas saat ini yang diperdagangkan selama sesi perdagangan langsung.

Baca Juga: Nggak Perlu Effort Lebih, Begini Cara Membuat Grafik di Excel

Dari sini, pada dasarnya seperti bentuk grafik perdagangan lainnya. Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk berspekulasi ke mana arah harga emas.

Ini dapat membantu untuk memahami apakah harus bullish (artinya positif tentang harga emas, dan oleh karena itu, kamu memperkirakan harga akan naik) atau bearish (artinya memperkirakan harga akan turun).

Tips Menggunakan Grafik Harga Emas Secara Efektif

Grafik harga emas akan mencakup bar menu dan bar tool yang memberi berbagai fungsi berguna yang dapat membantu Anda menganalisis harga emas lebih lanjut.

Misalnya, alat instrumen memungkinkan pedagang untuk memilih dan membandingkan berbagai jenis logam mulia, dan kemudian membandingkannya dengan berbagai mata uang yang berbeda, untuk memahami mata uang mana yang terbaik untuk dibeli.

Kamu dapat memprogram grafik untuk menampilkan semua harga dan mata uang ini secara bersamaan dalam bentuk garis tren yang akan ditampilkan pada grafik.

Seperti yang disebutkan pada bagian sebelumnya, ini membantu kamu memahami volatilitas pasar secara keseluruhan dan arah harga pada waktu tertentu.

Contoh 1

Misalnya, jika kamu memiliki investasi emas dan pasar sedang menuju ke arah bearish, itu mungkin berarti sudah saatnya menjual investasi kamu.

Bagi investor yang saat ini tidak memiliki emas dalam portofolio investasinya, bisa menjadi saat yang tepat untuk berinvestasi, karena harganya sedang turun.

Idenya di sini persis sama dengan semua jenis perdagangan keuangan lainnya (prinsip beli rendah dan jual tinggi).

Jika membeli emas saat harganya turun, kamu melakukannya dengan tujuan untuk menjualnya di masa depan dengan harga yang lebih tinggi. Ini adalah bagaimana mengembalikan investasi kamu.

Contoh 2

Tentu saja ada banyak metode lain untuk berdagang emas dan berdagang di pasar keuangan secara umum, tetapi ini ada metode lain.

Misalkan optimis tentang kinerja emas di masa depan, tetapi kamu tidak ingin berkomitmen pada investasi penuh, dapat memilih untuk berinvestasi dalam CFD.

Tapi apa itu CFD? CFD (Contract For Differences) adalah jenis kontrak keuangan yang memungkinkan pedagang untuk berspekulasi tentang harga produk keuangan di masa depan (baik dalam arah bullish atau bearish).

CFD membayar selisih antara harga penyelesaian akhir antara penutupan dan pembukaan perdagangan.

Oleh karena itu, untuk contoh ini, kamu dapat membeli CFD berdasarkan keyakinan bahwa pasar emas akan meningkat ke titik harga tertentu. Jika harga mencapai titik ini, atau melebihinya, kamu akan menghasilkan laba atas investasi.

Harga Emas Dan Informasi Perdagangan

Kamu juga dapat menemukan informasi lebih rinci yang memberi tahu berapa harga per gram, per kilo, dan per ons pada saat tertentu.

Harga emas terkadang juga disebut sebagai 'gold spot price'. Saat membandingkan harga dengan periode waktu sebelumnya, kamu dapat melihat harga saat ini dibandingkan dengan titik harga tertinggi dalam seminggu, titik harga rendah, dan perubahan mingguan (dinyatakan dalam persentase).

Kamu dapat memperdagangkan emas dengan berbagai mata uang yang berbeda, termasuk Dolar Amerika Serikat (USD), Poundsterling Inggris (GBP), Euro (EUR), Yen Jepang (YEN), Dolar Kanada (CAD), Franc Swiss (CHF), Australia Dolar (AUD), dan banyak lagi.

Bagaimana Memulai Trading Emas Dengan MTrading

Sangat mudah untuk memulai trading dengan MTrading. Dibutuhkan hanya empat langkah sederhana!

  1. Yang perlu kamu lakukan adalah mengisi formulir pendaftaran sederhana yang mengonfirmasi alamat email dan informasi login untuk akun Trader's Room.
  2. Kemudian pilih jenis akun kamu, pastikan untuk memilih jenis yang paling sesuai dengan tingkat pengalaman, dan yang juga paling cocok dengan strategi perdagangan.
  3. Kemudian lakukan deposit. Cukup pilih metode pembayaran, lalu lakukan pembayaran.
  4. Kamu sudah siap untuk memulai trading. Cukup luncurkan WebTrader atau unduh platform perdagangan MetaTrader 4 yang canggih, masuk dengan akun Anda, dan mulai berdagang.

Tahukah kamu bahwa bisa berdagang dengan platform perdagangan Metatrader 4 Supreme Edition yang disempurnakan secara gratis? Ini tidak hanya mencakup semua fungsi dasar MT4, tetapi menyediakan opsi berguna tambahan seperti pedagang grafik tick, solusi indikator, terminal mini, dan fitur lainnya untuk meningkatkan pengalaman trading kamu.

Manfaat Menggunakan Grafik Harga Emas

Beberapa keuntungan menggunakan grafik kurs emas internasional termasuk fakta bahwa tidak ada biaya atau biaya yang terkait dengan menggunakannya, bersama dengan fakta bahwa itu memungkinkan untuk mendapatkan akses secara penuh harga emas, serta membandingkan dengan histori grafik harga emas.

Hal ini berguna untuk menentukan seberapa baik kinerja harga emas dibandingkan dengan tahun-tahun lainnya, dan memudahkan untuk memahami apakah layak berinvestasi pada waktu tertentu atau tidak, atau apakah pedagang emas harus menunggu hingga kondisi pasar berubah, sebelum berkomitmen untuk investasi emas.

Ketika kamu telah sepenuhnya memahami cara kerja grafik dan cara menggunakannya, juga dapat menggunakannya untuk melacak harga logam mulia lainnya, seperti perak, paladium, platinum, rasio emas/perak (membandingkan harga satu sama lain) dan masih banyak lagi.

Trading Emas Dengan MTrading

Ada banyak jenis akun yang berbeda untuk dipilih saat memilih MTrading sebagai pilihan untuk memperdagangkan emas di pasar keuangan.

Misalnya, dengan akun M.Premium, kamu dapat mulai berdagang dengan setoran minimum hanya 100 dolar AS, dan dapat memperoleh akses ke lebih dari 100 instrumen perdagangan yang berbeda, serta leverage mulai dari 1:1000, spread dari 0, dan tanpa requote .

Jika memilih untuk menggunakan akun M.Pro, kamu dapat meningkatkan pengalaman trading lebih jauh, mendapatkan akses ke tool yang berguna seperti Autochartist, yang dapat membantu membuat keputusan trading yang tepat, sehingga tidak akan pernah melewatkan kesempatan meningkatkan portofolio investasi.

TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak