Internet

Cara Menambahkan Catatan Kaki di Word untuk Windows dan MacBook

Ikuti cara menambahkan catatan kaki di Word dengan mudah ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Bagaimana cara menambahkan catatan kaki di Word dengan mudah dan cepat?

Tim Hitekno.com telah merangkum cara paling mudah untuk menambahkan catatan kaki di Microsoft Word, baik untuk kamu pengguna Windows atau MacBook.

Footnote menjadi aspek yang cukup penting ketika kamu sedang menulis karya ilmiah, baik berupa jurnal, tesis, atau skripsi.

Fungsi dari footnote sendiri adalah untuk memberikan komentar atau memberikan rujukan untuk objek yang telah disebutkan dalam teks.

Dengan begitu, pembaca karya ilmiah kamu tidak akan mengangap suatu teori adalah hasil dari imajinasimu sendiri, melainkan ada pakar yang sudah menuliskan tentang hal itu sebelumnya.

Biasanya footnote (catatan kaki) muncul di bagian bawah halaman dan endnote (catatan akhir) datang di akhir dokumen atau section.

Akan tetapi, banyak yang belum tahu cara menambahkan footnote di Microsoft Word. Oleh sebab itu, tim Hitekno.com akan memberikan langkah-langkahnya khusus buat kamu.

Ilustrasi microsoft word. (Unsplash/Windows)
Ilustrasi microsoft word. (Unsplash/Windows)

Pertama adalah untuk kamu yang menggunakan perangkat Windows, untuk menambahkan footnote, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Letakkan kursor di belakang kata atau kalimat yang ingin ditambahkan footnote atau catatan kaki.
  • Klik menu References > AB1 Footnote
  • Setelah melakukan klik pada AB1 Footnote, maka amu bisa langsung mengisi footnote di bagian bawah dokume.

Jika ingin lebih ringkas, setelah meletakkan kursor di bagian belakang kata, anda bisa langsung menekan tombol Alt + CTRL + F untuk menambah footnote.

Untuk melakukan kustomisasi (semisal ukuran dan spasi pada footnote), kamu bisa melakukan: Klik kanan pada area footnote > Style > Modify

Sementara jika kamu adalah pengguna MacBook, langkah yang bisa kamu lakukan untuk menambahkan catatan kaki di Word adalah sebagai berikut:

  • Highlight teks yang ingin ditambahkan footnote.
  • Klik menu Insert di bagian atas tampilan Microsoft Word.
  • Pilih submenu footnote.
  • Setelah footnote box muncul, aktifkan footnotes di kolom location dan silakan memilih penempatan footnote.
  • Pada kolom format, terdapat menu numbering format dan symbol yang dapat diganti sesuai dengan referensi masing-masing.
  • Kolom footnote di bagian akhir halaman akan secara otomatis muncul.
  • Di footnote box juga terdapat pengaturan yang dapat me-restart penomoran footnote dari awal. Klik numbering dan pilih restrart each section. Hal ini biasanya perlu dilakukan pada setiap bagian atau bab baru.

Itulah cara menambahkan catatan kaki di Word lengkap untuk pengguna Windows dan MacBook. Selamat mencoba!

Berita Terkait